Categories: Trending

Permainan Angklung di Pentas Dunia

Salah satu kebanggaan bangsa Indonesia adalah keberagaman seni dan budayanya. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah suku dan budaya terbanyak di dunia. Tidak heran, keberagaman ini membuat masing-masing daerah memiliki ciri khas masing-masing, termasuk dalam bidang seni musik.

Salah satu musik tradisional yang paling terkenal di Indonesia adalah angklung. Alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini bahkan telah mendunia. Berikut kita lihat penampilan alat musik berbahan bambu ini di pentas dunia.

1. Penampilang Angklung di Aberdeen International Youth Festival

Permainan angklung yang ditampilkan oleh Paduan Angklung SMAN 3 Bandung ini telah menarik perhatian semua orang yang ada di Aberdeen Hal tahun 2004 silam. Terbukti dari gemuruh tepuk tangan ketika mereka menyelesaikan permainan tersebut. Pihak dari Aberden Art Gallery menyatakan kekagumannya terhadap harmoni yang dapat tercipta dari alat musik sederhana tersebut.

Selanjutnya : 2. Angklung di Acara Heal The World, Australia

2. Heal The World

Permainan kali ini memang tidak dimainkan oleh pemain angklung profesional. Mereka yang berada di atas panggung adalah anggta dari University of Queensland Indonesian Student Association pada musim panas 2012 lalu. Mereka menampilkan permainan yang cukup baik ini dihadapan pelajar dari 24 negara berbeda lainnya.

3. Pemecahan Rekor Angklung di Beijing

Kali ini penduduk negara lain berpartisipasi dalam pemecahan rekor dunia pada tahun 2011 lalu. Sekitar 40 orang dari negara yang berbeda mengikuti permainan angklung yang sangat harmonis ini. Lagu yang dipimpin oleh seniman asal Bandung bernama Daeng Udjo ini mendapatkan gemuruh tepuk tangan dari penonton di Beijing Worker’s Gymnasium. Perhelatan ini terlaksana atas kerjasama Asosiasi Persahabatan Indonesia-Cina.

4. Permainan Angklung di Hamburg

Pada sebuah acara Indoensian di Universitiat Bremen, para pelajar Indoensia menampilkan aksinya. Ditambah dengan permainan gendang, mereka menampilkan lagu daerah Jawa Barat yang berjudul Pileuleuyan. Permainan angklung ini telah ditonton lebih dari lima puluh ribu orang yang mengunjungi situs Youtube.

5. Rekor Angklung di Washington Dc

Lebih dari lima ribu orang dari berbagai negara berkumpul di Washington Monument pada 9 Juli 2011 lalu. Mereka memainkan lagu secara kolektif diiringi band. Pemimpin dari permainan ini adalah seorang seniman yang berasal dari Jawa Barat. Para peserta tampak antusias memainkan alat musik sederhana ini.

Meski hanya terbuat dari bambu, ternyata angklung dapat menjadi instrumen indah untuk memainkan banyak jenis lagu. Tidak hanya orang Indonesia, seluruh dunia menikmati permainan musik ini. Sebagai orang Indonesia, kita tentu wajib melestarikannya. Ayo, angkat angklungmu.

Share
Published by
didi

Recent Posts

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

1 month ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago