Categories: Olahraga

Ini Lho 6 Pesepakbola Top Yang Masih Keturunan Indonesia!

Membahas masalah sepak bola nasional memang masih jauh dari kata membanggakan, Terlebih baru-baru ini terkuak kasus sepak bola gajah yang melibatkan PSS Sleman dengan PSIS Semarang yang menghasilkan 5 gol yang kesemuanya adalah gol bunuh diri yang disengaja. Ditambah lagi timnas yang minim gelar bergengsi bahkan di tingkat ASEAN pun timnas Indonesia minor prestasi.

Baca Juga: 7 Transfer Pemain Sepakbola Paling Aneh di Dunia, Pemain Bola Ditukar Dengan Beras!

Tapi siapa sangka, ternyata banyak pemain sepak bola top keturunan Indonesia yang bermain di klub Eropa. Kebanyakan dari mereka berasal dari Belanda, tidak mengherankan karena berdasarkan sejarah Indonesia pernah dijajah Belanda, rupanya pada jaman dahulu banyak orang Indonesia dan Belanda yang menjalin cinta. Dari hubungan itulah lahir pesepakbola hebat. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Radja Nainggolan – Pemain Tengah Roma Berdarah Batak

Pemain bola top yang pertama berasal dari Belgia, namanya Radja Nainggolan. Ia merupakan bagian dari timnas belgia yang kini bermain untuk klub Liga Italia, AS Roma. Nainggolan ini ternyata berdarah Medan, semua keluarganya berdarah Batak.

Radja Nainggolan

Meski ia tak membela tim sepak bola Indonesia namun ia sangat cinta pada Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan terus memakai nama Nainggolan di jerseynya. Dan selama meniti karir sebagai pesepakbola di Italia, ia tidak pernah mengganti nama di kostum tim yang dibelanya. Salut!

Selanjutnya : 2. Nigel de Jong – Pemain Sangar Ber-Ibu Ambon

2. Nigel de Jong – Pemain Sangar Ber-Ibu Ambon

Bermain untuk tim nasional Belanda, Nigel de Jong juga memiliki darah Indonesia lho. Darah Indonesia yang dia miliki didapatnya dari sang ibu yang berasal dari Ambon, Maluku. Sementara ayahnya merupakan orang Suriname, tahu sendiri kan bahwa mayoritas penduduk Suriname adalah orang Jawa.

Nigel de Jong

Prestasi gelandang bertahan AC Milan ini cukup mentereng bersama Belanda. De Jong mampu membawa timnas Belanda ke final Piala Dunia 2010 di Afsel. Satu-satunya hal konyol yang ia lakukan adalah tendangan kungfunya saat piala dunia 2014 yang mengenai dada gelandang Spanyol Xabi Alonso.

Selanjutnya : 3. Giovanni van Bronckhorst – Kapten Timnas Belanda Keturunan Maluku

3. Giovanni van Bronckhorst – Kapten Timnas Belanda Keturunan Maluku

Siapa tak kenal Giovanni van Bronckhorst, kapten timnas Belanda di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan ini merupakan pemain Belanda yang aktif dari tahun 1996 hingga 2010. Siapa sangka pemain yang kini berusia 39 tahun tersebut merupakan peranakan Maluku.

Giovanni van Bronckhorst

Ia adalah pemain blasteran Indonesia-Belanda dari pasangan orang tua Victor van Bronckhorst dan Fransien Sapulette, yang asli Saparua, Maluku, jelas memiliki darah Indonesia. Prestasi yang dimilikinya adalah ia mampu membawa tim nasional Belanda mencapai final di ajang pesta sepak bola 4 tahunan terbesar di dunia.

Selanjutnya : 4. John Heitinga – Pemain Belanda Keturunan Indonesia Paling Kental

4. John Heitinga – Pemain Belanda Keturunan Indonesia Paling Kental

Lagi-lagi berasal dari negeri kincir angin, Belanda pemain bola yang kini merumput untuk Everton, John Heitinga ternyata juga masih keturunan orang Indonesia. Malah pemain satu ini memiliki kekerabatan yang paling kental dengan orang Indonesia. Alasannya adalah ia memiliki ayah yang lahir di Jakarta, sementara kakeknya Gijsbert Johanes Heitinga berasal dari pulau Belitung.

John Heitinga

Yang paling bikin salut dari pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini adalah bahwa ia tidak pernah malu mengakui bahwa dirinya mempunyai darah Indonesia. Bahkan pria 30 tahun ini pernah mengaku bahwa ia berasal dari Indonesia dan lahir di Jakarta dalam sesi wawancara di radio Nederland.

Selanjutnya : 5. Robin van Persie – Punya Nenek Dari Jawa

5. Robin van Persie – Punya Nenek Dari Jawa

Van Persie pernah mengatakan bahwa kalau saja ia punya hubungan dengan Indonesia itu karena kakek dan ayahnya bekerja di Hindia Belanda sebagai angkatan laut Kerajaan Belanda. Dari pernyataannya tersebut diyakini kalau pemain hasil binaan Feyenord ini memiliki darah Indonesia karena neneknya yang berasal dari Jawa.

Robin van Persie

Kini ia merupakan pemain andalan Manchester United dan timnas Belanda. Di MU sendiri ia mengukir prestasinya dengan membawa The Red Devils menjuarai liga Inggris ke-20 kalinya sekaligus menjadi top skorer liga di musim debutnya.

Selanjutnya : 6. Emilio Audero Mulyadi – Kiper Muda Juventus Berdarah Indonesia

6. Emilio Audero Mulyadi – Kiper Muda Juventus Berdarah Indonesia

Pemain terakhir yang memiliki darah keturunan Indonesia ini nama belakangnya Jawa banget, Emilio Audero Mulyadi. Nah dari nama belakangnya itu saja tidak usah diragukan lagi kalau ia punya darah Indonesia.

Emilio Audero Mulyadi

Remaja 19 tahun tersebut ternyata lahir di Indonesia lho, tepatnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Meski jelas-jelas berdarah Indonesia namun sayang ia hanya ingin memperkuat timnas Italia bukannya Indonesia.

Apakah Anda bangga saat mengetahui banyak pemain top dunia yang ternyata memiliki darah Indonesia? Terserah bagaimana Anda menyikapinya, semoga hal ini dapat menjadi pemicu semangat persepakbolaan nasional kita.

Artikel Bola Seru Lainnya: 7 Pemain Sepak Bola Eropa Yang Sukses Ini Ternyata Seorang Muslim Lho

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago