Categories: Trending

5 Ritual Pesugihan yang Ternyata Masih Dilakukan Oleh Sebagian Orang di Indonesia

Indonesia memang bisa dibilang sudah mulai maju dan berkembang, namun orang-orang yang masih mengambil langkah mistis ketika berada dalam kesusahan juga masih banyak. Salah satunya adalah dengan melakukan pesugihan.

Baca Juga : 10 Jalan Pintas Menjadi Kaya Menurut Mitos

Pesugihan adalah sebuah ritual tertentu yang dilakukan dengan tujuan agar seseorang mendapatkan kekayaan. Kesulitan ekonomi dan tidak tahu lagi harus berusaha seperti apa membuat sebagian orang memilih jalan pintas dengan melakukan pesugihan.

1. Pesugihan Monyet

Pesugihan monyet konon berada di daerah Ngujang, Tulungagung, Jawa Timur. Dalam ritual pesugihan ini, pelaku harus menyediakan tumbal nyawa kepada makhluk gaib di makam Ngujang sampai pelaku ini meninggal. Setelah melakukan beberapa ritual tertentu, pelaku nanti akan mendapatkan monyet yang nanti harus dipelihara. Monyet inilah yang konon kabarnya bisa membantu pelaku dan membuatnya kaya.

Monyet di makam Ngujang [Image Source]
Jika pelaku pesugihan ini nantinya meninggal, ia harus bersedia tinggal di makam Ngujang bersama monyet-monyet lainnya. Warga sekitar meyakini bahwa monyet yang ada di sekitar makam Ngujang ini adalah jelmaan dari para pemuja pesugihan dan tumbal yang pernah diberikan dulu.

2. Pesugihan Nyi Roro Kidul

Pesugihan dengan bantuan Nyi Roro Kidul ini dipercaya bisa memberikan kekayaan yang tidak terbatas. Hanya saja, usia pesugihan ini hanya bertahan sekitar 7 tahun sebelum akhirnya hartanya mulai habis. Syarat yang diminta hanyalah dengan berhubungan badan dengan Nyi Roro Kidul pada malam-malam tertentu.

Ilustrasi Nyi Roro Kidul [Image Source]
Selesai berhubungan badan, Nyi Roro Kidul yang berwujud asli ular naga akan merontokkan sisik emasnya. Emas inilah yang nantinya bisa membuat si pelaku kaya. Jika masa kekayaannya berakhir, pelaku bisa meminta satu periode lagi, namun syaratnya berubah dan harus memberikan tumbal berupa nyawa orang lain. Jika periode kedua ini habis, selanjutnya pelaku yang akan menjadi tumbal dan menjadi pengikut setia Nyi Roro Kidul selamanya.

3. Pesugihan Siluman Kura-kura

Di Jimbung, Kabupaten Klaten Jawa Tengah, terdapat sebuah sendang atau kolam keramat yang dipercaya merupakan tempat tinggal 2 ekor siluman kura-kura. Konon kabarnya 2 ekor kura-kura ini dulunya adalah sepasang manusia yaitu Kyai Poleng dan Nyai Poleng.

Sendang Jimbung [Image Source]
Dua ekor kura-kura ini dipercaya bisa mengabulkan keinginan orang yang ingin kaya dengan cepat. Pemuja yang dikabulkan permohonannya dan menjadi kaya, di tubuhnya akan muncul bercak putih. Bercak ini lama-lama akan melebar dan semakin banyak seiring dengan bertambahnya kekayaan mereka. Jika seluruh tubuhnya telah menjadi putih, orang tersebut akan meninggal dunia.

4. Pesugihan Lewat Tuyul

Terkadang seseorang juga melakukan pesugihan dengan memelihara tuyul. Makhluk ini bisa dijadikan sebagai pekerja yang bertugas untuk mencuri uang seseorang. Hanya saja untuk memeliharanya, istri atau wanita di dalam rumah harus mau menyusui tuyul tersebut seperti anaknya sendiri.

Ilustrasi Tuyul [Image Source]
Jika tuyul tersebut suatu hari tertangkap dan disakiti, maka yang merasakan sakit bukanlah tuyul tersebut, tapi majikannya sendiri. Jika dipukuli sampai memar atau meninggalkan bekas luka, maka tubuh si pemilik lah yang akan terluka.

5. Pesugihan Gunung Kemukus

Gunung Kemukus dipercaya sebagian orang bisa memberikan keberuntungan dan kekayaan. Karena mitos inilah banyak orang berbondong-bondong pergi ke Gunung Kemukus. Ritual pesugihan yang dilakukan di sini banyak disorot karena melibatkan tindakan berhubungan badan dengan seseorang yang bukan pasangannya.

Gunung Kemukus [Image Source]
Menurut legenda, gunung ini adalah tempat pelarian pangeran Samodra dari Majapahit bersama kekasihnya yang juga ibu tirinya yaitu Nyai Ontrowulan. Ritual persetubuhan ini konon untuk mengenang cinta terlarang dua manusia ini.

Baca Juga : 5 Tempat Ini Dipercaya Sebagai Pusat Pesugihan!

Itulah sebagian pesugihan di Indonesia yang dipercaya bisa memberikan kekayaan bagi pemujanya. Sebenarnya, melakukan ritula pesugihan tidak akan menghindarkan dari kesengsaraan. Mungkin saja pelakunya bisa mendapatkan kekayaan sesaat di dunia, namun jika pada akhirnya dia harus mati tidak wajar, bukankah hal tersebut akan lebih menyiksa? Tidak hanya itu saja, tindakan pesugihan termasuk syirik dan dilarang dalam agama.

Share
Published by
Tetalogi

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago