in

Terpapar Asbes Setiap Hari, Awas! Penyakit Ini Bisa Menyerangmu Kapan Saja

Asbes memiliki fungsi yang cukup menguntungkan, sehingga banyak kalangan menengah ke bawah menggunakannya sebagai alternatif penyusun atap mereka selain genteng. Secara kekuatan, asbes tidak gampang rapuh, tahan panas dan juga harganya yang lebih terjangkau.

Namun di balik manfaatnya, ternyata asbes memiliki efek samping bagi kesehatan. Menurut beberapa penelitian, debu asbes memberi dampak karsinogenik. Bila terhirup dalam jangka waktu yang panjang, dapat menimbulkan kematian mendadak seperti dilansir dari laman halosehat.com. Lalu, selain menyebabkan kematian, apa saja ya kemungkinan buruk yang bisa menyerang kita?

Bisa terkena kanker langka

Dampak pada tubuh yang pertama adalah mesothelioma. Ya, penyakit kanker yang masih tergolong langka ini dapat menyerang tubuh ketika debu sudah terlanjur menumpuk. Menurut Sistem Kesehatan Inggris, mesothelioma tersebut bisa terjadi lantaran bagian kecil dari asbes ini terhirup setiap hari sehingga membuat debu menutupi organ paru-paru. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga kalau debunya juga menutupi bagian dalam dari perut.

Mesothelioma [Sumber Gambar]
Penyakit ini telah dialami oleh gadis remaja Asal Inggris bernama Macie. Dilansir dari Daily Mail, kalau penyakit mesothelioma tersebut mempunyai beberapa ciri. Contohnya seperti batuk yang disertai rasa sakit, napas lebih pendek, muncul benjolan di dada dan juga kelelahan. Nah, untuk penyakit mesothelioma yang juga menyerang perut, ada ciri tersendiri Sahabat Boombastis. Misalnya ada pembengkakan di area sekitar perut, penurunan berat badan dan juga diare.

Penyakit asbestosis yang tak dapat dihindarkan

Penyakit selanjutnya adalah asbestosis. Dilansir dari lionindonesia.org, jika penyakit ini terbentuk akibat munculnya jaringan parut di bagian paru-paru. Sehingga orang-orang yang menderita penyakit ini akan mengalami sesak napas. Selain itu, oksigen yang masuk dalam darah akan terganggu.

Asbestosis [Sumber Gambar]

Nah, para penderita asbestosis ini juga mempunyai gejala tertentu Sahabat Boombastis. Dikutip dari laman halosehat.com, tanda-tanda yang muncul adalah sesak napas, batuk terus menerus, muncul rasa sakit pada bagian dada dan hilangnya nafsu makan. Untuk kalian yang mengalami gejala seperti ini, lebih baik segera periksakan ke dokter ya. Sebab, jika sudah terlalu parah, asbestosis ini akan semakin sulit untuk diobati.

Berisiko menimbulkan kanker paru-paru

Penyakit berbahaya yang bisa menyambangi tubuh akibat debu asbes adalah kanker paru-paru. Sama seperti mesothelioma, kalau kanker paru-paru ini muncul karena debu asbes yang sudah memenuhi organ di dalam dada tersebut. Bahkan, sel kanker pada paru akan terus aktif jika tidak ada penanganan lebih lanjut Sahabat Boombastis.

Kanker paru-paru [Sumber Gambar]
Apalagi jika orang tersebut merokok setiap harinya, maka risiko terkena kanker paru akan semakin besar lho. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan ahli kanker di National Cancer Society. Menurutnya, para pekerja asbes aktif merokok berisiko lima kali lipat terkena kanker paru dibandingkan dengan yang non.

BACA JUGA: Sering Disepelekan, Ketahui 5 Penyebab Munculnya Penyakit Kanker Kerongkongan

Itulah penyakit-penyakit yang bisa muncul karena debu dari asbes. Sehingga, bagi Sahabat Boombastis yang rumahnya menggunakan asbes, disarankan untuk lebih berhati-hati karena debu bisa bertebaran di mana-mana. Oleh karena itu, kalian bisa mencegahnya dengan beberapa cara. Misalnya adalah tidak membiarkan makanan dan minuman terbuka begitu saja. Tutup dengan penutup gelas dan juga tudung saji agar lebih aman. Lalu, lebih sering untuk membersihkan rumah supaya debu asbes bisa hilang. Namun jangan lupa, ketika membersihkan rumah gunakan penutup hidung atau masker supaya debu tidak masuk ke dalam tubuh.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Auto Hebat, Inilah Raja-Raja Bulutangkis yang Dihajar oleh Anthony Ginting

4 Rumah Sakit yang Menjabat Predikat Bangunan Paling Angker di Indonesia