Nama Papua kembali berkibar di mata internasional setelah penelitian dua siswa SMA Advent Doyo Baru, yakni Bob Kaway dan Thinus Lamek Yewi, bakal dibawa oleh NASA ke liar angkasa. Dilansir dari techno.okezone.com, Hasil penelitian keduanya dinyatakan lolos flight test NASA yang ketat dan dinyatakan boleh diluncurkan ke International Space Station (ISS).

Berita bagus ini diunggah pada akun acebook milik Noldy Worone, di mana dirinya menulis bahwa dua siswa cerdas tersebut tergabung sebagai tim 20 peneliti muda Indonesia. “Hasil penelitian mereka akan dipresentasikan di Annual Conference of the American Society for Gravitational and Space Research di Washington DC dalam bulan November 2016,” tulis akun Facebook Noldy Worone seperti yang dikutip dari techno.okezone.com.

Semuanya berawal ketika Biro Pendidikan Indonesia mengunjungi sekolah-sekolah di Papua dan memilih siswa cerdas untuk bergabung dan melakukan penelitian dengan NASA. Saat itu, Bob dan Thinus melewati seleksi pertama di Biro Pendidikan Jayapura pada bulan Oktober, di mana para siswa-siswa Papua ini bergabung dengan kelompok penelitian Padi. Studi seperti penelitian Bob dan Thinus, akan membantu para penyelidik mengembangkan prosedur dan metode yang memungkinkan astronot untuk tumbuh dan makan sayuran yang tumbuh dengan aman.

Penelitian ini akan dilakukan di Pusat Pembelajaran Inovatif, Serpong. Bob dan Thinus, bersama dengan dua tim peneliti mahasiswa Indonesia akan melakukan tes teknik dan penerbangan di San Jose, AS. Tentu saja, kabar ini sangat menggembirakan bagi kedua siswa yang bersekolah di dari SMA Advent Doyo Baru di Distrik Waibu, Desa Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua.

Sosok berprestasi yang harumkan nama Indoneia di mata dunia [sumber gambar]
Nantinya,apa yang telah digagas oleh Bob dab Thinus ini, akan digunakan oleh NASA untuk menanam makanan di luar angkasa. Di mana Penelitian mereka telah melewati uji terbang NASA yang sangat ketat dan telah diluncurkan dengan United Launch Alliance Atlas V dari Space Launch Complex 41 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, mengangkut kargo Cygnus ke International Space Station (ISS).

BACA JUGA: George Saa, Pemuda Papua Rebutan Universitas Dunia yang Bertekad Teruskan Prestasi B.J. Habibie

Harapan besar tentu tersemat dalam pundak kedua pemuda cerdas tersebut. Agar Bob dan Thinus kelak dapat mengembangkan penelitian ini di bawah bimbingan berbagai pakar dari Indonesia. Terutama dari lembaga negara terkait dan universitas teknik ternama di negeri ini. Karena, bukan tidak mungkin suatu hari, kita benar-benar memiliki sawah di luar angkasa. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?