in

Kenalan dengan Ian Wright, Pesepakbola Legendaris yang Sempat Ditukar Timbangan

Selain berbicara tentang menang atau kalah dan gelar juara, di jagat sepak bola juga acap kali menyimpan hal-hal unik. Salah satunya adalah mengenai kebijakan transfer seorang pesepakbola. Dalam sejarahnya ada banyak sekali kisah-kisah bikin geleng kepala terkait perjanjian kepindahan pemain. Seperti contohnya Indriyanto Nugroho yang dijual dengan harga 100 perak.

Lalu ada pesepakbola ditukar dengan satu set pakaian olahraga. Hal yang tidak kalah unik juga dialami seorang Ian Wright, legenda Arsenal yang dulunya waktu ditransfer ke ke Crystal Palace sempat ditukar dengan satu set timbangan. Tidak hanya itu, sumber lain juga mengatakan kalau Ian ditukar dengan beberapa alat berat. Lantas siapa sih sebenarnya sosok Ian Wright ini? Untuk mengetahui mari simak ulasan berikut ini.

Pesepakbola yang sudah melanglang buana ke banyak klub Inggris

Aksi Ian saat bersama Arsenal [Sumber Gambar]
Kalau menelusuri kariernya di jagat sepak bola, Ian merupakan aktor lapangan hijau yang suka berkelana. Hal ini dibuktikan dengan banyak klub yang pernah diperkuat oleh pria 55 tahun tersebut. Tercatat, dalam perjalanannya di jagat sepak bola ada enam klub Inggris dan satu kesebelasan asal Skotlandia pernah diperkuatnya. Dimulai dari Greenwich Borough F.C, 1985, lalu Crystal Palace F.C 1985-1991, berlanjut ke raksasa London Arsenal di 1991-1998, West Ham United tahun 1999, diteruskan Nottingham Forest F.C, Celtic, dan terakhir Burnley pada 2000.

Pria Inggris yang punya prestasi gemilang di sepak bola

Ian Wright meraih gelar juara [Sumber Gambar]
Selain sudah melanglang buana ke banyak klub Inggris, Ian juga terkenal sebagai aktor lapangan hijau dengan banyak prestasi. Bahkan capaian meliputi gelar individu dan bersama klub. Khusus untuk hal terakhir itu, kariernya bersama Arsenal bisa dikatakan paling gemilang. Bersama raksasa London itu dirinya merasakan Liga Inggris, FA Cup, Football League (Carabao Cup) dan Piala UEFA Cup pada musim 1993-1994. Sedangkan untuk capaian individu, pria berposisi penyerang sempat diganjar Top Skor, pemain terbaik Inggris, dan masih banyak lagi.

Sosok lapangan hijau punya anak pemain bola

Shaun Wright-Phillips dan Ian [Sumber Gambar]
Sebagai seorang pesepakbola yang handal, Ian juga menjadi sosok pemain berlabel bapak dan anak di olahraga ini. Ya, seperti banyak diketahui kedua anaknya yakni Shaun Wright-Phillips dan Bradley Wright-Phillips kini mengikuti jejaknya di lapangan hijau. Meski tidak pernah bermain bersama, tapi anaknya lumayan jago dalam mengolah si kulit bundar. Misalnya Shaun Wright-Phillips yang pernah bermain di Manchester City dan menembus skuad Inggris. Pesepakbola mungil itu pun juga terkenal memiliki kemampuan dribble bola yang bagus.

Ian Wright pemain dengan jumlah gol banyak

Gol Ian [Sumber Gambar]
Masih tentang Ian Wright, dalam kariernya ia bukanlah sosok penyerang bisa diremehkan. Selain handal dalam mengolah si kulit bundar, dirinya juga acap kali dijuluki sebagai predator kotak penalti. Memiliki kaki kanan dan kirinya yang sama-sama kuat, Ian kerap membuat pertahanan kesulitan jika dirinya sudah di dalam kotak penalti. Tercatat dalam kariernya, pria Inggris ini sudah mengoleksi 239 gol dari 501 pertandingan. Dan Arsenal menjadi tim yang paling banyak disumbang  gol oleh Ian. Di sana, dirinya sukses torehkan 128 gol dari total penampilan 221 laga.

BACA JUGA: Kenalan dengan Indriyanto, Mantan Timnas yang Sempat Ditransfer dengan Mahar 100 Perak

Berkaca dari kisah Ian tadi, sepertinya kisah tentang roda nasib terus berputar memang benar adanya. Di mana, di mulai dari transfer satu set timbangan berubah menjadi sosok penyerang di jagat sepak bola yang melegenda. Jadi untuk kalian sedang meraih mimpi jangan pernah menyerah.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

4 Selebgram Ini Ngamuk-ngamuk Usai Captionnya Dikoreksi oleh Akun @englishbusters

Cerita Jenderal Ganas yang Kerap “Naik Darah” dan Membuatnya Disegani Oleh Sukarno