Trending

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Kepindahan ibu kota ke Nusantara ini, sedang dalam proses. Salah satunya adalah pembangunan rumah dinas (rudis) menteri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pembangunan rudis para menteri ini menjadi sorotan publik beberapa bulan terakhir. Terutama oleh netizen, pasalnya penampakan rudis yang dinilai begitu mewah dan megah, menjadi sangat kontras dengan keadaan masyarakat yang ada di Indonesia. Berikut ulasan selengkapnya.

Proyek Pembangunan Rumah Dinas Menteri di IKN

Proyek pembangunan rudis para menteri di IKN rencananya akan selesai pada bulan Juni 2024. Pembangunan rudis ini diutamakan karena proses pemindahan sejumlah Kementerian direncanakan mulai bulan Juli 2024. Sejauh ini, sudah hampir 80% proses yang berjalan. Dari 36 rumah yang akan dibangun, sudah ada dua rumah yang telah selesai, beserta interior dan perabotan lengkap di dalamnya. Dua rumah tersebut merupakan contoh atau mock up rudis menteri di IKN.

Tampak depan rumah dinas menteri di IKN [Sumber Gambar]
Berdiri di lahan sekitar 1.000 meter persegi, rumah dinas yang disebut sebagai Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) ini memiliki luas bangunan 580 meter persegi. Terdiri dari 3 lantai, RTJM terlihat megah dan mewah bahkan dari luar. Desain interiornya pun tak kalah mewah, didominasi oleh marmer dengan lampu kristal.

Kritik Netizen

Rumah dinas menteri di IKN dinilai mewah [Sumber Gambar]
Netizen tak ketinggalan perihal pembangunan rumah dinas yang disiapkan untuk para menteri di IKN nantinya. Mereka melemparkan kritik yang menilai bahwa rumah dinas yang tengah dibangun ini dengan mewah. Beberapa di antaranya mengatakan bahwa rudis itu begitu mewah, padahal rakyat masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, untuk mendapatkan bahan pokok seperti beras saja, masyarakat masih harus antre dan berebut. RTJM dinilai begitu kontras dengan keadaan masyarakat yang ada di lapangan.

Rudis Dinilai Lebih Kecil

Abdullah Azwar Anas [Sumber Gambar]
Ditanya perihal mewahnya rumah dinas yang disediakan untuk menteri di IKN, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan pendapatnya. Bukan mengenai mewah tidaknya, namun melihat dari ukurannya. Menurutnya, jika dibandingkan dengan rudis menteri yang ada di Jakarta saat ini, RTJM di IKN memiliki ukuran yang lebih kecil. Baik itu dari segi tanah, hingga bangunan rumahnya. Ia pun juga menambahkan, bahwa interior dan perabot di dalam rumah tersebut menggunakan produk lokal. Mulai dari ubin sampai lampu.

BACA JUGA: 

Meski disorot oleh netizen perihal kontrasnya kemewahan rumah dinas para menteri di IKN, namun proyek ini juga memperlihatkan bahwa pemerintah berupaya untuk memanfaatkan produk lokal dan menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk para menteri agar bisa maksimal dalam bekerja ke depannya.

Share
Published by
H

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

2 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

2 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

2 weeks ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

3 weeks ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

3 weeks ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

4 weeks ago