Penantian panjang pecinta film Dilan akan segera berakhir. Tanggal 28 Februari nanti, sekuel film Dilan 1990, yaitu Dilan 1991 akan mengudara di bioskop seluruh Indonesia. Oktober lalu, baik Iqbaal Ramadhan maupun Vanesha Prescilla telah memberikan sedikit spoiler mengenai kondisi syuting mereka.

Iqbaal, di tengah-tengah penggarapan film Bumi Manusia-nya harus mendalami karakter Dilan lebih lagi. Sementara Vanesha yang juga tengah disibukkan dengan pendidikannya di Australia kembali menjadi Milea yang disayangi banyak orang. Proses syuting pun berjalan dengan lancar selama akhir tahun 2018, dan memasuki masa promosi di tahun 2019.

Awal tahun 2019 lalu, pecinta film Dilan dikejutkan dengan “proklamasi” Dilan dan Milea tentang jadwal tayang film Dilan 1991. Melalui video yang diunggah dalam akun instagram resmi Max Pictures, Dilan bertanya pada Milea “tahu enggak persamaan kamu dengan bulan Februari?” Setelah Milea dengan polos menjawab “enggak tahu,” Dilan menjelaskan bahwa Milea dan bulan Februari sama-sama ia tunggu. Sebab, Februari merupakan bulan di mana film Dilan 1991 akan tayang. Respon netizen pun beragam, mulai dari sudah enggak sabar hingga minta lebih banyak spoiler.

Trailer film Dilan 1991 [sumber gambar]
Setelah digantung selama dua minggu, akhirnya Max Pictures mengumumkan jadwal tayang trailer film Dilan 1991 adalah tanggal 17 Januari 2019. Netizen pun semakin heboh dan enggak sabar. Sayangnya, seteleh me-refresh laman YouTube berulang kali dari pagi, netizen juga tak menemukan trailer resmi dari film ini. Rupanya, trailer film Dilan 1991 baru ditayangkan jam 12, sembari para tim membuat siaran langsung. Seperti press conference tipis-tipis, lah. Pernahkah Sahabat Boombastis bertanya-tanya mengapa trailer film Dilan 1991 ditayangkan tanggal 17 Januari? Padahal biasanya trailer film muncul 2 bulan atau bahkan lebih sebelumnya. Trailer film Avengers: Infinity War bagian pertama saja dipublikasi 5 bulan sebelumnya. Trailer film Ada Apa Dengan Cinta? 2 juga dirilis 53 hari sebelum tayang.

James Cook x Dilan [sumber gambar]
Rupanya, tanggal 17 Januari bertepatan dengan 246 tahun semenjak Kapten James Cook memulai ekspedisi pertamanya menuju lingkar Antartika. Dilan yang menyebut dirinya Panglima Tempur pasti enggak kalah macho dan cerdik dari James Cook—yang berhasil membuat garis-garis pantai Samudra Pasifik, Hawaii, juga Selandia Baru. Meskipun Dilan enggak pernah bilang James Cook panutannya, siapa tahu ada konspirasi di balik ini semua? OMG, semakin tidak sabar~

Al Capone x Dilan [sumber gambar]
Al Capone alias Alphonse Gabriel Capone, seorang gangster Amerika yang terkenal itu juga lahir pada 17 Januari, 120 tahun yang lalu. Dilan enggak sekali, dua kali disebut preman di sekolah gara-gara suka berantem. Namun, di tangan Milea, ia bisa luluh juga, ya. Masih ingat enggak ketika Dilan batal ikut menyerang sekolah sebelah dengan geng motornya gara-gara Lia pengin diajak jalan-jalan? Uuuu, uwuu banget. Mungkin enggak, ya, Al Capone jadi panutan Dilan selama ini?—atau justru panutan Ayah Pidi Baiq?

Dilan dan Milea x Jokowi-Prabowo [sumber gambar]
Ada debat Capres! Ada debat Capres! Masyarakat Indonesia pasti tidak lupa bahwa 17 Januari 2019 merupakan momen di mana Jokowi-Ma’ruf akan berhadapan langsung dengan Prabowo-Sandi dalam acara debat Pilpres. Dari pagi, netizen di twitter sudah berkoar-koar untuk menantikan bagaimana calon pemimpin Indonesia 5 tahun ke depan bakal beraksi nanti.

BACA JUGA: Kangen Dilan dan Milea? Intip Proses Syuting Film Dilan 1991, Yuk!

Namun, tidakkah kalian rasa bahwa fenomena demam Dilan—yang menyapu perhatian sebagian besar masyarakat, akan sedikit mengalihkan fokus mereka gara-gara trailer yang ditayangkan? Wah, apakah trailer film Dilan 1991 adalah pengalihan isu? Yang pasti, sih, penulis menunggu banget bagaimana kelanjutan kisah cinta Dilan dan Milea dalam film Dilan 1991. Kalau sudah begini, merasakan menunggu bulan Februari, lama juga, ya?