Manusia Membuat Koloni di Luar Angkasa? Bisa, Ini Caranya!

oleh Adi Nugroho
12:59 PM on Aug 19, 2016

Cepat atau pun lambat, bumi akan mulai susah untuk dihuni lagi. Beberapa masalah pelik seperti pemanasan global, pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat, sulitnya mendapatkan lahan untuk tinggal, berkurangnya bahan pangan, hingga perang dan perebutan kekuasaan  membuat banyak orang akhirnya ingin pergi dari bumi untuk membuat sebuah koloni baru di luar angkasa.

Seperti halnya film fiksi yang ada di bioskop atau layar kaca. Ternyata manusia juga dikatakan mampu untuk membuat teknologi itu. Kelak, beberapa kelompok manusia akan membuat koloni baru di luar angkasa dan membentuk peradaban baru di sana.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

Oh ya, inilah cara yang mungkin bisa dilakukan manusia untuk mewujudkan mimpi ajaib itu!

Mengirim Bakteri Berisi DNA ke Planet Lain

Seperti yang telah kita tahu sebelumnya, DNA mampu menyimpan banyak sekali data-data terkait makhluk hidup dengan sangat lengkap. Bahkan satu gram DNA mampu menyimpan sebuah data hingga mencapai 700 terabytes. Itu masih 1 gram saja, bagaimana jika 1 kilogram atau 1 ton? Semua informasi terkait manusia bisa disimpan dengan baik.

DNA [image source]
DNA [image source]
Beberapa kelompok peneliti yakin bahwa DNA mampu bertahan di suhu ekstrem hingga 1000 derajat Celcius dan juga dibekukan dengan suhu yang sangat rendah. Keadaan ini membuat peneliti yakin bahwa dalam 20-30 tahun ke depan DNA bisa dimasukkan ke dalam bakteri lalu dikirim ke luar angkasa. Dari bakteri ini diharapkan akan tumbuh sebuah makhluk baru dengan evolusi selama jutaan tahun lamanya.

Melakukan Transformasi Planet Secara Perlahan

Selama ini para ilmuwan sangat gencar untuk mencari planet yang memiliki kemiripan dengan bumi. Dengan menemukan planet yang secara atmosfer dan permukaan sama dengan bumi, maka manusia suatu saat bisa terbang ke sana dan membuat sebuah peradaban baru setelah bumi mengalami kerusakan atau banyak masalah.

Mars [image source]
Mars [image source]
Untuk melakukan transformasi ini, ilmuwan mengatakan akan mengirim semacam bakteri. Mereka akan membuat sebuah planet lain misal Mars agar memiliki keadaan yang sama dengan bumi. Bakteri ini akan memakan partikel tidak berguna di Mars dan menghasilkan tanah serta gas yang akan mempertebal atmosfer. Kalau rencana ini berhasil, maka dalam kurun 200 tahun saja manusia bisa tinggal di Mars.

Memodifikasi Manusia Secara Genetis

Yang membuat manusia tidak hidup di luar angkasa adalah karena tidak adanya kadar oksigen yang sangat banyak di sana. Selain itu, udara di permukaan planet lain bisa jadi super panas karena tidak dilapisi ozon dan juga sangat dingin karena jauh sekali dengan matahari. Itulah mengapa membuat manusia yang tahan dengan keadaan ini adalah misi besar bagi ilmuwan.

mutasi genetik [image source]
mutasi genetik [image source]
Kelak kalau ilmuwan mampu melakukan modifikasi manusia secara genetis, bisa saja beberapa dari mereka tahan dengan situasi keras di luar angkasa. Dari manusia jenis baru ini, koloni baru secara perlahan-lahan bisa diciptakan dengan cepat hingga manusia tidak hanya mendiami bumi yang sudah semakin tua ini.

Membuat Dyson Spheres untuk Megumpulkan Energi

Satu hal paling penting yang harus dilakukan oleh manusia sebelum membuat koloni adalah menciptakan sumber energi. Dengan sumber energi yang besar, manusia akan bisa melakukan banyak hal seperti membuat kubah raksasa di luang angkasa atau menyuplai kebutuhan penduduk yang sangat banyak.

dyson sphere [image source]
dyson sphere [image source]
Salah satu proyek yang kemungkinan besar bisa direalisasikan adalah Dyson Spheres. Dengan menggunakan ini, manusia bisa melakukan banyak hal hingga akhirnya membangun sebuah koloni dan peradaban yang besar di luar sana.

Inilah beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan oleh manusia untuk membuat sebuah koloni di luar angkasa. Menurut kamu, mungkin tidak sih manusia melakukan hal yang sangat hebat ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA