Categories: Trending

7 Situs Bersejarah Dunia yang Dihancurkan Oleh Teroris!

Dinamakan sebuah situs bersejarah karena memiliki sebuah arti yang besar. Bahkan kadang menyimpan banyak misteri yang bisa membantu manusia modern mempelajari sejarahnya. Itulah mengapa UNESCO kerap menganugerahkan situs ini menjadi sebuah warisan budaya dunia. Penganugerahan ini memiliki sebuah maksud, yaitu agar banyak orang mau melindunginya. Menganggap situs itu sebagai benda berharga yang tak akan ada duanya.

Baca Juga : 3 Peristiwa Bersejarah yang Menumpahkan Air Mata Soekarno

Namun akhir-akhir ini banyak sekali situs budaya yang sangat bersejarah itu dihancurkan. Para teroris yang kerap membuat keributan menganggap situs itu tak pantas ada. Lalu dengan gampangnya mereka merusak tanpa melihat nilai sejarahnya. Well, inilah tujuh situs bersejarah yang kini hancur lebur akibat aksi keji teroris!

1. Nimrud

Nimrud adalah sebuah situs kota kuno yang terletak di Mosul, Irak. Situs ini sangat bersejarah hingga dianugerahi Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Saat ini situs yang dibangun sekitar abad ke-13 sebelum masehi ini hancur lebur tak bersisa. Militan ISIS bertanggung jawab atas perusakan situs super penting di Irak.

Nimrud [image source]
ISIS membawa buldozer dan juga beberapa kendaraan militer berat untuk meruntuhkan bangunan ini. Mereka juga menghancurkan ‘lamassu’. Sebuah patung makhluk mitologi dengan bentuk singa bersayap. UNESCO menyebut aksi ISIS ini sebagai kejahatan perang yang sangat berat.

2. Khorsabad

Khorsabad adalah sebuah kota kuno yang dulunya digunakan oleh Raja Sargon memerintah Suriah kuno. Sekitar tahun 721 masehi kerajaan ini memasuki masa kejayaan sebelum akhirnya runtuh dan berganti Suriah modern. Khorsabad berisi banyak sekali benda bersejarah yang tak ada duanya.

Khorsabad [image source]
Tapi lagi-lagi ISIS kembali membuat ulah. Mereka masuk dan membuat situ budaya bersejarah ini hancur. Apa saja yang merupakan situs sejarah selalu dianggap tak pantas oleh ISIS. Lalu dengan membabi buta mereka menghancurkan tanpa berpikir terlebih dahulu.

3. Museum Mosul

Kita harus menyebut ISIS sebagai militan penghancur benda sejarah. Setelah menghancurkan Nimrud dan Khorsabad, kini mereka juga menghancurkan museum Mosul. Militan yang tak tahu belas kasih ini langsung masuk dan mengobrak-abrik segala hal yang mereka temui. Tak peduli berapa harga dan arti sejarahnya.

Museum Mosul [image source]
Mereka menghancurkan sebuah benda seni yang telah berumur sekitar 3.000 tahun. Selain itu ISIS juga menghancurkan Winged Bull, sebuah artefak dari Niveneh yang ada di abad ke-7 masehi. ISIS membuat video penghancuran lalu mengunggahnya. Dengan begitu mereka akan semakin ditakuti.

4. Museum Nasional Afganistan

Sekitar 70% artefak atau benda sejarah yang ada di Museum Nasional Afganistan telah dirampok dan juga dihancurkan. Selama 35 tahun bertarung dengan Taliban, museum ini telah mengalami banyak penyerangan yang sangat mematikan.

Museum Nasional Afganistan [image source]
Puncaknya terjadi pada tahun 2001 silam. Saat terjadi baku tembak dengan Taliban, museum ini akhirnya jadi sasaran empuk. Sekitar 2.500 artefak yang sangat bersejarah akhirnya dihancurkan. Bahkan bisa dibilang Museum Nasional Afganistan adalah museum paling mengenaskan di dunia.

5. Patung Buddha di Bamiyan

Pada tahun yang sama saat Museum Nasional Afganistan dihancurkan, patung Buddha di lembah Bamiyan juga dihancurkan oleh Taliban. Mereka menganggap jika patung ini melanggar Islam. Akhirnya mereka meletakkan dinamit dan meledakkannya hingga tak berwujud lagi sekarang.

Patung Buddha di Bamiyan [image source]
Patung ini dibangun sekitar tahun 507-554 masehi atau abad ke-6. Patung Buddha di lembah Bamiyan ini memiliki tinggi sekitar 250 meter. Patung ini telah bertahan selama 1.500 tahun sebelum akhirnya hancur lebur akibat serangan Taliban.

6. Kuil Imam Awn al-Din

Kuil Imam Awn al-Din adalah sebuah kuil yang dibangun sekitar abad ke-13 masehi. Kuil ini adalah sebuah bukti kehebatan Irak di masa lalu. Kuil ini adalah sebuah perhiasan berharga bagi pengamat arsitektur kuno seperti Yasser Tabbata. Kini, sejak Juli 2014, benda bersejarah ini hancur lebur dibom oleh tak lain dan tak bukan: ISIS!

Kuil Imam Awn al-Din [image source]
Militan ini menghancurkan apa saja yang tak sesuai dengan keinginan mereka. Mulai dari kuil, museum, hingga situ sejarah dan masjid. Mereka beralasan jika benda sejarah itu tak pantas lagi ada di dunia. Penghancuran dianggap akan membuat banyak orang kembali ke jalan yang benar. Well, menurut anda siapa yang benar?

7. Situs Kuno Kamboja

Pada tahun 1975-1979, pasukan Khmer merah telah membantai sekitar 2 juta orang Kamboja tanpa belas kasihan. Penguasa saat itu juga menghancurkan semua situs budaya yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Sekitar 3.000 kuil yang ada dihancurkan tanpa bersisa. Padahal situs itu sangatlah berharga.

Situs Kuno Kamboja [image source]
Berdasarkan data yang dihimpun Tss Cavis, banyak sekali artefak yang berasal dari Kamboja dijual di pasaran dunia. Coba perhatikan gambar di atas. Tumpukan batu itu harusnya tetap menjadi candi atau kuil yang indah untuk dinikmati sekarang. Namun sayang, penguasa yang mengerikan menganggap semua itu adalah sampah.

Baca Juga : 5 Pedang Paling Mematikan dan Terkenal Sepanjang Sejarah

Kejadian di atas menunjukkan jika perlindungan akan situs kuno masih sangat minim. Untuk itu kita yang ada di Indonesia hendaknya menjaga situ kuno yang ada. Sebut saja candi atau bangunan bersejarah lain. Jangan malah dicoret-coret atau dirusak. Benda atau situs itu tak ternilai harganya!

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago