Keviralan akun @englishbusters memang gila-gilaan. Selain setiap hari followers-nya makin banyak, sang admin juga selalu produktif untuk memberikan koreksi setiap hari. Terlebih lagi, kini, bukan hanya akun instagram perorangan saja, tapi juga komunitas atau perusahaan startup.

Haters? Oh, makin banyak. Terlebih lagi selebgram-selebgram yang enggak mau mengakui kesalahan tapi malah ngamuk-ngamuk kepada sang admin—pakai bahasa Inggris pula, dapat koreksi lagi pula! Duh, kalau penulis, sih, hanya bisa tepok jidat. Siapa sajakah para selebgram ini?

Kyra Nayda, enggak tersinggung tapi tulis penjelasan panjang lebar

Gara-gara pasang caption “what would u call this looks? I call it Office Belly Dance Lady n i likin it,” Kyra Nayda mendapat bust dari @englishbusters. Mantan kekasih Reza “Arap” Oktovian ini lalu menuliskan panjang lebar respon dirinya atas kritikan dan akun @englishbusters sendiri. Diawali dengan “Firstly, no I’m not offended by this post at all”—pertama-tama, aku enggak

Kyra Nayda is busted by englishbusters [sumber gambar]
tersinggung sama sekali dengan postingan ini. Namun, ia menjelaskan bahwa eksistensi akun @englishbusters bukan bertujuan untuk belajar bahasa Inggris bersama, tapi lebih ke arah menjatuhkan seseorang (memang agak berlebihan, sih, satire-nya). Ditambah lagi, Kyra menyebutkan untuk mengoreksi grammar ia tak punya banyak waktu karena banyak hal yang harus dikerjakan.

Emily Young Ryu, menyebut akun @englishbusters sebagai pengaruh buruk

“A little progress each day in your self is ads thing up to big result.. Wearing beautiful dress from @mgplabel,” adalah caption yang ditulis jebolan Indonesian Idol ini. Mungkin Sahabat Boombastis enggak ngeh siapa itu Emily Young Ryu, tetapi jika disebutkan nama Dyna Fransisca, kalian pasti pernah tahu.

Emily Young Ryu is busted by englishbusters [sumber gambar]
Ya, jebolan Indonesian Idol tersebut dikabarkan operasi plastik dan mengganti namanya. Anyway, setelah dikoreksi oleh @englishbusters karena banyak sekali kesalahan yang tertuang dalam caption-nya, Emily Young Ryu memberikan komentar “such a bad influence account,” yang lalu dikoreksi lagi oleh @englishbusters karena kata “influence” hanya bisa digunakan pada orang, bukan benda mati.

Tino Renato, malah bawa-bawa copyright!

Fotografer yang berdomisili di Bali ini belum lama mengunggah foto di tengah pasar. Diberikanlah caption “Market-hoping is my favourite to go and wanted a photo between morning haul in here. But sorry i didn’t buy any of your veggie miss.” Mungkin maksud dari Tino adalah berpindah dari satu pasar ke pasar lainnya alias market-hopping.

Tino Renato is busted by englishbusters [sumber gambar]
Namun sayang, ia malah menggunakan hoping yang merupakan verb-ing dari bentuk hope atau berharap. Ketika dikoreksi, Tino malah menyebut akun @englishbusters enggak ngerti hak cipta karena mengunggah ulang foto dan caption tanpa izin (eh, tapi iya juga, sih). Sayangnya, Tino lagi-lagi membuat kesalahan dengan menunjuk dirinya sebagai influencers, emang situ ada berapa orang, bapak?

Amanda Shafira, “iyeee julid lu”

Sebenarnya apa yang dilakukan Amanda Shafira alias @mandce ketika dikoreksi akun @englishbusters cukup lucu. Ia menanggapi dengan bahasa Indonesia ala netizen twitter, tapi malah terkesan ngamuk-ngamuk. Caption yang ia tulis “a queen is in a thirst of ascendant,” yang

Amanda Shafira is busted by englishbusters [sumber gambar]
seharusnya “a queen is in thirst of ascension.”—Ratu yang haus akan kekuasaan. “Iyee julid lu,” “emg u paling top dah yg lain twister,” adalah dua respon dari Amanda Shafira. Bikin emosi? Sedikit. Bikin ngakak? Iya! Semoga Amanda bisa lebih banyak belajar dari koreksi akun ini, ya.

BACA JUGA: Disebut Sok Bule karena Bicara Bahasa Inggris, 5 Artis Ini Tampol Netizen dengan Menohok

Sahabat Boombastis pasti enggak banyak tahu siapa 4 selebgram di atas. Namun, mereka yang memiliki puluhan hingga ratusan ribu followers kini berhak mendapat predikat selebgram atau influencer, loh, meski enggak tahu itu pengikut dapat dari mana. Maka dari itu, @englishbusters ingin menyelamatkan para pengikutnya dengan mengedukasi lewat satire ini, guys.