Obat-obatan terlarang kini sudah bukan barang asing lagi. Mengingat banyaknya bocah-bocah ingusan yang dengan mudahnya mendapat barang haram tersebut. Mulai dari diberi orang tak dikenal hingga beli di warung sebelah rumah.

Mirisnya lagi, obat-obatan ini dikemas semenarik mungkin supaya menarik banyak peminat. Tak lupa juga, barang yang bikin orang lupa diri ini terkadang bentuknya dimiripkan dengan benda sehari-hari. Berikut Boombastis.com suguhkan obat apa saja yang kemasannya serupa dengan barang pada umumnya.

Sabu-sabu cair yang mirip dengan air mineral

Sahabat Boombastis harap waspada kalau ditawari seseorang dengan air mineral. Pasalnya, kini telah beredar sabu-sabu cair atau liquid yang dikemas di dalam botol air mineral. Jika dilihat sekilas, tidak ada perbedaan yang signifikan dengan air mineral biasanya. Tapi kalau sudah diminum, bisa membuat kita berhalusinasi.

Sabu sabu cair [Sumber Gambar]
Lalu, bagaimana cara membedakannya? Cara mengenalinya adalah tidak ada logo merek yang tertempel pada botolnya. Jadi dari sini kalian bisa waspada lebih awal. Kemudian cara yang kedua yaitu dengan dirasakan. Apabila airnya terasa aneh dan jauh berbeda dengan biasanya, maka bisa dipastikan itu adalah sabu-sabu cair.

LSD, narkoba yang berbentuk seperti perangko

Bentuk lain dari obat-obatan terlarang yang bisa mengelabuhi orang awam yaitu LSD. LSD merupakan kependekan dari Lysergic acid diethylamide yang di mana obat ini termasuk ke dalam halusinogen. Artinya, obat ini bisa menyebabkan halusinasi kepada siapa saja yang mengonsumsinya.

Narkoba perangko [Sumber Gambar]
LSD ini bentuknya lucu karena mirip sekali dengan perangko. Cara konsumsinya pun cukup unik, hanya dengan letakkan di atas lidah lalu LSD bisa hancur dengan sendirinya. Hal inilah yang membuat anak-anak menjadi tertarik dan terus-terusan ingin mengonsumsinya. Parahnya, narkoba satu ini bisa didapat dengan mudah di warung-warung karena minimnya pengawasan dari pemerintah dan juga pengetahuan para pedagang.

Ganja yang dibalut dengan kue brownies

Di tahun 2015 lalu, Indonesia sempat dihebohkan dengan ganja yang disembunyikan di dalam kue brownies. Sebenarnya ini hanya akal-akalan dari para penjual obat-obatan terlarang supaya bisnisnya tak ketahuan. Namun sayangnya, brownies lapis ganja ini dibeli oleh orang yang tidak menahu tentang asal usul dari kue tersebut.

Brownies dilapisi ganja [Sumber Gambar]
Contohnya seperti siswa SMP asal Jakarta Timur. Mereka secara tidak sengaja membeli brownies di warung dan kemudian memakannya. Tak lama, ia pun tertidur hingga dua hari lamanya. Ketua Direktur Pengendalian Narkotika BNN, Dedy Fauzi menyebutkan jika itu adalah pengaruh dari zat THC yang merupakan zat inti pada ganja. Sehingga menyebabkan si pengguna tertidur dan fly. Tapi kabar buruk lainnya adalah tidak ada perbedaan mendasar mengenai mana brownies asli dan yang mengandung ganja.

Narkoba yang ada di dalam merek sabun bayi tertentu

Siapa sangka jika sabun bayi ternyata bisa mengandung ganja di dalamnya. Dibuktikan di dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr Catherine Hammet-Stabler bersama Chapel Hill dari University of North Carolina. Mereka menyatakan kalau urin bayi terkontaminasi oleh zat ganja bernama THC dari sabun yang digunakan.

Sabun bayi narkoba [Sumber Gambar]
Merek sabun yang dimaksud adalah Bedtime Bad buatan Johnson & Johnson, Nightime Baby bath produk dari CVS dan Aveeno Baby wash and shampoo. Kasus satu ini sama seperti yang dibahas di poin-poin sebelumnya. Jika sabun bayi yang mengandung ganja tidak memiliki ciri-ciri khusus. Sehingga kita akan sulit untuk membedakannya.

BACA JUGA : 6 Modus ‘Ekstrim’ Para Bandar Menyelundupkan Narkoba ke Wilayah Indonesia

Itulah macam-macam obat-obatan terlarang yang dikemas mirip dengan benda di sekitar. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan lantaran banyak narkoba yang dijual bebas di pasaran. Oleh karena itu, kita kudu waspada dengan cara tidak membeli benda yang mereknya kurang ternama atau tidak ada keterangan dari BPOM dan semacamnya.