Beberapa waktu lalu, seorang wanita yang masih berusia 30 tahun meninggal karena mengidap kanker. Penyakit yang divoniskan kepada dirinya adalah kanker kerongkongan. Mungkin kalian heran karena kanker kerongkongan biasanya hanya diidap oleh para lelaki lantaran kebiasaan tidak sehat seperti merokok atau mengonsumsi minuman keras.

Ternyata, wanita malang tersebut bisa menderita penyakit mematikan itu karena tidur setelah makan. Ia melakukan itu setiap hari selama beberapa bulan tanpa henti. Sehingga, wanita yang tidak diketahui namanya tersebut akhirnya mengalami infeksi pada kerongkongan dan juga lambung. Namun, usut punya usut ternyata kanker kerongkongan tidak hanya itu saja penyebabnya. Ada faktor lainnya seperti di bawah ini.

Suka mengonsumsi makanan dan minuman panas

Pasti di antara kalian suka sekali mengonsumsi makan dan minuman panas. Apalagi kalau cuaca sedang dingin, badan kita jadi terasa hangat karena mengonsumsi yang panas-panas. Namun, alangkah baiknya kalau kita mulai sekarang harus bisa menyingkirkan kebiasaan tersebut. Karena jika kita terlalu sering dan berani mengonsumsi makanan dan minuman dalam keadaan panas, dapat mengakibatkan munculnya kanker kerongkongan.

Mengonsumsi minuman panas [Sumber Gambar]
Dilansir dari doktersehat.com, bahwa makanan dan minuman panas bisa merusak sel rapuh yang dapat membatasi kerongkongan kalian. Memang sih sel rapuh sifatnya sangat kuat, namun jika terus disodorkan dengan makanan atau minuman panas, lama kelamaan akan rusak dan bisa mempengaruhi seluruh kerongkongan. Bahkan, jika sudah seperti ini, kanker kerongkongan akan lebih sulit untuk diobati.

Dari paparan asbes di rumah kalian

Bagi kalian yang rumahnya menggunakan atap asbes, lebih baik berhati-hati mulai sekarang. Lantaran paparan asbes bisa menyebabkan berbagai macam penyakit bagi orang yang sengaja atau tidak menghirup debunya. Salah satunya adalah penyakit kanker kerongkongan ini.

Dari paparan asbes [Sumber Gambar]
Nah, debu-debu pada asbes biasanya mengandung serat yang berbahaya karena di dalamnya terdapat bahan kimia. Lalu, debu-debu tersebut akan terhirup oleh manusia dan masuk melalui kerongkongan. Dari situlah, penyakit mematikan tersebut akan muncul dan menyebar ke seluruh kerongkongan. Jadi, untuk mencegah hal ini terjadi, coba periksa keadaan asbes di rumah kalian. Jika ada yang rusak, maka harus segera diganti karena debu bisa keluar lewat celah-celah asbes.

Kesehatan gigi yang jarang diperhatikan

Menggosok gigi ternyata bukan hanya untuk pencegahan munculnya bakteri lho. Namun juga karena untuk menjaga kesehatan mulut, gigi dan kerongkongan. Jika kita rajin merawat gigi, maka kemungkinan besar penyakit tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh.

Kesehatan gigi yang tidak diperhatikan [Sumber Gambar]
Jadi bisa dibayangkan kalau kalian sangat malas menggosok gigi. Maka bakteri bisa dengan mudah muncul dan menyebar ke seluruh bagian mulut dan kerongkongan. Akibatnya, kalian bisa mengidap penyakit kanker kerongkongan yang bakal muncul secara tiba-tiba. Pasti enggak mau kan kalian seperti itu? Yuk, mulai sekarang harus lebih rajin lagi untuk menggosok gigi.

Kurangnya mengonsumsi vitamin A

Seperti yang kita tahu, kalau vitamin A mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita. Ya salah satunya adalah untuk mencegah penyakit kanker. Namun, seiring bergesernya zaman, banyak orang yang kini lebih memilih makanan cepat saji dibandingkan mengonsumsi buah atau sayur.

Kurangnya mengonsumsi vitamin A [Sumber Gambar]
Padahal, makanan cepat saji sangat miskin dengan vitamin. Tapi karena rasanya yang enak, jadi orang-orang tidak bosan mengonsumsi makanan tersebut. Jadi, enggak heran deh jika banyak orang terserang penyakit ganas. Termasuk penyakit kanker kerongkongan yang dapat mematikan si penderitanya. Oleh karena itu, jangan pernah malas untuk makan buah dan sayur ya. Supaya badan kita sehat dan terhindar dari yang namanya kanker kerongkongan.

Penyakit refluks lambung kronis

Mungkin banyak di antara kalian yang belum tahu tentang refluks lambung kronis. Itu adalah kondisi medis yang dipicu karena melemahnya otot esophageal sphincter. Nah, jika tidak segera ditangani oleh dokter, maka asam lambung akan naik menuju ke bagian kerongkongan.

Penyakit refluks lambung [Sumber Gambar]
Kalau sudah naik ke bagian tersebut, maka jaringan yang ada di kerongkongan akan semakin lemah lho. Jika sudah begitu, risiko terjadinya kanker kerongkongan akan menjadi lebih besar. Sehingga, untuk kalian yang bermasalah dengan lambung, jangan pernah untuk disepelekan. Karena akibatnya akan sangat fatal.

Kanker kerongkongan ternyata bisa timbul karena kebiasaan yang kita lakukan. Oleh karena itu, mulai sekarang harus menghindari beberapa pernyataan yang sudah dijelaskan di atas. Memang bukan perkara mudah untuk mendeteksi timbulnya kanker kerongkongan ini pada tahap awal. Namun ada ciri-ciri tertentu yang bisa kalian ingat seperti sakit saat menelan, perubahan suara, berat badan menurun drastis dan batuk terus menerus. Kalau kalian mengalami gejala seperti di atas, bisa langsung diperiksakan ke dokter.