Akhir-akhir ini, Raditya Dika membuat sebuah konten YouTuber berjudul “5 Pertanyaan Tersulit.” Bukan ditujukan untuk netizen, tapi untuk beberapa public figure yang menurutnya pantas mendapat 5 pertanyaan tersebut—sudah seperti malaikat Munkar dan Nakir saja hobinya tanya-tanya. Belum lama ini, Deddy Corbuzier menjadi santapan Raditya Dika.

Bagi Sahabat Boombastis yang sudah paham dengan tabiat Deddy Corbuzier di YouTube, pasti tahu bagaimana dirinya. Dengan kata lain, netizen menyebut Raditya Dika cari mati dengan memberikan 5 pertanyaan tersulit kepada Deddy Corbuzier. Masa iya, sih? Kira-kira apa saja pertanyaan Raditya Dika untuk Deddy Corbuzier?

Marah-marah di YouTube, settingan?

Meskipun terkesan sepele, pertanyaan tersebut rupanya cukup sulit untuk dijawab oleh Deddy Corbuzier. Buktinya, ia sempat diam dan berpikir untuk beberapa saat hingga akhirnya menghela nafas panjang. Bukan hal baru lagi, jika Deddy Corbuzier kerap kali mengomentari banyak fenomena di kanalnya dengan nada yang tegas dan mengintimidasi.

Deddy Corbuzier suka marah-marah di YouTube [sumber gambar]
“Saya bukan bikin YouTube marah-marah, tapi pada saat saya marah-marah, saya bikin YouTube,” jawab Deddy Corbuzier. Sebagai penjelasan, Deddy bercerita bahwa penghargaan yang ia dapat dari America Magician Society enggak pernah diliput wartawan, tetapi ketika seorang YouTuber membuat konten grebek rumah selalu trending dan heboh. Bukan iri, maksud Deddy marah-marah adalah untuk mengedukasi penonton, “masa kaya gini doang lo tontonin, sih?”

Kenapa susah-susah olahraga tapi malah merokok?

Sesaat setelah bertanya pertanyaan sulit kedua, Raditya Dika sedikit terdiam dan mendengarkan jawaban Deddy Corbuzier. “Iya betul,” beberapa detik kemudian, “kenapa enggak?” Sontak Radit melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya yang disambut gelak tawa Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier ketahuan merokok [sumber gambar]
Tujuan awal Deddy berolahraga ternyata ingin membentuk badannya. “Gue enggak munafik, banyak orang pengin olahraga katanya biar sehat, padahal, buat ngecilin perut, biar kelihatan keren,” ujar Deddy. Ia juga merokok di depan kamera, karena menurutnya ia tak perlu menyembunyikan tentang dirinya dari hadapan publik.

Kalau memang ada keresahan, kenapa enggak mengungkapkan preferensi politik?

Ketika Deddy Corbuzier bertanya definisi preferensi politik, Raditya Dika menjawab “saya pilih siapa, saya maunya ini, politik Indonesia yang bener itu harusnya begini.” Dengan jujur, Deddy menjawab hingga saat ini dirinya masih belum tahu akan memilih siapa pada 17 April nanti.

“Kalau gue ngomongin siapa yang mau dipilih, kita enggak bisa bandingin Jokowi sama Prabowo. Kalau bandingin ya Jokowi sama Pak Habibie mungkin, karena Prabowo belum pernah jadi Presiden, jadi enggak tahu bagaimana dia mimpinnya nanti. Siapa tahu juga ternyata yang milih Presiden nanti bukan rakyat Indonesia, tapi ada global konspirasi di baliknya, yang milih ternyata Amerika, China, dan sebagainya,” jawab Deddy Corbuzier.

Siapa YouTuber paling nyebelin versi Deddy Corbuzier?

“Nyebelin apanya dulu, nih, karyanya atau?” tanya Deddy Corbuzier yang lalu dijawab “terserah” oleh Raditya Dika. Dalam cakupan yang luas, Deddy Corbuzier pun menyebutkan sebuah nama, padahal pertanyaan Radit diperbolehkan hanya menyebut ciri-ciri saja. “Gue enggak suka Baim Wong karena video dia isinya Rafathar semua,” ungkapnya.

Deddy Corbuzier tak suka konten Baim Wong dengan Rafathar [sumber gambar]
Namun, Deddy juga menambahkan, ketika Baim Wong mencoba membuat video mengenai hal lain malah lebih bagus. Pada intinya, Deddy merasa Baim Wong mendompleng popularitas Rafathar dan ia ingin karya-karya orisinil Baim lebih banyak lagi diunggah dalam kanal YouTube-nya.

Menjadi pesulap zaman sekarang masih menguntungkan enggak sih?

Persis diletakkan di belakang, ternyata pertanyaan ini adalah yang paling sulit di antara 5. Deddy Corbuzier akhirnya menjawab, jika bermain sulap hanya untuk naik ke atas panggung, enggak lagi menguntungkan. Kecuali, jika ada hiburan, komedi, perhitungan waktu, dan juga reaksi audiens mungkin bakal berhasil.

Deddy Corbuzier saat masih jadi pesulap [sumber gambar]
Deddy memberi contoh jika Raditya Dika melakukan stand up comedy ditambah sulap, pasti akan berhasil. Ia juga memberi contoh ketika Radit tadi sempat melihat aksi Deddy membengkokkan sendok, ia terkejut. Hal tersebut karena Deddy Corbuzier yang melakukan hal itu, karena image yang dimilikinya sudah kuat, sehingga orang akan kagum bukannya bete.

BACA JUGA: Raditya Dika Beri 5 Pertanyaan Sulit untuk Luna Maya, Ada Tentang Pernikahan Mantan Pacar!

Semua jawaban Deddy Corbuzier cukup smooth dan terlihat bahwa ia memang memiliki intelektualitas—bukan hanya mencari sensasi lalu diunggah ke kanal YouTube-nya. Wajar jika dirinya banyak mengunggah konten kritik terhadap suatu hal karena ia memang menginginkan sebuah perubahan dalam industri hiburan di tanah air. Beruntung Raditya Dika enggak mati beneran di akhir video.