Tuhan punya begitu banyak pintu rezeki yang bisa kita ketuk. Satu pintu tertutup, masih ada seribu pintu lainnya yang bisa jadi jalan rezeki untuk kita. Namun, semua kembali pada diri kita, sekeras apa usaha untuk mendapatkan rezeki tersebut. Banyak lho artis yang yang bisa dijadikan panutan agar kita tak mudah putus asa.

Sebagai contoh kecilnya saja nih, beberapa orang yang dulunya vokalis ngehits, namun nama besar mereka ternyata tak bertahan lama. Nggak sedikit pula yang memilih hengkang dari dunia tarik suara dan memilih profesi lain untuk ditekuni. Siapa aja sih, vokalis popular yang memilih banting setir?

Rizal Edwin Manansang

Trio Libels

Kalau kids jaman now sih nggak bakal kenal sama nama pria satu ini. Tapi, kalau kids jaman old barangkali masih ingat kalau dulu pernah ada grub vocal bernama Trio Libels. Grup satu ini sangat ngehits di jamannya. Rizal Edwin Manansang ini dulunya merupakan salah satu personilnya. Sekian lama berkarir bersama, namun ternyata Edwin Libels memilih untuk hengkang dari dunia tarik suara. Saat ini, pria kelahiran 17 Juli 1965 ini fokus sebagai PNS. Ia menjabat sebagai Asisten Deputi Kerjasama Ekonimi dan Multilateral di kantor Kementrian Koordinator Perekonomian dengan golongan IV/B.

Andre Taulany

Stinky Band

Nama Andre Taulany sangat melekat dengan grup Stinky. Di tahun 1990-an, beberapa lagu grup band tersebut sangat ngehits, bahkan nggak sedikit di antara kalian mungkin masih mengingat lagu berjudul “Mungkinkah”. Yup, lagu jagoan Stinky tersebut memang sangat meledak pada masanya. Namun, saat ini Andre tak lagi fokus dengan dunia tarik suara. Sekarang, ayah dari tiga orang anak tersebut lebih fokus menjadi pelawak. Selain kerap muncul di acara komedi di tv, rupanya Andre juga punya bisnis pusat oleh-oleh di beberapa kota seperti Malang.

Lee Jeong Hoon

Hitz

Pria yang berasal dari Korea Selatan ini dulunya mengawali karir sebagai salah satu member boyband Hitz. Saat pertama kali muncul, nama boyband tersebut memang melejit. Namun sayang, keberadaan boyband dan girlband di Indonesia hanya musiman, karena tak lama kemudian, hampir semua boyband dan girlband tenggelam dan kehilangan pamor mereka. Begitu pun dengan karir Lee Jeong Hoon sebagai vokalis yang langsung merosot. Lee memang sempat depresi dan kehabisan uang karena kehilangan pekerjaan, namun akhirnya ia berhasil bangkit, dan kini ia dikenal sebagai komedian dan juga presenter.

Eza Yayang

Eza Yayang dan Agnes Monica

Kalau pria satu ini mungkin lebih dikenal sebagai pemain sinetron. Dan saat ini, serial komedi terbaru Eza Yayang rupanya banyak digemari hingga memiliki episode yang lumayan panjang. Dalam sitkom Tukang Ojek Pengkolan, Eza berperan sebagai tukang ojek yang harus menghidupi keluarga dengan mengojek. Meski saat ini Eza lebih aktif di dunia akting, namun ternyata dulunya Eza merupakan vokalis band d.o.t loh. Bahkan, sebenarnya Eza memang memulai karirnya sebagai penyanyi cilik. Doi juga sempat berduet dengan Agnes Monica. Penasaran dengan lagunya? Bisa dong nonton di YouTube, judulnya Yess!

Once Mekel

Dewa 19

Lama nggak terdengar kabarnya, ternyata mantan vokalis Dewa 19 ini bekerja di balik meja. Pekerjaan apa tuh? Nggak jauh-jauh dari dunia tarik suara sih, cuma kali ini peran Once bukan sebagai penyanyi, melainkan direktur perusahaan rekaman. Menurut Once sendiri, bekerja di kantor bukanlah hal yang mengejutkan. Sebab, di masa lalu ia sempat mengalami rusak pita suara dan menyebabkan Once tidak bisa menyanyi sama sekali. Hingga kini, Once merasa bisa bebas saat bekerja, tak terikat dengan peraturan-peraturan yang harus ditaati, karena ia merasa menjadi bos bagi diri sendiri.

BACA JUGA: 8 Band Ini Ditinggal Pergi Sang Vokalis, Ada yang Nasibnya Memilukan

Yang namanya usaha memang nggak pernah mengkhianati hasil. Buktinya lima orang vokalis di atas berhasil bangkit, meski bukan sebagai penyanyi. Profesi baru mereka menjadi bukti, bahwa Tuhan punya banyak jalan untuk memberikan rezeki.