Maraknya agen travel haji dan umroh membuat sebagian besar masyarakat Indonesia resah, tak terkecuali para selebriti. Mereka pun mulai memilah dan memilih untuk melakukan perjalanan ibadah sekaligus bekerja, alias endorse dari pihak agen travel. Namun, sebelum penipuan oleh agen travel haji dan umroh menjamur seperti sekarang, ada deretan artis yang pernah menjadi korban, loh.

Tak tanggung-tanggung, uang puluhan juta ludes dalam sekejap dibawa kabur oleh agen travel. Ada pula yang diminta bersaksi di persidangan atas penipuan yang dilakukan agen travel haji dan umroh dalam jumlah besar. Mungkin kalian pernah mendengar satu atau dua artis saja, namun kali ini Boombastis.com akan memberikan daftar lengkapnya.

Syahrini, harusnya dibayar Rp1 M malah harus menanggung biaya kerugian First Travel

Kasus penipuan agen travel haji dan umroh First Travel sempat menjadi perbincangan hangat pada tahun 2017. Hal tersebut dikarenakan agen travel ini juga menggandeng seorang artis papan atas tanah air untuk menjadi brand ambassador mereka. Ya, seperti yang sudah kita ketahui bersama, sosok tersebut adalah Incess Syahrini.

Syahrini First Travel [sumber gambar]
Berkedok endorsement, Syahrini diberi fasilitas pergi umroh serta paket tur ke Turki bersama 13 orang keluarganya. Selain itu, ia masih harus membayar uang Rp198 juta untuk tambahan lainnya. Meskipun umroh berhasil dilaksanakan, pada akhirnya Syahrini harus berangkatkan sejumlah jamaah yang ditipu First Travel sebagai bentuk tanggung jawab kontrak kerjanya.

Armand Maulana dan Dewi Gita, sudah bayar lunas untuk 6 orang tak jadi berangkat

Selain First Travel, agen travel haji dan umroh Abu Tours juga sedang dalam tahap penyelidikan sekarang ini. Pemiliknya, Hamzah Mamba sudah ditahan Polda Sulawesi Selatan dan ditetapkan sebagai tersangka. Siapa sangka di balik kasus penipuan agen travel haji dan umroh ini ada selebriti yang juga terlibat?

Armand Maulana dan Dewi Gita Abu Tours [sumber gambar]
Mereka adalah pasangan suami istri Armand Maulana dan Dewi Gita. Tak pernah tercyduk atas masalah rumah tangganya, sekali tercium problemanya malah ditipu oleh agen travel haji dan umroh. Dilansir dari grid.id, keluarga Armand Maulana sudah membayar lunas paket umroh dari Abu Tours sejumlah 6 orang, namun batal berangkat karena adanya kasus ini.

Kalina Ocktaranny, paspornya disita oleh pihak agen travel!

Sama seperti Syahrini, mantan istri Deddy Corbuzier ini juga pergi umroh dengan tawaran endorsement dari Ada Tour. Ia dijanjikan paket VVIP dari agen travel tersebut, ditambah lagi tur keliling Malaysia ketika transit. Namun, kejanggalan dirasakan Kalina Ocktaranny dan keluarga ketika mereka sampai di Negeri Jiran. Meskipun diijinkan berkeliling, paspor mereka ditahan oleh pihak Ada Tour.

Kalina Ocktaranny Ada Tour [sumber gambar]
Kalina sudah mencium bau-bau tak sedap dari perjalanan umrohnya kali ini, tetapi ia memilih untuk bungkam karena sudah terikat dengan perjanjian kerja. Sesampainya di tanah suci, ia pun tidak mendapat fasilitas seperti yang dijanjikan. Kamar tidur yang ditempati benar-benar apa adanya, tak ada embel-embel VVIP sama sekali. Selain itu, ia juga harus memesan tiket pulang ke tanah air sendiri.

Lyra Virna dan Fadlan, akun instagramnya sampai diblock oleh pihak agen travel

Sama seperti Kalina, aktris senior yang sudah hijrah, Lyra Virna juga ditipu oleh agen travel Ada Tour. Namun, berbeda dengan Kalina yang di-endorse paket umroh saja, Lyra Virna tampak menggunakan jasa Ada Tour untuk pergi berhaji. Biasanya, orang yang akan menggunakan jasa agen travel untuk berangkat haji plus harus menunggu paling tidak satu tahun untuk keberangkatan mereka.

Lyra Virna Ada Tour [sumber gambar]
Ternyata, hingga satu tahun lebih, Lyra Virna dan keluarga tidak segera mendapat kepastian berangkat. Terlebih lagi, mereka bukannya diĀ­-endorse tetapi murni dengan biaya sendiri. Bahkan, akun instagram pribadi Lyra Virna sampai diblock oleh agen travel serta dua pemiliknya. Wah, wah, wah, parah banget nih agen travel, hingga dua artis ternama kena getahnya.

Sulis, ditipu teman sendiri

Inilah bukti kenapa kita harus membedakan antara hubungan pertemanan dan relasi bisnis. Sulis, penyanyi cilik yang terkenal berkat Hadad Alwi ini ditipu oleh agen travel milik temannya sendiri. Ia diharuskan menginvestasikan uang sejumlah Rp400 juta yang akhirnya akan berakhir menjadi paket umroh.

Sulis Ditipu Agen Travel Umroh [sumber gambar]
Namun, setelah merasa ada yang tak beres, Sulis segera melapor ke polisi. Ia pun menghimbau masyarakat Indonesia agar berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan tawaran-tawaran agen travel. Padahal sudah milik teman sendiri, eh masih ditipu juga. Sedih banget.

7 artis tanah air ini sudah menjadi korban penipuan agen travel haji dan umroh. Boombastis.com harap, dengan membaca artikel ini, Saboom bisa lebih berhati-hati lagi ketika akan melaksanakan ibadah umroh. Cek lagi secara teliti sebelum memilih agen travel yang digunakan, kalau berakhir seperti 7 artis di atas, enggak lucu kan?