Inspirasi

Mengenal R-Han 122B, Kendaraan Peluncur Roket Buatan Indonesia yang Disegani Dunia

Masalah militer, memang Indonesia sangat dipandangan di Asia Tenggara. Meskipun sering dianggap masih berkembang, namun nyatanya masuk dalam jajaran 20 negara dengan militer terkuat di dunia. Kecil-kecil cabai rawit, banyak negara dibuat segan dengan Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu, Indonesia membuat gebrakan lagi di dunia militer dunia. Pasalnya, negara kita sedang unjuk gigi mengenai kendaraan tempur buatan dalam negeri yang ditakuti dunia. Peluncur Roket R-Han 122B adalah alutsista terbaru Indonesia yang sedang dibicarakan itu. Lalu seberapa canggih kendaraan militer itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Kendaraan peluncur roket khas dalam negeri

Produksi alutsista Indonesia sejatinya tidak kalah dengan lainnya. Buktinya, banyak senjata militer buatan Indonesia yang nyatanya sering dilirik oleh luar negeri. Nah, yang paling baru adalah kendaraan Peluncur Roket karya anak bangsa bernama R-Han 122B.

R-Han 122B [sumber gambar]
Kendaraan ini sendiri adalah hasil kerja sama dari tiga badan yang berbeda, BUMN, BUMS dan Balitbang Kemhan. Bisa dibilang kalau R-Han 122 B ini adalah bukti integritas dari berbagai lembaga yang berbeda dalam mempertahankan Indonesia. Kendaraan militer ini sendiri sejatinya sudah beberapa kali percobaan dan masih ada beberapa proses yang harus dilewati sehingga bisa dinyatakan benar-benar ready.

Spesifikasi R-Han 122B yang mesti diakui

Lantaran hasil kerja sama dari tiga badan besar yang ada di Indonesia, jadi wajar pembuatan R-Han 122B ini tidak sembarangan. Buktinya, peluncur roket dari kendaraan ini ternyata punya 40 laras dan memiliki sistem pengisian yang sangat cepat. Bisa dibilang bisa bersaing dengan kendaraan militer serupa milik luar negeri.

Uji coba R-Han [sumber gambar]
Kendaraan ini juga lumayan canggih dengan sistem otomatis pada bagian loading, elevasi, azimuth, firing dan kalkulator balistik. Belum lagi, R-Han 122B punya daya luncur mencapai 30 kilometer jauhnya, jelas nggak kalah dengan alutsista negara lainnya. Dan lagi, adanya  kaliber 122 milimeter membuat peluncur roket ini makin ditakuti jika ada lawan.

Kendaraan anak bangsa untuk menggantikan yang lama

Salah satu yang jadi alasan mengapa alutsista canggih ini dibuat adalah untuk menggantikan kendaraan tempur jenis lama. Dilansir dari laman Kompas, saat ini militer kita masih menggunakan alutsista buatan luar negeri. Peluncur roket yang diimpor dari luar itu adalah Roket 122 MM, RM70, dan GRAD 40 yang dibuat oleh Cekoslovakia.

Bikinan dalam negeri [sumber gambar]
Alutsista tersebut sejatinya bukan kurang canggih, tetapi akan lebih baik lagi kalau menggunakan kendaraan tempur dalam negeri. Selain jadi sebuah ajang unjuk gigi, juga bisa dipakai promosi untuk usaha alutsista di luar negeri. Harapannya, tentu supaya Indonesia juga dipandang layaknya negara produsen senjata seperti negara lainnya.

Masih prototipe yang butuh disempurnakan

Meskipun dalam beberapa pengujian senjata ini dianggap sudah sangat bagus, namun ternyata itu semua masih belum cukup. Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B sampai saat ini masih dalam status prototipe dan mesti dilakukan beberapa pengembangan juga pengujian mendatangnya.

Masih prototype [sumber gambar]
Namun ada sangat besar peluang dari kendaraan tempur ini untuk diproduksi massal. Diharapkan, pada tahun 2024 Indonesia sudah mandiri dalam bidang alutsista, tidak hanya mampu memproduksi senjata sediri, namun kualitasnya juga jadi nomor wahid di dunia. Tentunya hal itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang telah memfokuskan mengenai rencana pengembangan alutsista untuk beberapa tahun ke depan.

BACA JUGA: Mengenal Komodo D5, Senapan Serbu Buatan Bekasi yang Tak Kalah dengan Varian SS Pindad

Meskipun masih dalam bentuk prototipe namun hasil uji coba lapangan dari R-Han 122B dianggap sangat bagus dan memuaskan. Tak menutup kemungkinan kalau kendaraan ini kelak bakal dikenal oleh dunia. Bahkan dipakai oleh negara-negara besar seperti Amerika atau Rusia.

Share
Published by
Arief

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago