5 Jurusan Perkuliahan Ini Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia

oleh Koko Ferdie
15:03 PM on Dec 15, 2016

Bisa kuliah di jurusan bergengsi macam kedokteran, teknik, dan semacamnya memang merupakan satu kebanggaan tersendiri. Tak hanya karena bakal dapat pamor tapi juga jaminan pekerjaan mentereng setelah lulus nanti. Makanya, kemudian jurusan-jurusan tertentu seperti yang tadi itu pun padat peminat.

Berbicara soal pendidikan tinggi, Indonesia ini juga punya keunikan. Tak hanya tentang kultur tapi juga hal-hal yang berkenaan dengan sistem. Salah satunya adalah keberadaan jurusan-jurusan unik yang hanya bisa ditemui di Indonesia. Ya, kamu mungkin belum tahu itu, tapi di beberapa kampus ada banyak jurusan yang istilahnya the one and only, alias cuma  ada di sini.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Tentu adalah kebanggaan tersendiri bisa masuk ke jurusan-jurusan tersebut. Selain menjadi satu-satunya di dunia, bisa masuk di sana adalah pilihan yang bagus pula untuk karier, bahkan menumbuhkan semangat kebangsaan. Lalu, jurusan unik apa saja yang hanya ada di Indonesia tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Sastra Jawa

Mahasiswa sastra Jawa [Image Source]
Jurusan satu ini cuma ada di Indonesia mengingat bahasa Jawa asalnya dari Nusantara. Jurusan ini secara umum mengajarkan tentang apa pun yang berhubungan dengan bahasa Jawa, mulai dari struktur sampai tentang filosofis. Hari ini jurusan Sastra Jawa agak mulai jarang-jarang peminat, namun di beberapa kampus cukup ramai bahkan dimasuki oleh para mahasiswa asing. Bisa masuk jurusan ini secara tidak langsung membantu bangsa kita untuk melestarikan budayanya.

2. Kehutanan

Mahasiswa Kehutanan [Image Source]
Mengingat Indonesia merupakan negara  pemilik hutan terbesar urutan kedua setelah Brazil, maka jurusan ini hanya ada di Indonesia. Ilmu ini mempelajari tentang kekayaan hutan serta potensi yang ada di dalamnya. Presiden Ir. Joko Widodo yang merupakan alumnus mahasiswa jurusan kehutanan menegaskan bahwa jurusan kehutanan sangat bermanfaat di Indonesia dalam hal pengelolaan dan penjagaan wisata hutan di Indonesia. Universitas yang menyediakan jurusan kehutanan antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Hassanudin (Unhas), dan Universitas Sumatra Utara (USU).

3. Pedalangan

Pedalangan [Image Source]
Jurusan pedalangan mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan tata cara menjadi dalang yang profesional. Tujuan diprogramkannya jurusan ini yaitu untuk menjaga kelestarian budaya dalang yang ada di Indonesia. Disamping itu, jurusan ini juga menciptakan generasi budayawan dan seniman Indonesia yang handal. Jurusan ini tak hanya diminati mahasiswa lokal tapi juga luar negeri.

4. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ilustrasi mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia [Image Source]
Jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini diajarkan untuk mendidik generasi menjadi guru Bahasa Indonesia. Tenaga guru Bahasa Indonesia ini dibutuhkan di beberapa daerah terpencil yang masih awam mempelajari Bahasa Indonesia karena terbiasa dengan Bahasa Daerah. Diharapkan ilmu Bahasa Indonesia ini terus dijaga untuk mempersatukan bahasa-bahasa daerah di Indonesia. Banyak mahasiswa asing yang mempelajari Bahasa Indonesia dan melakukan pertukaran pelajar sehingga sebagian dari mereka juga mempelajari Bahasa Indonesia di luar negeri. Sebagian besar kampus di Indonesia memiliki program jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

5. Perminyakan

Mahasiswa perminyakan [Image Source]
Jurusan ini diajarkan untuk mencetak tenaga eksplorasi minyak secara profesional. Mengingat sumber daya alam minyak sangat besar di Indonesia, maka jurusan ini sangat dibutuhkan di beberapa tempat pertambangan minyak di pulau-pulau Nusantara. Disini, akan diajarkan bagaimana potensi minyak dan cara mengelolanya di Indonesia. Akhir-akhir ini sumber minyak mengalami masalah yang riskan di Indonesia sehingga membutuhkan banyak ahli dalam hal ini khususnya jurusan perminyakan. Kampus-kampus yang menyediakan program jurusan perminyakan antara lain ITS (Institut Teknologi Surabaya), ITB (Institut Teknologi Bandung), UPN Yogyakarta dan Universitas Trisakti.

Inilah Jurusan-jurusan perkuliahan yang hanya ada di Indonesia. Bisa memasukinya adalah hal yang luar biasa dan menimbulkan kebanggaan tersendiri. Soal karier, tak perlu khawatir karena masing-masing jurusan di atas memiliki pangsa pasarnya sendiri. Bahkan beberapa jurusan secara tidak langsung turut serta membantu Indonesia lebih baik. Entah dari pengelolaan alam sampai menjaga kebudayaannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA