in

Memang Sih Nikmat, Tapi Tidur Setelah Sahur Ternyata Bisa Mendatangkan Banyak Penyakit

Rentan waktu 02.00-04.00 dini hari adalah prime time atau waktu paling nikmat untuk memejamkan mata dan bergelung di bawah selimut. Namun, di bulan Ramadan, seorang muslim harus bangun dan sahur agar kuat menjalankan ibadah puasa keesokan harinya. Karena hal tersebut, tak jarang masih ada yang masih makan dalam keadaan ngantuk dan kembali tidur setelahnya.

Apa yang sering dilakukan ini ternyata tidak baik untuk kesehatan loh. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh para pakar kesehatan, tidur setelah sahur bisa mendatangkan bahaya bagi tubuh. Apa saja yang akan dirasakan saat kamu melakukan hal ini?

Tidur setelah sahur [Sumber gambar]
Menurut dr. Deffy dari tim meetdoctor, tidur setelah makan membuat sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik, karena lambung tidak punya waktu mencerna apa yang baru diterimanya. Akibatnya, saat bangun dari tidur seseorang akan merasakan perutnya penuh, sembelit, atau juga pusing tiba-tiba. Selain itu, makanan yang belum dicerna secara sempurna bisa berbalik ke kerongkongan sehingga kadang menyebabkan mual.

Tidur setelah makan dapat menaikkan berat badan [Sumber gambar]
Selama ini mungkin kamu sering mendengar bahwa tidur setelah makan dapat mengakibatkan perut buncit dan naiknya berat badan. Faktanya pernyataan ini bukan hanya lelucon belaka. Saat setelah mengkonsumsi makanan berat seperti karbohidrat lalu langsung tidur, sari makanan yang tujuannya diubah menjadi energi menjadi tidak efektif.

Makanan akan berubah menjadi tumpukan lemak pada lapisan epidermis kulit. Inilah penyebab perut buncit dan naik berat badan yang ditakuti oleh banyak kaum hawa. Tidak hanya itu, tidur setelah makan jika dilakukan dalam jangka panjang bisa memicu refluks lambung dan menjadi awal mula menjalarnya kanker kerongkongan.

BACA JUGA: Dari Pusing Sampai Kematian, Inilah Bahaya yang Muncul Jika Tidur Terlalu Lama

Nasihat dari Pakar gizi, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGk, sebaiknya baru boleh tidur setelah setidaknya dua jam setelah makan sahur. Lebih baik lagi kalau setelah sahur mengerjakan kegiatan yang membuat tubuh bisa bergerak, olahraga atau jalan-jalan santai misalnya. Dengan melakukan beberapa aktivitas, kamu akan lebih semangat menjalankan ibadah puasa serta tubuh enggak gampang lemas. Sayangi dirimu, Sahabat Boombastis.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Mengenal K.H As’ad Humam, Sosok Berjasa yang Bikin Anak 90an Pinter Ngaji Al’Qur’an

Ironis! 5 Artis Ini Honornya Enggak Turun-turun, Ada yang Nunggu Sampai Setahun