Tips

Inilah 5 Faktor Penyebab yang Bisa Membuat Motormu Terbakar Tiba-tiba Saat Berkendara

Mungkin beberapa di antara kalian pernah melihat ada motor tiba-tiba terbakar di jalan. Padahal awalnya tak apa, namun si roda dua meledak begitu saja. Dari kejadian itu, biasanya para pengendara jadi agak was-was kalau kuda besi yang dimiliki mengalami hal serupa.

Rata-rata, para pengguna sepeda motor hanya mengira kendaraan roda dua bisa terbakar lantaran suhunya sudah kelewat panas. Namun, ternyata tak hanya itu saja Sahabat Boom (Saboom) penyebabnya. Masih ada lagi faktor lainnya yang bisa bikin motor kalian almarhum tiba-tiba. Mau tahu apa saja penyebabnya? Yuk disimak semua penjelasannya.

Modifikasi yang terlalu berlebihan

Salah satu penyebab motor bisa terbakar adalah karena modifikasi motor yang terlalu ekstrem. Yap, ternyata perubahan dari motor bisa membawa dampak yang begitu besar. Hal tersebut dapat terjadi lantaran ada komponen yang tidak saling support. Jadi secara tidak langsung, alat-alat tersebut korslet dan akhirnya bisa menghanguskan motor kalian.

Motor dimodifikasi terlalu ekstrem [Sumber Gambar]
Nah, untuk Saboom yang gemar melakukan modif terhadap kendaraan roda dua kalian, sebaiknya harus berhati-hati. Kalian bukan hanya memperhatikan keren atau tidaknya model modifikasi, tapi juga wajib untuk memeriksa komponen yang digunakan untuk perakitan. Sehingga kalian harus cari tahu dulu nih mana komponen yang baik untuk si kendaraan kesayangan. Jangan asal modifikasi aja, nanti bisa runyam kalau tiba-tiba korslet di tengah jalan.

Kabel motor yang bermasalah

Ada lagi Saboom penyebab selanjutnya, yakni kabel motor yang bermasalah. Biasanya ini terjadi karena modifikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Perubahan pada motor rata-rata bukan hanya bagian fisik saja, tapi juga komponen di dalamnya. Tak terkecuali ya bagian kabel itu tadi.

Kabel pada motor bermasalah [Sumber Gambar]
Penyebab kabel bermasalah bukan dari jenisnya yang tidak cocok pada motor, tapi juga karena pemasangan tak sesuai standar. Jadi, mau tak mau komponen di dalam kendaraan roda dua tersebut harus memaksakan untuk saling cocok layaknya berhubungan dengan mantan. Maka dari itu, motor akan meledak ketika kalian pakai berkendara.

Oli atau bahan bakar mengalami kebocoran

Kalian yang punya sepeda motor, pasti pernah mengalami kebocoran pada oli atau pun bahan bakar. Ya, peristiwa seperti ini memang sudah sangat wajar dan mungkin banyak disepelekan oleh pengguna motor. Namun, kalau hal tersebut dianggap kurang penting, bisa bahaya Saboom. Sebab, kebocoran pada oli atau bensin bisa memicu terjadinya kebakaran pada motor kalian.

Oli motor bocor [Sumber Gambar]
Nah, kalian pasti enggak mau kan hal ini terjadi? Oleh karena itu, mulai sekarang Saboom harus lebih peduli jika oli atau bahan bakar yang bocor. Untuk oli biasanya rembes karena seal retak atau pun pecah. Rata-rata ini terjadi pada motor yang sudah udzur usianya. Sehingga, komponen tersebut harus cepat-cepat diganti. Kalau bahan bakar bocor terjadi lantaran tanki sudah berkarat. Karat ini muncul diakibatkan air atau embun menempel pada tanki. Jadi, kalian harus lebih rajin nih untuk membersihkan tanki motor dari yang namanya air atau pun embun.

Kondisi mesin yang terlalu panas

Kalau faktor yang satu ini, dijamin kalian sudah tahu. Ya, itu adalah kondisi mesin yang panas berlebihan. Keadaan panas atau overheat pada mesin terjadi karena beberapa hal Saboom. Seperti motor dibawa berkendara terlalu jauh dalam kecepatan tinggi, terlalu menahan pada RPM maksimal, atau bisa juga lantaran pendingin mesin sedang mengalami masalah.

Mesin motor panas [Sumber Gambar]
Melihat faktor penyebab dari mesin panas, kalian berarti harus lebih rajin untuk servis si kuda besi. Kalau sudah waktunya servis, jangan pernah ditunda-tunda ya. Tak apa keluar uang, yang penting kendaraan roda dua kalian tidak mengalami panas berlebihan. Jangan samakan dengan hati kalian yang suka panas kalau ketemu gebetan dekat sama sahabat sendiri.

Jadi, itulah penyebab utama dari motor yang bisa terbakar secara tiba-tiba Saboom. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin modifikasi harus konsultasi dulu ke pihak bengkel supaya tidak ada kekeliruan. Lalu, jangan malas untuk servis motormu sesuai dengan jadwal.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

1 day ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago