Di masa pandemi Covid-19 yang mengguncang perekonomian warga di seluruh dunia, persoalan tagihan listrik juga bikin deg-degan. Terutama bagi konsumen pasca bayar. Alih-alih dapat relaksasi atau subsidi, belakangan ini tagihan listrik seringkali mendadak bengkak dengan sendirinya.

Bukan cuma masyarakat biasa yang pusing, ternyata jadi artis pun masih banyak yang kebakaran jenggot melihat tagihan listrik di rumah mereka sendiri. Siapa saja mereka?

Nagita Slavina

Sudah bayar tepat waktu, tagihan listrik Nagita-Raffi bengkak dan sering turun tegangan [Sumber Gambar]
Baru-baru ini, Nagita Slavina mengeluhkan tagihan listriknya yang mencapai angka Rp 17 juta. Tak hanya tagihan yang membengkak, istri Raffi Ahmad itu juga kerap menyadari tegangan turun pada listrik di kediaman mereka. Setelah dikonfirmasi pada PLN, angka Rp 17 juta itu ternyata beralasan. Rumah orang tua Rafathar menggunakan peralatan elektronik yang cukup kompleks dan variatif sehingga sangat mungkin ada pembengkakan tagihan. Sementara untuk tegangan turun bisa jadi karena MCB (Miniature Circuit Breaker) mengalami overload karena beban listrik tak merata. Namun hal tersebut bukan jadi kewenangan PLN untuk menanganinya.

Nikita Mirzani

Kemurkaan Nikita Mirzani saat harus bayar listrik 8 kali lipat [Sumber Gambar]
Nyai Nikita Mirzani juga pernah menumpahkan kekesalan karena tagihan listriknya melambung sampai Rp 26 juta di tahun 2019. Menurutnya, ia cukup disiplin dalam pembayaran listrik di mana normalnya tagihan yang ia terima ada di angka Rp 4-5 juta. Setelah mengadu pada PLN, diketahui bahwa kekeliruan ada pada pihak yang menghitung meteran listrik di rumah salah satu artis terkaya itu. Sehingga tagihan yang belum terbayar dikalkulasikan hingga terasa seperti naik hampir 8 kali lipat. Nikita Mirzani pun menyambut itikad baik PLN yang mau meluruskan situasi dan keluhannya.

Fenita Arie

Fenita Arie mengomel di IG Story karena tagihan listriknya bengkak [Sumber Gambar]
Presenter dan model, Fenita Arie, juga sempat mengalami pembengkakan biaya listrik sampai Rp 18 juta pada tahun 2018. Biasanya, istri dari Arie Untung ini hanya ditagih sebesar Rp 3 jutaan saja. Hal ini segera ditelusuri oleh PLN, karena rupanya di area tempat tinggal Fenita baru ganti alat meteran listrik. Peremajaan alat hitung listrik inilah yang memungkinkan terjadinya kekeliruan jumlah yang ditagihkan.

BACA JUGA: 4 Negara yang Gratiskan Listrik untuk Warganya, Indonesia Kapan? 

Tak hanya para artis, sebagai masyarakat awam kita juga seringkali mengalami lonjakan listrik yang terasa tidak masuk akal. Ternyata, ada banyak penyebab yang bisa melatarbelakangi kejanggalan tagihan listrik kita.

Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk segera mengkonfirmasi kekeliruan tersebut ya, Sahabat Boombastis. Pihak PLN sangat mengapresiasi jika konsumen melaporkan masalah terkait kualitas layanan produknya.