Categories: Trending

Mengenal Suleiman I, Sultan Terhebat Kerajaan Islam Ottoman yang Dikagumi Dunia

Kerajaan Ottoman atau banyak yang menyebut juga dengan Turki Ottoman adalah sebuah dinasti besar kerajaan Islam yang mampu bertahan selama 623 tahun. Daerah-daerah kekuasaan dari Kerajaan Ottoman meliputi kawasan Turki modern, sebagian Eropa, Jazirah Arab, hingga kawasan-kawasan utara dari Afrika.

Baca Juga :4 Fakta Unik Tentang Islam di Korea Utara yang Pasti Mengejutkanmu

Dalam sejarah Kerajaan Ottoman, pernah hadir beberapa Sultan atau Raja terhebat yang mampu memberikan pencapaian besar. Sultan yang pernah membawa Turki Ottoman menuju puncak kejayaan bernama Suleiman I. Berikut kehebatan-kehebatan dari Suleiman I yang membuat Kerajaan Ottoman semakin tak tertandingi.

Sultan yang Gemar Sekali Belajar

Suleiman I lahir sebagai putra mahkota dari ayah seorang Sultan Ottoman ke-9. Keadaan ini membuat Suleiman I harus menjalani banyak sekali pendidikan dasar mulai dari sejarah, sains, sastra, teologi, hingga taktik militer yang kelak akan jatuh ke tangannya. Dia rela dikirim ke banyak wilayah untuk belajar dan memperdalam ilmu-ilmunya.

Suleiman I [image source]
Saat memasuki usia remaja, Suleiman I sudah diberi tanggung jawab oleh ayahnya untuk menjadi gubernur di beberapa wilayah seperti Kaffa dan Sarukhan. Dari kepemimpinan gubernur, Suleiman I akhirnya bisa naik jabatan menjadi Sultan Ottoman ke-10 menggantikan ayahnya saat berusia 25 tahun.

Gemar Melakukan Kampanye Militer

Sejak dikirim untuk sekolah di Istana Tokapi, Konstatinopel, Suleiman I mulai tergila-gila dengan Aleksander Agung. Dia terobsesi melakukan apa yang telah dilakukan oleh salah satu pemimpin besar dunia itu. Akhirnya, setelah naik tahta dan menggantikan ayahnya, Suleiman I mulai melakukan kampanye militer di kawasan Eropa. Kampanye pertama yang dilakukan oleh Suleiman I adalah menyerang Hongaria yang merupakan basis pertahanan tentara Kristen di Eropa.

Suleiman I dan Francois I [image source]
Setelah memiliki wilayah kekuasaan di Eropa, Suleiman I mulai melakukan serangan di kawasan Persia dengan melawan orang-orang dari dinasti Safawiyah. Kampanye di laut juga dilakukan oleh Suleiman I di kawasan India agar jalur perdagangan dari negeri itu tidak diganggu pasukan dari Portugal yang mulai mencari-cari daerah yang bisa dijadikan sasaran mengeruk sumber daya. Kampanye terakhir yang dilakukan oleh Suleiman I terjadi di kawasan Afrika sebelah Utara yang langsung menghadap kawasan Eropa.

Pereformasi yang Sangat Ulung

Saat memimpin Kerajaan Ottoman, Suleiman I mulai melakukan reformasi besar-besaran terhadap undang-undang di negerinya. Dia tetap menggunakan hukum Syariah Islam namun digabung dengan hukum baru serupa undang-undang yang disusun dengan hati-hati berdasarkan keputusan-keputusan dari sembilan pemimpin pendahulunya. Suleiman I menyusun undang-undang itu dengan sangat baik hingga akhirnya bisa diterima oleh banyak orang.

Baca Juga : Menara Masjid Tertinggi di Dunia, Calonnya Berada di Aljazair!

pereformasi [image source]
Undang-undang yang disusun oleh Suleiman I meliputi bidang kepemilikan tanah, pajak, dan bidang kriminal. Suleiman I menerapkan hukuman denda atau eksekusi pada penjahat yang terbukti bersalah. Dia mulai menerapkan pajak bagi semua warga tak terkecuali warga nonmuslim. Pada saat Suleiman I berkuasa, umat Kristen dan juga Yahudi dilindungi dan warga tidak diperbolehkan untuk melakukan penganiayaan dengan dalih apa pun.

Sultan Penggila Seni dan Budaya

Suleiman I dikenal sangat menggilai dunia seni dan budaya. Saat memerintah Kerajaan Ottoman selama 46 tahun, dia memajukan bidang seni dengan membuat perkumpulan seniman yang digaji dan dimasukkan ke dalam istana. Dia mengangkat orang berbakat agar memajukan dunia seni terutama lukis, penjilid buku, penjahit, dan pengrajin perhiasan dari emas.

penggila seni [image source]
Selain bidang seni rupa, Suleiman I juga sangat menggemari sastra. Dia dikenal sebagai seorang penulis syair yang ulung hingga salah satu tulisannya diterjemahkan ke beberapa bahasa. Bukti terakhir yang menunjukkan Suleiman yang hebat ini penggila seni dan sastra adalah dibangunnya banyak monumen besar. Dia menyukai arsitektur unik hingga ingin menjadikan Konstatinopel sebagai pusat peradaban Islam dunia.

Baca Juga :5 Fakta Teuku Markam, Pria Penyumbang Emas Monas yang Direndahkan Negara

Demikianlah sekelumit kisah tentang Suleiman I yang merupakan sultan hebat dari kerajaan Islam Ottoman. Di tangan Suleiman I, Kerajaan Ottoman mampu memasuki Eropa dan menyebarkan Islam ke mana-mana. Sungguh pemimpin yang hebat!

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago