Sangar! 4 Negara Ini Menggratiskan Listrik Untuk Rakyatnya, Indonesia Kapan?

oleh Rizal
09:24 AM on May 30, 2016

Menurut data yang ada, tarif listrik di Indonesia itu masuk kelas menengah. Tak mahal, tapi juga tidak terlalu murah. Memang bagi sebagian orang, tarif listrik di negara ini terjangkau. Tapi, bagi orang-orang yang kurang mampu, membayar Rp 50-100 ribu per bulan adalah beban yang lumayan bikin mikir panjang. Seandainya, negara ini menggratiskan listrik untuk rumah. Pasti rakyat bisa lebih bernapas lega.

Wacana listrik gratis seolah jadi hal yang tak mungkin, ya? Tapi, percaya atau tidak, ada beberapa negara di dunia yang ternyata menerapkan sistem itu. Jadi, setiap orang bebas memakai listrik sesukanya tanpa bayar se-sen pun. Tanpa berbayarnya listrik, alhasil, penduduk pun makin sejahtera.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Lalu, negara-negara mana saja yang menggratiskan listrik untuk rakyatnya? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Di Turkmenistan Listrik, Air, dan Gas Gratis

Tinggal di Turkmenistan hampir seperti di Korut. Ya, negara ini sepertinya juga sangat mengisolasi penduduknya. Mereka dibatasi untuk melakukan apa pun, termasuk mengakses internet. Negara ini pun punya pemimpin yang diktator dan narsis. Bagi wisatawan, mengunjungi negara satu ini juga luar biasa susah lantaran banyak sekali prosedur dan syaratnya.

Listrik di Turkmenistan [Image Source]
Listrik di Turkmenistan [Image Source]
Meskipun kesannya buruk, tapi negara ini ternyata bisa membahagiakan rakyatnya dengan sangat baik. Okelah mereka dikungkung, tapi soal pemenuhan kebutuhan hidup hal tersebut dijamin oleh pemerintah. Listrik benar-benar tak berbayar di sini. Bahkan tak hanya itu, air dan gas juga diberikan pemerintah secara cuma-cuma.

2. Pemerintah Qatar Menggratiskan Listrik

Dari semua negara di muka Bumi, yang paling cocok disebut surga adalah Qatar. Bukan lantaran alamnya yang eksotis, tapi soal kenyamanan hidup. Ya, tinggal di negara satu ini bisa dibilang sangat-sangat membahagiakan. Tak hanya karena standar gaji yang sangat tinggi bahkan tertinggi di dunia, soal fasilitas, Qatar juga juara.

Listrik di Qatar [Image Source]
Listrik di Qatar [Image Source]
Negara ini memberikan segala hal yang bisa bikin rakyatnya sumringah. Salah satunya adalah listrik yang gratis tis tis. Bahkan tak hanya itu, pemerintah juga menyediakan air tak berbayar pula. Bayaran tinggi dan apa-apa gratis, kalau bukan surga lalu apa lagi?

3. Australia Tawarkan Listrik Gratis

Dengan luas mencapai empat kali lipat Indonesia dan penduduk yang tak sedikit, sepertinya cukup susah bagi Australia untuk menyediakan listrik gratis. Dan memang pada kenyataannya di Aussy listrik berbayar dengan biaya yang lumayan. Tapi, ada kalanya pemerintah akan menggratiskan listrik.

Listrik di Australia [Image Source]
Listrik di Australia [Image Source]
Misalnya saja ketika ada perbaikan jaringan listrik sehingga harus dilakukan pemadaman selama beberapa jam, pemerintah akan menebus hal tersebut. Caranya biasanya adalah dengan menggratiskan biaya listrik selama sebulan penuh. Hal ini jauh berkebalikan dengan Indonesia, ketika listrik mati seharian penuh tak pernah ada kompensasinya. Jangankan kompensasi, pemberitahuan saja tak ada.

4. Laos, Negara Miskin yang Sanggup Menggratiskan Listrik

Jika dibandingkan dengan Indonesia soal kekayaan dan kemakmuran, Laos tertinggal cukup jauh. Meskipun demikian, hal tersebut nyatanya bukan halangan bagi negara ini untuk bisa memberikan layanan spesial bagi rakyatnya. Misalnya soal listrik, negara ini ternyata memberikannya secara cuma-cuma kepada penduduknya alias gratis.

Listrik gratis di Laos [Image Source]
Listrik gratis di Laos [Image Source]
Tapi, tidak semua penduduk Laos mendapatkan listrik gratis, servis menyenangkan itu hanya khusus untuk penduduk yang miskin saja. Tapi, meskipun gratis, listrik yang diberikan sangat prima. Tak pernah ada yang namanya pemutusan tiba-tiba apalagi giliran pemadaman.

Indonesia sendiri sebenarnya pernah lho bikin wacana soal listrik gratis, tapi tak pernah terealisasi. Listrik ini sedianya akan gratis hanya kepada penduduk miskin saja. Entah apa sebabnya sehingga program ini tidak jadi diseriusi. Padahal kalau benar diwujudkan sudah pasti akan mampu membuat rakyat lebih sumringah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA