Categories: Trending

5 Tumbuhan Eksotis, tapi Berbahaya dan Bisa Membunuh Manusia

Tumbuhan banyak digunakan sebagai hiasan, obat-obatan atau bahkan bahan makanan. tapi ada juga tanaman yang mematikan di dunia ini. Yang lewat sehelai daunnya saja, sudah bisa membuat seorang pria dewasa meregang nyawa.

Baca Juga : 5 Ramalan Ilmuwan Jenius Yang Terbukti Salah Besar

Tanaman seperti ini tumbuh liar begitu saja dan ada juga yang memang sengaja dimanfaatkan oleh suku-suku pedalaman sebagai senjata. Nah, sebelum menjadi korban karena salah penggunaannya, ada baiknya kita kenali beberapa tanaman paling beracun dan mampu membunuh manusia ini.

Deadly Nightshade

Namanya keren banget seperti band metal, tapi tanaman ini bisa makan korban anak-anak hingga orang dewasa. Tanaman berry berwarna kehitaman ini memang manis dan sering dikira bisa dimakan oleh anak kecil. Padahal makan 2 buahnya saja, sudah bisa membunuh seorang anak kecil.

Deadly Nightshade, menyebabkan kelumpuhan otot [imagesource]
Bukan cuma buahnya, bahkan sehelai daunnya bisa membunuh seorang pria dewasa. Tanaman deadly nightshades mengandung atropine dan scopolamine yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kelumpuhan otot seluruh tubuh. Kontak fisik dengan daunnya pun bisa menyebabkan iritasi kulit. Jadi waspadalah, yang manis-manis memang kadang bisa jadi berakhir tragis.

Cerbera Odollam (The Suicide Tree)

Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau tanaman ini banyak digunakan untuk bunuh diri. Tanaman Cerbera Odollam ini banyak ditemukan di Kerala, India. Buahnya sangat besar dan menggiurkan seperti jambu atau alpukat. Tapi racun di dalam benih tanaman bunuh diri ini bisa membuat jantung manusia berhenti berdetak.

Cerbera Odollam, digunakan untuk bunuh diri dan pembunuhan [imagesource]
Sejak abad 19, tanaman ini sudah membunuh ribuan orang per tahun di Madagaskar. Ada yang mati setelah mengonsumsi tumbuhan ini dan penyebabnya adalah karena mereka tidah tahu tumbuhan satu ini beracun. Sementara itu di tahun 2004, studi di India membuktikan bahwa masih ada yang mati setiap minggunya karena bunuh diri dengan tanaman ini di Kerala. Selain untuk bunuh diri, ada juga yang menggunakan racun tanaman ini sebagai alat pembunuhan. Duh, jahatnya..

Aconitum

Aconitum adalah tanaman jenis rerumputan dan banyak ditemukan di padang rumput. Bentuknya cantik dan menjari berwarna keunguan. Tapi jangan sembarangan pegang ya, karena tanaman ini beracun. Kena sentuh saja bisa bikin mati rasa atau perih yang tak terkira.

Aconitum, kena sentuh saja bikin mati rasa [imagesource]
Beberapa orang yang mendalami ilmu pengobatan dan ilmu racun seperti suku Ainu di Jepang, banyak menggunakan tanaman ini sebagai senjata. Mereka mengoleskan racun alkaloid pseudacontine dari tanaman ini di ujung panahnya. Sekali kena, korban akan mengalami kegagalan otot, bahkan kematian dalam 2-6 jam saja.

The Doll Eye Plant

Bentuk tanaman ini cukup aneh dan mencolok, yakni seperti bola mata manusia. Maka dari itu namanya The Doll Eye Plant. Tapi sebenarnya ia termasuk jenis buah berry putih.

The Doll Eye Plant, bila tersentuh dapat mengalami gagal jantung [imagesource]
Lagi-lagi, buah berry yang satu ini juga beracun. Menurut penelitian, buahnya, hingga seluruh bagian tubuh ini mengandung racun kardiogenik. Jadi bila tersentuh, termakan atau terkena racun dari si tanaman bola mata ini, seseorang bisa mengalami gagal jantung dan meninggal.

White Snakeroot (Ageratina Altissima)

White snakeroot ini sangat cantik bentuknya. Siapapun yang lihat, mungkin tidak tahan ingin memegang. Tapi tanaman yang satu ini sudah pernah membunuh ibunya Abraham Lincoln, Nancy Hanks. Bukan karena makan atau menyentuh tanaman itu, tapi gara-gara minum susu dari sapi yang sudah makan tanaman ini.

White Snakeroot, tanaman pembunuh ibu Abraham Lincoln [imagesource]
Tapi jangan khawatir, jaman sekarang sudah banyak peternak yang tahu akan tanaman beracun ini. Jadi mereka menjauhkan sapi-sapinya dari makan tanaman tersebut.

Baca Juga : 10 Penemu yang Tewas Karena Temuannya Sendiri

Tumbuhan beracun memang berbahaya, namun ada juga yang justru digunakan dengan tepat, sehingga bermanfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya pengobatan, berburu dan sebagainya. Tapi setelah baca ulasan tentang tanaman beracun ini, jangan sembarang pegang tanaman-tanaman cantik. Karena yang cantik-cantik bisa juga berbahaya.

Share
Published by
Orchid

Recent Posts

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

1 month ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago