Categories: Tips

Perhatian, Selfie di 9 Tempat Ini Bisa Masuk Penjara!

Tren foto selfie hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda surut dan malah kian menggila. Main lama tren foto ini berlangsung makin keterlaluan pula pose-pose selfie yang beredar. Traveler-traveler mulai mengunggah foto-foto selfie di tempat ekstrim atau bahkan di tempat-tempat umum yang sepenuhnya sangat mengganggu.

Baca Juga : Bashaer Othman, Walikota Termuda di Dunia dari Palestina

Untuk meredam tren foto selfie beberapa negara membuat aturan berupa larangan foto selfie di tempat-tempat tertentu di negaranya bahkan ada pula negara yang memberlakukannya di seluruh wilayahnya dengan cara melarang penjualan tongkat narsis. Berbagai jenis hukuman pun dikeluarkan bagi siapa saja yang ngeyel berfoto selfie mulai dari denda hingga hukuman penjara. Berikut 9 tempat di dunia yang melarang foto selfie.

1. Garoupe, Prancis – Selfie Dilarang Pada Bulan Agustus

Garoupe adalah salah satu pantai terbaik di Prancis dan selalu ramai dikunjungi sepanjang tahun. Karena ketenarannya ini pula pantai ini menjadi salah satu objek selfie para traveler yang datang. Terlalu banyaknya traveler yang selfie di pantai ini membuat gerah pihak otoritas pantai sehingga membuat laranga selfie di Garoupe. Di pantai ini kini dipasang papan larangan selfie berbunyi “No Braggies Zone” yang merujuk pada larang berfoto selfie.

Foto via Escapehere

Otoritas keamanan pantai yang disebut dengan Holiday Spam Police selalu aktif menindak siapa saja yang nekad melakukan foto selfie di sana. Fenomena foto selfie dianggap meresahkan di pantai ini, mreka yang datang lebih memilih foto-foto dari pada menikmati keindahan pantai. Namun larangan ini tidak berlaku sepanjang waktu melainkan hanya pada waktu sibuk pantai yang terjadi pada bulan Agustus.

2. Korea Selatan – Nekad Selfie Pakai Tongsis Bisa Masuk Penjara

Pemerintah Korea Selatan lebih ekstrim lagi dalam membendung fenomena selfie. Aturan di negara ini memungkinkan mereka yang berfoto selfie menggunakan tongsis bisa di bui selama tiga tahun. Foto selfie selalu berkaitan dengan tongkat narsis yang membuat foto selfie menjadi lebih nyaman karena bisa mengambil foto dari jarak yang jauh sehingga mendapatkan gambar yang lebih lebar.

Foto via Escapehere

Tongkat ini berupa stik yang bisa dipanjang pendekkan dengan klip di ujungnya sebagai tempat meletakkan ponsel. Untuk mengambil gambar biasanya disematkan teknologi bluetooth sebagai pemicu rana. Nah, pemerintah Korsel menganggap tongsis sebagai perangkat telekomunikasi yang wajib disertifikasi. Jika ada orang yang menjual tongsis tak bersertifikat dan berharga mahal siap-siap masuk penjara. Begitu juga untuk pengguna tongsis yang tidak bersertifikat mungkin saja hukuman serupa bisa menimpa Anda.

3. Arab Saudi – Selfie Dilarang Karena Membuat badah Haji Menjadi Tidak Khusuk

Selfie memang tidak mengenal tempat dan waktu. Di Arab Saudi tahun lalu pemerintahnya dipusingkan dengan maraknya foto selfie yang dilakukan para jemaah haji yang sedang beribadah. Hingga akhirnya membuat pemerintah Arab mengeluarkan fatwa bahwa selfie adalah salah satu kegiatan yang tidak religius dan merusak ibadah.

Foto via Escapehere

Fatwa tersebut dikeluarkan karena banyak orang yang datang ke dalam masjid alih-alih beribadah malah jeprat-jepret berpose selfie lengkap dengan tongkat narsisnya. Belum lagi para jemaah yang berfoto selfie saat acara ziarah di makam para nabi dan sahabat. Foto selfie sebenarnya tidak dilarang pemerintah Arab namun mereka harus tahu waktu dan tempat. Pemerintah setempat meminta agar mereka lebih menghormati perjalanan religius tersebut.

4. New York – Foto Selfie dengan Binatang Akan Didenda

Di dalam sirkus atau kebun binatang lumrah jika ada jasa berfoto bersama hewan-hewan tertentu termasuk hewan buas seperti singa atau harimau. Namun jika ini Anda lakukan di New York bisa-bisa kena denda lho. New York adalah negara bagian pertama Amerika yang melarang foto selfie, tapi jika hanya foto tersebut Anda lakukan dengan hewan buas seperti singa dan harimau.

Foto via Escapehere

Hal ini menanggapi fenomena yang tengah booming di sana beberapa waktu yang lalu di mana salah satu situs kencan mulai mempopulerkan taggar harimau selfie sebagai tema fotonya. Kemudian secara masive banyak pria yang memposting foto selfie bersama harimau. Dikhawatirkan fenomena ini akan semakin mengeksploitasi binatang langka tersebut sehingga dikeluarkanlah larangan tersebut dengan sanksi denda yang tidak sedikit.

5. Pamplona, Spanyol – Selfie di acara Running of the Bulls Didenda 3.000 Euro

Acara Running of the Bulls memang sangat terkenal di Spanyol. Dalam festival ini banteng-banteng liar yang jumlahnya ratusan akan dilepaskan dan dibiarkan mengejar orang-orang yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Nah kegilaan ini nampaknya memberikan inspirasi bagi mereka suka foto selfie. Mereka mulai mencoba mengambil foto selfie saat acara berlangsung tentu ini menjadi tindakan yang berbahaya dan terkesan bodoh.

Foto via Escapehere

Tidak butuh waktu lama bagi para pejabat di wilayah Pamplona Utara, Spanyol untuk membuat larangan selfie di acara Running of the Bulls. Bahkan bagi siapa saja yang dengan sengaja membahayakan diri sendiri dengan berfoto selfie di acara tersebut akan dikenakan denda yang sangat besar, nilainya mencapai 3.000 Euro. Hal ini dilakukan untuk menekan tingkat kecelakaan yang berujung kematian karena serudukan banteng.

6. Tenis Australia Terbuka, Melbourne – Jangan Foto Selfie Pakai Tongsis di Event Ini

Pemandangan tak lazim terlihat saat gelaran Tenis Australia Terbuka awal tahun lalu diselenggarakan. Tak nampak orang-orang menggunakan tongsis di dalam arena pertandingan. Usut punya usut ternyata penyelenggara event melarang penggunaan tongsis di pnggir lapangan. Mereka khawatir ini akan mengganggu para pemain dan penonton lainnya.

Foto via Escapehere

Sebagai gantinya pihak penyelenggara menyiapkan area khusus selfie yang ditandai dengan papan bertuliskan “selfie zones”. Larangan ini hanya berlaku bagi mereka yang menjepret foto selfie menggunakan tongsis. Para penonton masih diperbolehkan berfoto selfie menggunakan tangan mereka sendiri.

7. Inggris – Foto Selfie di Dalam Bilik Suara Dipenjara 6 Bulan

Aksi orang Inggris dalam berfoto selfie sudah keterlaluan. Pada pemilu beberapa tahun lalu banyak warga Inggris yang melakukan foto selfi di dalam bilik suara bahkan menunjukkan pilihan mereka kemudian mengunggahnya di media sosial. Melihat hal ini pemerintah bergerak cepat dengan membuat aturan berupa larangan foto di dalam bilik suara dan ancaman denda 5.000 Euro serta penjara 6 bulan bagi siapa saja yang melanggar.

Foto via Escapehere

Larangan foto selfie ini juga menyebar ke dunia olah raga khususnya sepak bola. Liga Inggris memang liga yang paling banyak diminati di dunia sehingga tak heran jika stadion selalu penuh penonton setiap kali laga digelar. Nah baru-baru ini pengelola klub Arsenal dan Tottenham Hotspur melarang penonton membawa tongsis ke dalam stadion.

8. Iran – Pemain Sepak Bola Iran Dilarang Selfie Dengan Fans Wanita

Larangan selfie berikutnya datang dari negara Timur Tengah lainnya yang terkenal dengan segudang peraturan aneh, Iran. Federasi Sepakbola Iran telah melarang setiap pemain, pelatih atau staf tim untuk mengambil foto selfie dengan fans wanita.

Foto via Escapehere

Alasannya sepele, mereka khawatir foto itu dapat digunakan oleh perempuan untuk keuntungan politik atau bahkan menuntut pemain dengan tuduhan tindak pelecehan. Di dalam negeri aturan ini mudah untuk di taati sebab wanita Iran dilarang datang ke sebuah olahraga pria. Namun di luar negeri para wanita berbondong-bondong datang untuk melihat pertandingan sepakbola negaranya.

9. Lake Tahoe, California – Larangan Berfoto Selfi dengan Beruang di Lake Tahoe

Hampir sama dengan fenomena foto selfie bersama harimau di New York, California juga menghadapi masalah serupa namun beda objek. Adalah Lake Tahoe menjadi spot berburu foto selfie paling digemari. Mereka yang datang bukan untuk mengabadikan pemandangan alam yang indah melainkan selfie dengan beruang liar.

Foto via Escapehere

Hal ini sangat berbahaya dan pemerintah setempat membuat larangan aktivitas ini. Mereka tidak hanya membahayakan nyawa mereka sendiri namun juga mengusik kehidupan beruang. Pemerintah mengancam jika masih ada wisatawan yang ngeyel berfoto selfie di sana maka kawasan itu akan ditutup untuk umum.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa China Suka Membuat Barang Tiruan

Foto selfie sah-sah saja dilakukan selama tidak mengganggu orang lain dan tidak membahayakan nyama diri sendiri. Namun jika foto selfie dengan cara yang berbahaya tetap dilakukan maka tidak mungkin Indonesia juga akan melarang tren foto ini.

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

1 month ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago