Tips

Simpan Dompet di Saku Belakang Celana Berbahaya Bagi Tubuh, Ada yang Melakukannya?

Simpan dompet di saku belakang celana sudah menjadi kebiasaan para kaum adam. Ini dikarenakan cara tersebut dianggap praktis dan enggak perlu repot untuk buka tas lagi. Bahkan, sampai duduk pun mereka tetap menyimpannya di saku belakang meski terkadang terasa tidak nyaman karena seperti ada yang mengganjal.

Nah, ketidaknyamanan tadi ternyata juga dirasakan oleh beberapa bagian tubuh Sahabat Boombastis. Bahkan, menurut beberapa ahli juga menyebutkan kalau ada dampak buruk bagi kesehatan. Kalau tidak percaya, kalian bisa lihat ulasan di bawah ini tentang efek samping apa saja yang diciptakan karena simpan dompet di saku belakang.

Munculnya linu pada bagian tubuh tertentu

Para lelaki yang sering simpan dompet di saku celana belakang sebaiknya waspada dengan efek satu ini. Adalah dapat menyebabkan linu panggul atau biasa kita sebut sakit punggung bagian bawah. Hal ini pun juga telah diamini oleh Julian Firth selaku fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex.

Menyebabkan linu panggul [Sumber Gambar]
Kepada BBC News ia mengungkapkan jika kondisi ini dipicu karena posisi dompet menekan saraf di bagian belakang tubuh. Masalah kesehatan tersebut akan terjadi jika simpan dompet di saku belakang dilakukan terus menerus Sahabat Boombastis.

Menimbulkan mati rasa pada beberapa bagian tubuh

Selain di atas, dampak lainnya adalah dapat menimbulkan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh. Menurut Julian Firth, rasa sakit akan muncul pada pergelangan kaki dan ketika orang tersebut berada pada posisi tertentu misalnya berjalan, duduk atau berbaring. Nah, ini bisa terjadi lantaran dompet dapat menimbulkan ketidakseimbangan yang secara tidak sadar melibatkan otot, tulang dan bahkan sistem saraf.

Mengakibatkan sakit pada pergelangan kaki [Sumber Gambar]
Sehingga secara langsung, beberapa bagian tubuh akan terasa sakit atau tidak nyaman ketika melakukan posisi tertentu. Jika keadaan ini sudah terlanjur parah, dapat mengakibatkan mati rasa di bagian tubuh tertentu lho.

Beberapa kinerja saraf akan terganggu

Efek selanjutnya yang bisa terjadi yakni adanya gangguan pada sciatic. Menurut pakar kesehatan tulang dan sendi yang bernama dr. Benedictus Megaputra, SpOT, sciatic merupakan saraf di sepanjang sumsum tulang belakang. Jika menyimpan dompet di saku celana belakang sudah jadi kebiasaan, saraf ini akan bermasalah dan menimbulkan penyakit sciatica.

Kinerja saraf terganggu [Sumber Gambar]
Dilansir dari hellosehat.com kalau gangguan ini sudah terjadi, maka harus melakukan perawatan khusus yang kemungkinan metode penyembuhannya berlangsung selama empat sampai delapan minggu lamanya. Bahkan tak bisa dipungkiri kalau gangguan ini juga berdampak pada tiga kinerja saraf yaitu sensorik, motorik dan refleks dikutip dari hai.grid.id.

Tulang panggul posisinya akan miring

Lalu, posisi tulang juga akan ikut berubah Sahabat Boombastis. Profesor Biomekanik tulang belakang di University of Waterloo yang bernama Struart McGill mengungkapkan hal ini terjadi karena dompet menekan tulang belakang dan juga panggul. Sehingga tulang panggul bisa miring ke satu sisi.

Tulang panggul miring ke satu sisi [Sumber Gambar]
Selain itu, tulang belakang juga akan semakin melengkung karena dorongan dari dompet tersebut. Dari kejadian-kejadian itu, maka posisi duduk kalian semakin hari menjadi lebih miring lho. Apalagi jika dompet kalian tebal, tulang punggung dan panggul akan semakin parah kondisinya.

Jadi untuk para lelaki yang suka menyimpan dompet di saku belakang celana alangkah lebih baik dikurangi kebiasaan tersebut. Daripada tubuh kalian yang jadi korbannya lho. Untuk itu supaya terhindar dari risiko-risiko di atas, kalian bisa menyimpan dompet di dalam tas. Memang sedikit merepotkan karena nantinya harus susah payah untuk membuka tas terlebih dahulu. Tapi tidak ada salahnya kok, lebih baik terhindar dari penyakit daripada harus mengeluarkan uang banyak lantaran mengobati efek sampingnya.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago