Menjadi pengguna media sosial yang bijak memang susah! Tantangan, deh, bagi kaum milenial atau generasi di atasnya yang pengin eksis di media sosial. Tak terkecuali para public figure, yang kadang blunder terhadap apapun yang mereka tulis di media sosial atau tak sengaja terucap dan mendadak viral.

Seperti yang dilakukan 6 public figure tanah air ini. Baru-baru ini, kasus pencemaran nama baik menyeret nama Erin Taulany, istri dari Andre Taulany, yang menyebut Prabowo Subianto—Calon Presiden RI nomor urut 02, sinting di instagram story-nya. Berikut ini adalah deretan public figure tanah air yang juga dipolisikan gara-gara pencemaran nama baik.

Erin Taulany, mengaku akun instagramnya di-hack

Belum lama ini, nama Erin Taulany menjadi trending topic yang dibicarakan banyak orang. Hal tersebut dikarenakan, ia mengunggah foto-foto Prabowo Subianto yang tengah mendeklarasikan kemenangannya dengan menambahkan caption “sinting” dan “halu,” pada fitur instagram story-nya. Banyak netizen yang langsung menyerang Erin Taulany beserta sang suami, Andre Taulany.

Erin Taulany pencemaran nama baik [sumber gambar]
Jika melihat netizen yang lebih parah dari Erin, memang banyak. Namun, agaknya ia lupa bahwa dirinya adalah seorang public figure, terlebih lagi suaminya bukan sembarang orang. Akhirnya, Tim Prabowo-Sandi melaporkan Erin ke polisi atas tuduhan pencemaran nama baik. Hingga kini, Erin maupun Andre masih bungkam, hanya saja kemarin ia mengungkapkan akun instagramnya diretas orang dari 20 April 2019, dikutip dari hot.detik.com.

Ahmad Dhani, sampai mendekam di bui!

Bukan kasus baru lagi mengenai Ahmad Dhani. Sahabat Boombastis pasti juga hafal karena ikut mengawal kasus ini sampai akhir. Bagaimana banyak pecinta musik yang menyayangkan Ahmad Dhani terjun ke dunia politik, sebab dirinya lebih membanggakan jika tetap berada pada jalur musisi. Ahmad Dhani dilaporkan atas kasus pencemaran nama baik bukan karena Ahok.

Ahmad Dhani pencemaran nama baik [sumber gambar]
Dikutip dari tempo.co, rupanya ketika suami dari Mulan Jameela ini sedang mengikuti deklarasi 2019 Ganti Presiden di Surabaya, ia sempat melontarkan kata-kata “idiot” pada vlog yang direkamnya. Massa pun tak terima dan melaporkan Ahmad Dhani atas pencemaran nama baik. Kalau soal Ahok, ternyata kasusnya adalah ujaran kebencian yang ditulisnya di twitter.

Augie Fantinus, gara-gara tak cek ulang dulu

Bicara soal Asian Para Games 2018, bukan hanya mengenai opening ceremony atau sepinya dukungan untuk para atletnya saja, tapi nama Augie Fantinus juga enggak ketinggalan. Ia sempat mendekam di bui selama beberapa bulan atas kasus pencemaran nama baik. Kronologinya, kala itu, ia menjadi salah satu penonton Asian Para Games 2018 cabang lomba basket.

Kasus Augie Fantinus [sumber gambar]
Tak sengaja, ia melihat seorang polisi yang tampak bertransaksi tiket bersama dua orang di arena pintu masuk. Ia pun mengunggah hal tersebut ke akun instagram pribadinya dan menuduh aparat menjadi calo tiket. Padahal, yang sebenarnya terjadi adalah polisi tersebut membantu dua orang untuk membelikan mereka tiket karena tak bisa antri. Zaman sekarang, sih, bukan mulut lagi, tapi jarimu harimaumu!

Nikita Mirzani, bukan sekali dua kali

Pada tahun 2018 lalu, Nikita Mirzani dilaporkan ke polisi atas pencemaran nama baik kepada Jenderal Gatot Nurmantyo. Bermula dari cuitan Nikita di twitter yang menyebut dengan gamblang nama Jenderal Gatot Nurmantyo dan akhirnya berbuntut sebuah laporan ke polisi. Nikita pun tak gentar dan malah melaporkan balik tiga organisasi masyarakat dan dua akun media sosial atas pencemaran nama baik dirinya, dikutip dari liputan6.com.

Nikita Mirzani pencemaran nama baik [sumber gambar]
Kini, ia kembali diperiksa polisi terkait kasus yang sama. Padahal, dirinya adalah pelapor dan sanksi, tetapi banyak masyarakat yang berspekulasi bahwa Nikita bisa naik status menjadi tersangka dan terancam hukuman 5 tahun penjara. Oalah, Nyai Niki, Nyai Niki~

Lucky Hakim, dilaporkan balik oleh sosok yang ia laporkan

Nama Lucky Hakim juga pernah terjerat kasus pencemaran nama baik. Awalnya, ia melaporkan rekan kerjanya yang bernama Dini dengan tuduhan menggelapkan uang sebesar Rp8,8 miliar. Dini yang merasa tak pernah bekerja sama dengan Lucky Hakim melaporkan balik dirinya.

Lucky Hakim pencemaran nama baik [sumber gambar]
“Pak Lucky tidak ada dalam perusahaan tersebut. Itu yang harus digarisbawahi. Nama Pak Lucky Hakim dalam perusahaan tersebut tidak ada, sebagai pemegang saham pun tidak ada,” ungkap Dini, dikutip dari megapolitan.kompas.com.

Lyra Virna, pengin umrah berujung bencana

Seperti yang telah diulas Boombastis.com dalam artikel berjudul Diendorse Sambil Ibadah, 7 Artis Ini Malah ‘Ditinggal Kabur’ Agen Travel Saat Hendak Umrah, Lyra Virna adalah salah satu selebriti tersebut. Ia menuliskan kekecewaannya terhadap ADA Tour di media sosial karena membuatnya batal berangkat ibadah ke tanah suci.

Lyra Virna Ada Tour [sumber gambar]
Tak henti menuliskan kekecewaan dan kasus yang sedang dijalaninya, Lyra Virna malah dilaporkan balik oleh ADA Tour karena pencemaran nama baik. Akhirnya, ia menjadi tersangka karena melanggar Pasal 27 Ayat 3, Pasal 45 Ayat 3 UU no. 19 tahun 2016 tentang UU ITE, sebagaimana diberitakan metro.tempo.co.

BACA JUGA: Blunder! 5 Postingan Incess Syahrini di IG Ini Tuai Kontroversi dan Banjir Hujatan Netizen

Melihat kasus 6 artis di atas, kebanyakan memang bermula dari media sosial. Awalnya mau curhat biasa, malah terjerat UU ITE dan menjadi tersangka hingga dipenjara. Pesan moral yang dapat diambil, hati-hati dengan jarimu sekarang. Sebab, bukan hanya polisi yang mengawasi, tapi juga netizen~