Profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dikenal ketat dan mengutamakan formalitas, tampakanya tak membuat sosok Phopi Ratna Agustina harus kehilangan jati dirinya. Unik, barangkali hal itulah yang bisa mendeskripsikan figur wanita cantik yang sangat multitalenta ini. Meski bekerja kantoran, toh Phopi ternyata juga dikenal sebagai pemusik handal.

Di sela-sela pekerjaannya sebagai pegawai di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat, siapa sangka jika Phopi merupakan seorang vo­kalis di salah satu band underground beraliran metal hardco­re bernama Lose It All. Musik, penampilan yang rocker abis, hingga skateboard, menjadi sesuatu yang sangat lekat dengan sosoknya. Daripada penasaran, yuk kita simak kisahnya berikut ini.

Sosok pegawai Disperindag UMKM yang juga menjadi musisi rock

Sehari-harinya, Phopi Ratna Agustina merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdinas di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat. Sama seperti pekerja kantoran pada umumnya, ia juga melewati siklus pergi pagi pulang sore mulai dari hari Senin hingga Jum’at. Meski demikian, ia juga tak lupa dengan duninya yang lain sebagai musisi band rock.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, ia baru menemukan sosok Phopi Ratna Agustina yang sesungguhnya. Tentu saja sebagai seorang musisi dari band metal yang bernama Lose It All. Posisinya sebagai seorang frontman alias vokalis, memberi warna tersendiri bagi grup musiknya itu. Padahal, Phopi yang hobi bermusik sejak remaja itu awalnya merupakan seorang drummer.

Tekuni segudang hobi menantang yang bikin laki-laki minder

Sebagai drummer, Phopi juga pernah mendirikan band beraliran skate-punk bersama teman-temannya yang dinamakan Monalisa. Baru di penghujung 2008, ia membentuk band lain yang bernama Lose It All dan menempati posisi sebagai vokalis hingga saat ini. Meski seorang perempuan, Phopi juga sangat menggemari aktivitas yang bisa dibilang ‘cowok abis’. Bukan tomboy, ia bahkan memiliki julukan sendiri untuk menggambarkan dirinya. ”Bukan tomboi yah, tapi gentle girl,” ucapnya diikuti senyum yang dikutip dari Pikiran Rakyat.

Menjelajah trek ekstrem memasuki hutan, naik dan turun gunung serta jurang, lalu memilih tebing terjal dan curam, hingga mengendarai motocross, adalah sederet kegiatannya yang bakal bikin pria minder. Tak hanya itu, Phopi ternyata juga sangat hobi mengendarai skateboard. Di dalam salah satu videonya, terlihat dirinya tengah meluncur di sebuah jalan dengan berpakaian seragam PNS lengkap. Tak lupa, momen tersebut sekaligus ia gunakan untuk mengucapkan Happy Skateboarding Day 2018.

Serba bisa dan pernah tekuni berbagai profesi

Selain bekerja sebagai pegawai negeri sipil, Phopi ternyata pernah bergelut dengan beragam bidang profesional lainnya. Tercatat, dirinya pernah menjadi guru pada salah salah satu SMK untuk jurusan perhotelan, pega­wai salah satu bank swasta hingga tim marketing di Hotel Aston Tropicana, Bandung. Pun saat dirinya berkuliah, profesi sebagai ba­rista juga pernah ditekuninya.

Phopi saat bekerja di kantornya sebagai PNS [sumber gambar]

Yang bikin salut, Phopi ternyata memiliki jiwa sosial yang tinggi dan kepedulian terhadap sesama. Saat itu, ia terlibat pada misi sosial mengajar anak-anak putus sekolah yang dilakukan bersama lembaga Per­serikatan Bangsa-Bangsa, UNICEF. Sebagai seorang wanita, Phopi juga hobi memasak dan membuat kue ketika berada di rumah. Metal oke, skateboard jalan, pinter masak dan bikin kue, duh mantep euy. Yang begini mah asli jadi idaman.

BACA JUGA: 15 PNS yang Cakepnya Kebangetan ini Bikin Kamu Makin Semangat Buat Ngelamar Jadi Pegawai Negeri Sipil

Keren bin paten! Mungkin, inilah ungkapan jujur dari mimin untuk menggambarkan seorang Phopi Ratna Agustina. Meski harus berkutat dengan pekerjaan sebagai seorang PNS yang lekat dengan aturan serba kaku dan formal, toh Phopi berhasil untuk tetap menjadi dirinya sendiri. Musik, skateboard, pegawai kantoran dan hal unik lainnya, adalah gambaran yang lekat dengan sosok Phopi. Satu lagi, wajahnya juga imut..hehehe…