Menjadi artis di Indonesia bukanlah hal yang susah. Seperti yang sudah kita tahu selama ini, bahwa orang dengan begitu banyak kontroversi saja pada akhirnya akan dikenal orang dan muncul di televisi. Mulai dari situ, mereka pun diakui oleh banyak orang sebagai selebritis. Berbeda dari negara-negara lainnya, dimana untuk menjadi artis, kemampuan serta kecerdasan mereka pun diuji.

Tak heran jika di Indonesia banyak artis yang mendapat nyinyiran dari netizen atas apa yang ditulisnya di sosial media, wong jadi artis saja pintu masuknya terbuka lebar. Menulis caption di instagram atau cuitan di twitter menggunakan bahasa Inggris kadang sudah jadi kebiasaan, tapi jika penulisannya salah, bikin malu juga, kan. Nah, hal ini pernah terjadi pada 9 artis ini loh.

1. Zaskia Gotik, ditertawakan netizen

Pada awal tahun 2018 ini, Trio Cecepy yang terdiri dari 3 penyanyi dangdut ternama Indonesia yaitu Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting, dan alm. Jupe sedang melakukan come back. Namun, karena anggota tertua mereka sudah menghadap yang kuasa, Dewi Perssik pun menjadi pengganti untuk proyek Trio Cecepy ini. Mereka dikabarkan sedang syuting untuk sebuah film horor.

Artikel Lainnya
70 Tahun Berada dalam Konflik, Ini Momen Bersejarah Saat Korea Mengusung Bendera Persatuan
Heboh Jokowi Freestyle Naik Moge, Inilah Fakta Stuntman yang Asyik Sekaligus Uji Nyali
RIP English – Gotik

Seperti layaknya netizen yang aktif dalam sosial media, Zaskia Gotik pun mengunggah sebuah foto yang menunjukkan kegiatan syuting mereka. Dalam captionnya ia menulis “still shoot… wait for as…” yang sebenarnya ingin disampaikan Zaskia dengan arti “masih syuting, tunggu kita, ya,” namun ada kesalahan penulisan pada kata “as” yang berarti sebagai, yang ia maksudkan sebenarnya adalah “us” alias kami. Alhasil, ia ditertawakan oleh netizen seluruh Indonesia.

2. Mulan Jameela, satu huruf aja udah beda arti

Sama seperti kejadian Zaskia Gotik, salah satu huruf saja sudah beda artinya, Mulan Jameela pun melakukan kesalahan yang sama. Ia mengunggah sebuah video di mana Mulan dan sang buah hati sedang mengikuti tantangan meminum air peresan lemon dengan sambal terasi.

RIP English – Mulan Jameela

Tak ada yang salah jika tidak kita lihat dengan seksama. Pada caption semua terlihat baik-baik saja karena Mulan menuliskannya menggunakan Bahasa Indonesia. Namun, jika saboom sekalian melihat hashtag yang dipakainya, bakalan terngikik deh! Ia menulis challenge menjadi challange yang tidak ditemukan artinya di kamus manapun.

3. Della JKT48, dihujat mati-matian

Bercuit di twitter merupakan salah satu interaksi wajib para idol JKT48 dengan fans-nya. Hal ini pun dilakukan oleh salah satu personelnya, Della Delila. Ia menyapa para fans dengan menceritakan kegiatannya hari itu. Ia menulis bahwa dirinya sedang sibuk syuting di Jepang dan Singapura, yang lalu diakhiri dengan press conference alias konferensi pers atau yang lebih kita tahu adalah berbincang dengan para wartawan.

RIP English – Della JKT48

Namun, anggota Tim K ini malah menulis press confresh yang juga tak ditemukan artinya dalam kamus. Selain itu, ia juga pernah dibuli ketika menuliskan tentang Tut Wuri Handayani. Ia mengakatakan bahwa Tut Wuri Handayani adalah seseorang yang ia hormati, padahal hal tersebut merupakan pedoman yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara. Kocak!

4. Vicky Prasetyo, berdalih pengucapannya yang salah adalah gayanya sendiri

Masih ingatkah kalian dengan Vickynisasi? Ya, gaya bahasa yang diklaim oleh mantan tunangan Zaskia Gotik sebagai caranya berkomunikasi. Kala itu, ia dikiritik habis-habisan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena mengucapkan “twenty nine my age, ya.”

RIP English – Vicky Prasetyo

Padahal, struktur kalimat yang benar adalah my age is twenty nine yang berarti umur saya 29 tahun. Namun, takut semakin diserang oleh para netizen, ia lalu berdalih bahwa twenty nine my age adalah gaya bahasanya yang disebut sebagai Vickyninsasi. Duh, ngeles aja nih!

5. Andika Kangen Band, dilema terhadap haters

Bukan hal yang baru lagi jika vokalis Kangen Band ini selalu saja membuat sensasi dalam dunia hiburan tanah air. Mulai dari rentetan wanita cantik yang termakan bujuk rayunya, hingga segala foto yang ia unggah di akun instagram pribadinya. Kala itu, ia yang sedang marak dinyinyirin netizen naik pitam.

RIP English – Andika

Sehingga, ia mengunggah sebuah foto uniknya dengan menggunakan caption “to haaatterss…” Hal tersebut pun bukannya membuat para haters-nya ciut, namun malah semakin menjadi-jadi. Bahkan ada salah satu yang berkomentar “dilemma bang nulis haters saja jadi banyak gitu hurufnya.”

6. Dewi Sanca Ratu, masih soal haters

Siapa di antara saboom sekalian yang juga sering menghujat pedangdut 34 tahun ini? Rupanya para artis tanah air ini jarang banget ada yang bersih dari skandal. Dewi Sanca Ratu merupakan salah satu yang sering sekali dibully netizen di akun instagram pribadinya.

RIP English – Dewi Sanca

Sama seperti Andika Kangen Band, ia pun meluapkan kemarahannya pada haters lewat sebuah postingan di sosial medianya. Ia menuliskan hatters pada foto yang diunggahnya, serta hetter pada captionnya. Hal tersebut pun menuai tawa renyah dari para netizen, sebagaimana penulisan kata anti fans yang benar adalah haters. Salah satu netizen pun sampai mengait-ngaitkan hetter dengan Hitler, loh guys!

7. Bella Shofie, tak pernah lepas dari pengamatan netizen

Sama seperti Dewi Sanca, Bella Shofie pun sering menjadi sasaran nyinyir netizen. Hal tersebut dikarenakan apa yang diunggah Bella Shofie terkadang tak masuk akal. Contohnya, beberapa waktu lalu ia pernah menuliskan keinginannya untuk kuliah kedokteran mengambil jurusan anti aging di Jakarta, dan ingin mengenyam pendidikan di kampus yang tidak ribet.

RIP English – Bella Shofie

Bocah kelas 4 SD juga tahu jika kuliah kedokteran tidak sesimpel itu. Lagi-lagi ia mengunggah sebuah foto yang bikin netizen garuk-garuk kepala. Bukan karena fotonya, namun caption panjang yang ia tulis. Beberapa kata bahasa Inggris ditemukan di sana, seperti captain dan competition. Namun, Bella Shofie menuliskan kata ketua itu dengan capten dan kompetisi dengan competion.

8. Syahrini, niat pamer malah banjir hujatan

Tak dipungkiri pundi-pundi uang Syahrini semakin tahun semakin menggunung. Sehingga, jika ia ingin memamerkan segala hartanya, netizen akan berkomentar “ah sudah biasa.” Kali ini ia berniat memamerkan kamarnya yang megah, namun mengapa akun instagramnya malah banjir hujatan?

RIP English – Syahrini

Ternyata, hal tersebut dikarenakan ia salah menuliskan sebuah kata dalam bahasa Inggris. Maksud hati ingin menulis bedroom alias kamar tidur, jarinya malah terpeleset hingga membuatnya mengetik badroom. Dilansir dari brilio.net, ia juga pernah disindir netizen gara-gara salah menuliskan San Fransisco menjadi Sun Fransisco.

9. Ayu Ting Ting, kata netizen: “dia lagi dia lagi”

Mungkin jika Ayu Ting Ting hengkang dari profesinya sebagai artis, dunia hiburan tanah air akan jadi sepi bin melempem. Bagaimana tidak, setiap hari ada saja pemberitaan yang membahas Ayu Ting Ting. Mulai dari kedekatannya dengan Raffi Ahmad, Bilqis sang putri, hingga gaya berpakaiannya. Boombastis.com pernah mengulas artis-artis yang drop out dari sekolahnya, termasuk Ayu Ting Ting.

RIP English – ATT

Sehingga, jika ia menuliskan caption dengan bahasa Inggris yang membuat netizen mengatakan RIP English, harusnya sudah dapat dimaklumi. Namun, namanya juga netizen, kalau nggak julid¸ rasanya belum afdol. Ketika Ayu mengunggah foto Bilqis yang sedang berulang tahun, ia menuliskan caption “she loves cake really, and she likes blow the candle as always,” padahal struktur kalimat yang benar adalah “she really loves cake and blow the candle as always.”

Memang susah jika hidup di era ini kita masih belum menguasai bahasa Inggris. Seharusnya, sebagai public figure, 9 artis di atas bisa mencontohkan netizen cara menggunakan bahasa Inggris yang benar. Jika masih setengah-setengah, alangkah lebih baik menggunakan bahasa sendiri saja, yes.