Categories: Tips

Ada di Indonesia, 10 Tebing Spektakuler Ini Bakal Membuatmu Nggak Bisa Berkata-Kata

Sadar nggak sih kalau liburannya orang Indonesia itu kebanyakan kalau nggak mantai, palingan nongkrong di mall. Atau menghabiskan waktu di taman hiburan yang ada di sekitar mereka. Padahal, negara kita memiliki beragam keindahan dari bawah laut hingga pucuk gunung yang kelewat indah. Khususnya pemandangan tebing, ada banyak yang indahnya bikin kamu lupa diri lantas bertanya, ini di Indonesia atau luar negeri ya?

Sebab letaknya sulit dijangkau, tebing-tebing di Indonesia masih dibilang ‘hidden trasure’. Nah, biar kamu sadar betapa kerennya tebing di tanah air, berikut ini deretannya. Awas langsung jatuh hati lho ya!

Tebing Koja kandang Godzilla Tangerang, nggak ada yang nyangka kota industri menyimpan keindahan seperti ini

Tebing Koja Kandang Godzilla [image: source]
Kalau kamu tinggal di padatnya Kota Jakarta, sebaiknya meluangkan waktu senggang dan datang ke Tebing Koja kandang Godzila ini deh. Pemandangan eksotisnya akan buat akhir pekan kamu jadi berkesan. Bertempat di Desa Cisuka Tangerang, tebing-tebing di tempat ini berwarna kecoklatan dikelilingi hijaunya sawah. Belum lagi kolam di tempat ini masih sangat alami dan menyegarkan. Sampai di tempat ini, kamu bakalan linglung saking kerennya.

Tebing Bukit Kelam, mirip banget sama Ayers Rock di Australia

Tebing Bukit Kelam [image: source]
Seperti namanya, bukit ini memiliki warna kelam alias hitam. Terletak di dekat Kota Sintang, menggapai tempat ini perlu menyusuri perjalanan sekitar 395 km dari Pontianak. Tebing Bukit Kelam adalah sebongkah batu raksasa. Bongkahan batu raksasa ini diapit dua sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Cobalah naik ke bongkahan batu ini, kamu akan merasakan sensasi berada di tengah dua sungai besar.

Tebing Masigit Bandung, pacu adrenalinmu dengan sensasi mengambang di udara

Tebing Masigit Bandung [image: source]
Bagi kamu yang suka keindahan sekaligus hobi pacu adrenalin, buruan datang ke Tebing Masigit ini. Tempat yang berada di Gunung Masigit, Cipatat, Jawa Barat ini akan menyuguhkan sensasi berdiri di atas bukit seolah mengambang di udara akibat terpaan angina kencang. Untuk menikmati spot ini, kamu harus menunggu antrean panjang saking populernya.

Tebing Karst Maros, sensasi keindahan karst terbesar ketiga di dunia

Tebing Karst Maros [image: source]
Kawasan tebing Karst Maros menyuguhkan panorama pedesaan indah yang tenang dan sederhana. Setiap sudutnya, tersimpan keindahan alami yang tak bisa dipungkiri. Bertempat di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Sulawesi Selatan, kawasan tebing ini merupakan karst terbesar ketiga di dunia yang jadi incaran turis asing.

Tebing Kapur Pantai Melasti, menawarkan eksotisme tebing dan pantai indah

Tebing Kapur Pantai Melasti [image: source]
Tebing Kapur Pantai Melasti menyuguhkan keindahan perpaduan lereng-lereng curam penuh belokan dan turunan. Terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Badung Bali, destinasi ini menjadi spot menarik untuk menghasilkan foto keren. Setelah menaklukkan tebing, kamu bisa menikmati indahnya Pantai Melasti yang berada di Desa Ungasan.

Taman Tebing Breksi, suguhan seni tingkat tinggi dalam megahnya tebing

Taman Tebing Breksi [image: source]
Saat ini, Tebing Breksi jadi destinasi hits di Jogjakarta. Keindahan alami tebing ini dipercantik dengan ukiran para seniman kreatif, hasilnya pun membuat tebing semakin elok. Kamu yang malas trekking bisa datang menikmati tebing indah ini tanpa bersusah-susah. Tempat ini pun kerap ramai sebab sering dipakai sebagai tempat pagelaran acara-acara besar.

Tebing Bukit Kapur Sekapuk, peradaban ala Yunani kuno yang membuatmu terbelalak

Tebing Bukit Kapur Sekapuk [image: source]
Meski sebenarnya bukan tempat wisata, melainkan bekas lokasi penambangan, Tebing Bukit Kapur Sekapuk sangat indah. Terdiri dari lekukan, lubang, dan lorong kapur yang indah ditumbuhi rumput liar membentuk landscape menakjubkan. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang menyebut tempat ini tak ubahnya peradaban kuno ala Yunani.

Tebing Cukang Taneuh, nuansa alami yang menyegarkan mata

Tebing Cukang Taneuh [image: source]
Jika mencari nuansa tebing yang benar-benar alami dan segar, kamu perlu memasukkan Cukang Taneuh di Pangandaran sebagai list destinasimu. Tebing yang mengapi Cukang Taneuh memiliki panorama yang berbeda dari tebing lainnya. Gundukan batu raksasa dilapisi hijau dedaunan dan lumut dijamin membuatmu merinding saking kerennya.

Brown Canyon Semarang, kemegahan tebing yang menakjubkan

Brown Canyon Semarang [image: source]
Disebut-sebut mirip Grand Canyon yang ada di utara Arizona, tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung. Tebing-tebing yang menjulang inggi dipadu pohon-pohon di puncaknya, tempat ini menjadi panorama alam eksotik yang sayang untuk dilewatkan. Sayangnya, tempat ini belum menjadi daerah wisata resmi. Karena itu, belum ada petunjuk yang mengarahkan ke lokasi yang berada di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang.

Bukit Kapur Arosbaya, Madura

Bukit Kapur Arosbaya [image: source]
Bukit instagrammable ini menjadi incaran pecandu foto baik dari dalam sampai luar negeri. Spot tebing bergerigi menjadi unsur paling menarik karena merupakan perwujudan seni yang tinggi. Untuk mencapai tempat ini, kamu hanya perlu ke daerah Plalangan Madura.

Sepuluh tebing di atas membuktikan bahwa negara kita tak melulu memiliki pantai-pantai indah saja. Namun ada juga tebing-tebing keren dan destinasi lain yang mungkin belum kamu datangi. Jadi, mana dari 10 tebing di atas yang ingin banget kamu singgahi?

Share
Published by
Aini Boom

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

5 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

2 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

4 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago