Tips

Hati-hati! 4 Serangga Ini Bisa Membunuh Manusia Hanya dalam Hitungan Detik

Selama ini yang kita tahu serangga merupakan hewan dengan beragam jenisnya. Ada yang membantu manusia, mengganggu pertumbuhan tanaman dan bahkan menyebarkan penyakit bagi lingkungan di sekitarnya. Kalau dilihat-lihat, serangga malah banyak memberikan dampak negatif ya. Jadi enggak heran, hewan satu ini tidak memiliki banyak fans layaknya anjing dan kucing.

Omong-omong soal serangga ternyata ada beberapa jenis yang cukup membahayakan. Apalagi kalau bukan bisa membunuh makhluk hidup, salah satunya manusia. Nah, serangga apa sajakah itu?

Laba-laba Pengembara Brazil yang racunnya dinobatkan paling berbahaya di dunia

Mungkin Sahabat Boombastis masih asing mendengar Laba-laba Pengembara Brazil. Ya karena serangga satu ini tidak ditemukan di Indonesia. Sesuai dengan namanya, hewan tersebut hanya bisa ditemukan di Amerika Selatan. Khususnya di Hutan Brazil, Kosta Rika, Columbia, Peru dan Paraguay. Seramnya, ketika di malam hari, laba-laba ini mengembara mencari makanan dan bisa tinggal di tempat lembab. Seperti tumpukan kayu, garasi, lemari dan sepatu.

Laba-laba Pengembara Brazil [Sumber Gambar]
Lalu, laba-laba yang suka jalan-jalan ini juga dinobatkan memiliki racun paling berbahaya dibandingkan serangga lainnya. Bahkan, Guinness Book of World Records pun juga telah menobatkannya. Ini dikarenakan Laba-laba pengembara memiliki racun neurotoksik sangat aktif bernama Toksin Phtx3. Bagi siapa saja yang terkena racun ini akan mengakibatkan rasa sakit luar biasa, pembengkakan, kerusakan sel kulit, komplikasi pernapasan dan serangan jantung.

Larva dari Lalat Botfly yang bisa menggerogoti tubuh manusia

Lalat memang merupakan salah satu serangga yang paling dihindari oleh manusia. Selain karena suaranya yang berisik, hewan ini juga bisa menyebarkan penyakit. Tapi, beberapa di antaranya, ada lalat yang cukup berbahaya bagi manusia. Bukan hanya menyebarkan penyakit, tapi juga bisa hidup di tubuh manusia. Adalah Lalat Botfly. Telur atau larvanya bisa sewaktu-waktu hinggap dan tinggal di tubuh lho tanpa kita tahu sejak kapan ia berada di sana. Nah, bersumber laman anehdidunia.com, larva Botfly tidak berasal dari induk si lalat, melainkan nyamuk.

Larva Lalat Botfly [Sumber Gambar]
Jadi, pada saat ada nyamuk melintas, lalat tersebut akan ‘menitipkan’ telurnya kepada serangga satu itu. Jadi, nyamuk yang membawa telur dari lalat menjijikkan ini akan menggigit manusia sekaligus menaruh titipan dari Botfly ke tubuh. Sehingga telur tersebut akan menjadi larva dan bisa membuat manusia menderita myiasis. Dilansir dari laman nulis.co.id, myiasis merupakan penyakit di mana larva atau belatung yang hidup di tubuh manusia menggerogoti jaringan sel di dalam badan. Akibatnya, manusia akan mengalami kerusakan pada beberapa bagian tubuhnya.

Semut Siafu yang punya kekuatan untuk merobek kulit musuhnya

Meskipun kecil, semut tidak bisa kita remehkan begitu saja. Apalagi semut yang bernama Siafu, wah lebih baik menjauh kalau kalian melihatnya di depan mata. Bukan apa-apa, semut yang memiliki capit di depan wajahnya ini ternyata mempunyai kekuatan untuk melawan musuhnya walaupun ukuran badannya lebih besar berkali-kali lipat dari dirinya. Dinukil dari laman vemale.com, Semut Siafu mampu mencabik kulit musuhnya hanya dalam hitungan mili detik.

Semut Siafu [Sumber Gambar]
Kalau dipikir-pikir, semut yang tinggal di Hutan Afrika tersebut ukurannya cukup kecil, seperti tidak mungkin bisa membunuh manusia. Eits, jangan salah, semut ini memang kecil, tapi Siafu ternyata selalu bergerombol kemanapun perginya. Jadi, siapapun yang berani melawannya atau mengganggunya. maka Semut Siafu dan kawan-kawannya bakal menciptakan luka tusukan atau robekan kulit pada semua musuhnya. Dengan kekuatan rahangnya dan sengatannya, maka si musuh bisa langsung tak berdaya pada saat itu juga.

Lebah Raksasa Jepang yang bisa sebabkan gagal ginjal pada manusia

Seperti yang kita tahu kalau pertahanan lebah dari musuh adalah sengatannya. Namun untuk lebah yang satu ini berbeda, ia mempunyai racun untuk melumpuhkan musuhnya. Yaitu Lebah Raksasa Jepang. Ya, sesuai dengan namanya, lebah ini berasal dari Jepang dan masih belum ditemukan di belahan negara manapun.

Lebah Raksasa Jepang [Sumber Gambar]
Menurut liputan6.com, lebah berukuran sekitar 4,5 cm ini telahh membunuh 30 sampai 40 warga Jepang setiap tahunnya. Selain itu, jika mangsanya tidak terbunuh, kemungkinan buruk lainnya adalah bisa membuat manusia menderita gagal ginjal. Maka dari itu, pemerintah di Jepang menghimbau untuk menjauhi sarang dari Lebah Raksasa ini supaya tak ada lagi korban yang berjatuhan.

BACA JUGA : 5 Binatang dengan Bisa Paling Mematikan

Walaupun hampir semuanya tidak ada di Indonesia, tapi kita juga perlu untuk waspada. Ya namanya juga serangga, mereka bisa hinggap di manapun dan dapat terbawa angin karena ukurannya yang cukup kecil. Jadi, masih sangat mungkin jika hewan-hewan di atas bisa muncul kapan saja di negara kita. Nah, apa Sahabat Boombastis tahu serangga yang mempunyai efek mematikan selain di atas? Kalau tahu, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

12 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago