Fase new normal atau kenormalan yang baru bakal menjadi gaya hidup masyarakat ke depannya. Tak hanya untuk menghindari wabah Covid-19 yang belum benar-benar berakhir, kebijakan tersebut juga menuntut banyak orang untuk beradaptasi dengan menerapkan kebiasaan baru dalam aktivitas keseharian.

Di beberapa belahan dunia, masyarakatnya tengah bersiap menghadapi aturan new normal dengan beragam hal yang baru. Hanya saja, beberapa dari cara-cara tersebut terbilang kocak dan termasuk unik karena tidak pernah terpikir untuk dilakukan sebelumnya. Seperti apa bentuknya? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Menggunakan manekin sebagai teman makan di restoran

Sebuah terobosan unik dilakukan oleh restoran The Inn at Little Washington di Washington, Virginia, AS beberapa waktu lalu. Untuk menyambut new normal, pihaknya mendesain restoran agar pengunjung bisa menjaga jarak satu sama lain, yakni dengan cara menempatkan manekin di meja-meja yang kosong. Alhasil, tamu pun merasa tak kesepian saat menyantap hidangan meski datang seorang diri.

Pengunjung dilarang berteriak-teriak saat menaiki wahana

Ilustrasi menaiki wahana di taman bermain Toshimaen Jepang [sumber gambar]
Penerapan new normal yang unik juga dilakukan oleh sekelompok operator taman hiburan di Jepang, guna menahan laju penyebaran Covid-19. Dilansir dari Japan today (28/5/2020), salah satu pedoman keselamatan yang dibuat melarang penumpang untuk berteriak saat meluncur bersama wahana. Hal ini jelas menjadi aturan yang dilematis bagi penumpang. Naik wahana yang memacu adrenalin tapi disuruh diam saja.

Memprotes wasit dari jarak jauh dan dilarang berkerumun saat pertandingan bola

Ilustrasi protes pada wasit saat pertandingan sepakbola [sumber gambar]
Kebijakan new normal ternyata berpengaruh juga terhadap pertandingan sepak bola. Agar terhindar dari Covid-19, wasit berhak memberi kartu kuning ke pemain yang melancarkan protes secara berkerumun dan tak menjaga jarak. Ide unik sekaligus masuk akal ini datang dari mantan wasit Serie A Nicola Rizzoli. Bahkan, usulannya itu tak hanya berlaku untuk Serie A (Liga Italia), tapi juga Liga-liga lainnya.

Siswa SD di Cina pakai topi dengan hiasan sepanjang 1 meter untuk menjaga jarak

Menjaga jarak dengan topi ala siswa SD di Cina [sumber gambar]
Para siswa SD di Cina memiliki cara yang unik saat kembali bersekolah di tengah kebijakan new normal. Salah satunya diterapkan pada murid Sekolah Dasar Yangzheng di kawasan Hangzhou, Cina. Dilansir dari Ndtv, (1/5/2020), setiap siswa diharuskan mengenakan topi dengan bulu horizontal sepanjang 3 kaki yang memanjang di kedua sisinya. Topi ini mengingatkan masyarakat pada hiasan kepala para pejabat di era Dinasti Song.

BACA JUGA: Masih Banyak Kerumunan, 4 Hal Ini Bikin Indonesia Sejatinya Belum Siap Hadapi ‘New Normal’

Masyarakat Indonesia pada saat ini bakal bersiap menyambut era new normal, yang digulirkan oleh pemerintah. Beberapa daerah juga dikabarkan telah menyudahi peraturan PSBB dan siap menerapkan new normal di tengah-tengah masyarakatnya. Semoga saja bisa bermanfaat untuk masyarakat ya Sahabat Boombastis.