Hari ini, tepat satu bulan menuju penayangan film Dilan 1991 di bioskop. Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla sebagai pemeran utama dalam film adaptasi novel karya Pidi Baiq tersebut tengah gencar mempromosikan filmnya. Mulai dari radio, media daring, hingga televisi.

Setiap program televisi yang “didatangi” oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla selalu mendapat lebih dari 1 juta views dalam 24 jam di YouTube—sebegitu dahsyat memang fenomena Dilan di masyarakat. Padahal, setelah usai proyek film Dilan 1990, baik Iqbaal maupun Vanesha telah menjalani rutinitas masing-masing.

Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan now [sumber gambar]
Iqbaal menyelesaikan kuliahnya di Amerika Serikat, sedangkan Vanesha mulai studinya di Australia. Selain masalah studi, keduanya juga terlibat proyek film-film lain, Iqbaal dengan film Bumi Manusia-nya, yang sedang tahap syuting hingga sekarang, dan Vanesha dengan film Teman tapi Menikah yang ia bintangi bersama Adipati Dolken.

Sempat menjadi polemik tahun lalu, ketika film Dilan 1990 masih digilai penonton, Vanesha sudah siap meninggalkan image Milea dan berganti ke Ayu—perannya dalam film adaptasi novel karangan Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion. Terlebih lagi, rupanya kisah cinta Ayu dan Ditto di film, terbawa dalam dunia nyata Vanesha dan Adipati.

Honda CB vs Vespa [sumber gambar]
Fans Dilan garis keras tentu saja kecewa, dari awal sudah disuguhkan chemistry yang baik antara Iqbaal dan Vanesha, kini harus menerima kenyataan bahwa Adipati-lah yang memenangkan adik Sissy Priscillia. Setelah go public, hubungan Vanesha dan Adipati tak pernah lepas dari nyinyiran netizen, sampai beberapa kali masuk dalam akun gosip @lambe_turah.

Tak jarang Adipati “memberi pelajaran” pada fans Dilan garis keras dengan membalas komentar-komentar mereka di instagram. Bahkan yang paling baru, Adipati membalas komentar pengguna instagram bernama @wiwin_xxx, ketika meninggalkan “protes” di  bawah foto Vanesha yang diunggahnya.

Komentar Adipati ke fans Dilan [sumber gambar]
“Vanesha itu lebih kelihatan cocok sama Iqbaal. Bukan sama lu dot. Ngapa sih lu segala masuk ke kehidupannya Vanesha???” tulisnya, disertai emoji marah. Komentar tersebut rupanya memancing emosi Adipati hingga membalasnya dengan “waduh jodoh udah diaturrrr lu tanya deh sama Tuhan lu kenapa gw bisa sama Vanesha.” Hal tersebut tentu mendapat pro dan kontra dari netizen, sebab hingga saat ini tidak ada yang tahu Vanesha dan Adipati akan berakhir di pelaminan atau malah hapus semua foto-foto berdua di instagram. Sebelumnya, Adipati pernah dituding menyindir Iqbaal dalam sebuah caption foto yang diunggahnya ke akun instagram pribadinya.

17 Januari trailer Dilan 1991 [sumber gambar]
Melihat hal tersebut, netizen akhirnya “bodo amat” dengan kehidupan percintaan Vanesha dan Adipati, maupun Iqbaal dengan pacar bulenya. Hingga masuk waktu promosi film Dilan 1991. Program televisi pertama yang dikunjungi aktor kelahiran 1999 ini adalah Rumpi No Secret, yang dipandu oleh Feni Rose. Terbiasa menggoda Iqbaal dan Vanesha ketika promosi film, Feni Rose pun memposisikan dirinya sebagai “netizen yang ingin tahu.” Sayang sekali respon Vanesha ketika ditanya mengenai adegan mesra di film Dilan 1991 serta kehidupan pribadinya tidak menjawab seluwes Iqbaal.

Pengguna YouTube dan pecinta film Dilan pun merasa kecewa. Kebanyakan dari mereka berkomentar, “Sasha—panggilan akrab Vanesha, enggak profesional banget, sih, ini kan cuma promo,” “Sasha, takut sama Dodot—panggilan akrab Adipati, ya?” “Untung Iqbaal jawabnya profesional dan luwes banget jadi bisa nge-cover Vanesha.” Tak hanya dalam acara Rumpi No Secret, ketika mendatangi Ini Talk Show dan Brownis, Vanesha juga lebih banyak diam, tidak se-aktif ketika promosi film Dilan 1990, di mana Iqbaal banyak melontarkan gombalan ala Dilan yang bikin semua orang senyum-senyum sendiri karena baper.

BACA JUGA: Baru Rilis Trailer, 5 Quotes dari Dilan Ini Sudah Bisa Bikin Deg-deg Ser

Ada apa, ya, Vanesha? Kalau begini, kan, netizen jadi enggak penasaran dengan aksi Dilan dan Milea di film Dilan 1991. Ketika promosi saja enggak mesra~ atau apakah yang dikatakan netizen, takut dengan Adipati Dolken itu benar?