Categories: Trending

Inilah 5 Planet Alternatif Calon Pengganti Bumi

Jika selama ini kita berpikir bahwa bumi adalah satu-satunya planet yang bisa ditinggali oleh manusia, maka sepertinya pendapat itu akan terpatahkan. Di jagat raya yang luasnya luar biasa ini, ternyata beberapa ilmuwan dan NASA tidak tinggal diam begitu saja. Mengingat isu bumi sudah dalam keadaan yang semakin parah (global warming, penipisan atmosfer, kerusakan alam dan masih banyak lagi) bukan tidak mungkin jika suatu hari nanti bumi benar-benar tidak bisa ditinggali lagi bukan?

Baca Juga :7 Fakta Tentang Mata Yang Wajib Anda Tahu

Oleh sebab itu, dari masa ke masa, NASA terus melakukan eksplorasi ke galaksi lain yang tersebar di sejuruh penjuru jagat alam raya ini. Hasilnya? Mengejutkan sekaligus memberikan harapan bagi manusia di masa mendatang. Ada 5 planet yang diperkirakan bisa ditinggali oleh manusia karena kondisinya mirip dengan bumi lho! Di mana saja itu?

1. Kepler 22 – Planet Biru Kehijauan Mirip Bumi

Jika Anda melihat foto planet di bawah ini, pasti rasanya damai dan sejuk sekali ya? Bulan Maret 2009, NASA meluncurkan misi Kepler untuk mencari kemungkinan di luar sana, ada nggak ya planet yang kondisinya mirip dengan bumi? Anda pasti terkejut deh, kenapa?

Kepler-22 (c) mnn

Ternyata setelah 1,5 tahun misi ini dijalankan, di jagat raya ini setidaknya ada 2.326 planet yang diprediksi memiliki kesamaan dengan bumi. WOW, salah satunya adalah Kepler 22 ini. Ukurannya 2,4 kali dari ukuran bumi dan juga dilihat dari warnanya, diperkirakan ada air juga di sana.

Kerennya lagi, Kepler 22 memiliki tata surya yang pas, tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dari matahari yang menjadi pusatnya. Di sana juga ada orbit bintang, menjadikan Kepler 22 menarik untuk dieksplorasi lebih jauh lagi.

Selanjutnya :2. PSR B1257 +12 – Combo, di Galaksi Ini Ada Dua Planet Mirip Bumi

2. PSR B1257 +12 – Combo, di Galaksi Ini Ada Dua Planet Mirip Bumi

Bumi tercipta karena beberapa proses ilmiah yang sangat rumit dan jelas tidak bisa dibuat oleh manusia. Oleh karena itu, satu-satunya jalan untuk berjaga-jaga jika suatu saat bumi benar-benar sudah tidak layak ditinggali, adalah mencari ‘tempat tinggal baru’ di galaksi PSR B1257 +12. Memiliki sejarah penciptaan yang mirip dengan bumi, Astronom Aleksander Wolszczan mengeksplorasi dua planet di sana dengan lebih seksama.

PSR B1257 +12 (c) mnn

Harapannya, jika benar dua planet ini berpotensi untuk tempat tinggal manusia maka bukan tidak mungkin suatu saat manusia tidak lagi hanya tinggal di bumi. Yang bikin kagum, hampir di seluruh bagian dari dua planet ini dihiasi aurora tiap malamnya lho! Padahal di bumi, aurora hanya bisa terlihat di bagian utara saja.

Berbeda planet pasti beda kondisinya namun bukan berarti manusia tidak bisa menyesuaikan bukan? Tapi ini masih wacana dan juga ide awal belaka. Keadaan pasti di dua planet ini juga belum diketahui.

Selanjutnya :3. M-dwarfs And Brown Dwarfs – Seperti Negeri Dongeng

3. M-dwarfs And Brown Dwarfs – Seperti Negeri Dongeng

Langit berwarna coklat keputihan, sinar matahari tidak membakar dan juga ada tanah landai yang bisa untuk dipijak dan memungkinkan untuk ditanami pohon. Inilah M-dwarfs And Brown Dwarfs, planet muda yang ditemukan oleh NASA dan fotonya sungguh cantik luar biasa.

M-dwarfs and brown dwarfs (c) mnn

Melihat gambaran dari M-dwarfs And Brown Dwarfs seperti negeri dongeng. Walaupun di sana ditakutkan oksigen tidak sebanyak di bumi dan juga cuacanya masih berganti secara ekstrim, namun tetap saja ada harapan mengingat dua planet ini juga tidak berada terlalu dekat dari pusat tata suryanya.

Jika dilihat-lihat, kondisi di M-dwarfs And Brown Dwarfs seperti di Timur Tengah ya? Agak tandus, terasa cukup panas namun bukan berarti tidak bisa untuk ditinggali.

Selanjutnya :4. HD 113766 – Diyakini Layak Huni Untuk Manusia

4. HD 113766 – Diyakini Layak Huni Untuk Manusia

Sebenarnya, jika kita semua bisa menjaga bumi agar bisa bertahan hingga waktu kiamat tiba, sebetulnya NASA tidak perlu repot-repot mencari planet lain yang berpotensi untuk ditinggali. Tapi bagaimana lagi, bumi kita sudah seperti kayu yang kokoh namun makin rapuh karena kelakuan manusia sendiri. Mau tidak mau, kemungkinan untuk ‘ekspansi’ ke luar bumi.

Planet HD 113766 (c) mnn

Salah satu planet yang diyakini bisa untuk ditinggali manusia adalah HD 113766. Nathalia, pemimpin tim eksplorasi Kepler mengatakan bahwa planet ini ukurannya mirip dengan bumi, kondisinya juga mendekati bumi dan menurutnya, paling layak huni. Uniknya, planet ini dikelilingi dua cincin yang cukup tebal.

Usia planet ini juga tergolong masih muda (belum lama terbentuk) jadi masih bisa mendapatkan perubahan seperti menjadi lebih dingin, lebih panas atau yang lainnya. Semoga saja, HD 113766 memang bisa ditinggali ya.

Selanjutnya :5. Gliese 667 Cc – Penampakannya Mirip Lokasi Syuting Film

5. Gliese 667 Cc – Penampakannya Mirip Lokasi Syuting Film

Ketika melihat film yang bertema fantasi, ketika langitnya berubah menjadi keunguan maka pemadangan seperti itulah yang akan Anda dapatkan jika tinggal di Gliese 667 Cc. Planet ini walaupun tidak secerah bumi, namun berada di zona layak huni berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh NASA.

Gliese667 (c) wikipedia

Di sana, perbandingan mendapat cahaya dari pusat tata surya hanyalah berbeda 10% saja dari bumi. Ini berarti, malam hari di Gliese 667 Cc lebih panjang daripada pagi dan siangnya. Tapi sepertinya ini bukan masalah besar karena untuk yang tinggal di bumi bagian utara, mendapatkan malam hari lebih panjang sudah merupakan hal yang biasa.

Tapi kita tidak boleh gembira dulu, walau 5 planet ini memungkinkan untuk dihuni tapi letaknya jauh luar biasa dari bumi. Bisa dibayangkan dong biayanya untuk pindahan ke sana? Pasti tidak semua orang mampu bukan. Nah karena itu, mendingan kita jaga bumi baik-baik agar tidak perlu pindah ke mana-mana hingga akhir dunia tiba. Setuju?

Baca Juga Artikel Keren Ini: 6 Bangunan Bersejarah Paling Megah di Dunia

Share
Published by
Admin

Recent Posts

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

14 hours ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

2 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

3 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

5 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

7 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago