in

Ini 5 Buktinya Jika Puasa Itu Mencerdaskan Otak dan Membuat Hidupmu Lebih Teratur

Salah satu yang menjadikan bulan puasa ditunggu oleh setiap muslim adalah waktu di mana seseorang menambah pahala. Selain itu, survey kesehatan juga sudah membuktikan jika ibadah ini bisa membuat seseorang lebih sehat, walaupun tidak makan dan minum seharian.

Nah, ternyata selain menyehatkan ada banyak keuntungan lain yang bisa kamu peroleh ketika melaksanakan ibadah puasa, salah satunya adalah kecerdasan dan pola hidup yang lebih teratur. Kecerdasan seperti apa yang dimaksud di sini, mari kita simak dalam uraian di bawah ini.

Di bulan puasa kamu jadi lebih peduli dengan kesehatan

Tidur siang di masjid [Sumber gambar]
Di luar bulan puasa, kamu mungkin sering bepergian ke sana ke mari, tak peduli badan sudah sangat capek dan butuh istirahat. Namun, bulan puasa sepertinya hal seperti ini jarang sekali terjadi. Kamu akan lebih banyak beristirahat di rumah, saat liburan juga paling diisi dengan tidur siang. Sekali lagi hal tersebut tak lain karena kamu berpatokan pada ‘tidurnya orang puasa itu adalah ibadah’.

Menggunakan uang dengan sebaik-baiknya

Menggunakan uang dengan bijak [Sumber gambar]
Kalau poin ini tentu tidak diragukan lagi, dengan berpuasa seseorang bisa lebih bijak mengatur keuangannya. Pengeluaran untuk nongkrong dan kongkow bareng teman juga terpotong banyak karena berpuasa. Untuk yang sudah bekerja, menjadi berkah tersendiri tentunya, saat kamu bisa menabung untuk sekedar membeli baju lebaran, atau mungkin bagi-bagi THR kepada keponakan dan adik-adik. Intinya, moment puasa ini bisa menjadi berkah tersendiri untuk dompet dan tabungan kamu.

Cerdas mengatur waktu tidur dan bekerja

Bekerja lebih profesional saat ramadan [Sumber gambar]
Kalau hari biasa seseorang lebih suka tidur malam alias begadang, ketika bulan puasa hal tersebut biasanya agak dikurangi. Mengapa? Tentunya karena akan ada waktu sahur yang mengharuskan kamu bangun lebih awal dari biasanya. Waktu untuk bekerja yang suntuk sampai malam pun harus diberi kelonggaran, agar bisa melaksanakan sholat berjama’ah dan teraweh. Ya, berkah Ramadan satu lagi karena kamu akan lebih cerdas memilih waktu untuk bekerja dan beristirahat.

Lebih banyak menghafal doa dan amalan

Perbanyak amalan saat ramadan [Sumber gambar]
Bulan puasa adalah waktu di mana doa-doa dikabulkan dan permintaan terijabah. Akan sayang sekali bukan kalau kamu menyia-nyiakan hal ini. Makanya, Boombastis menyarakankan untuk Saboom (Sahabat Boombastis) semua memperbanyak amalan ketika puasa. Nah, jika kebetulan belum hafal, kamu bisa kok mencicil sedikit demi sedikit, menghafalkan doa-doa dan amalan baik. Selain melatih kecerdasan, hal tersebut bisa menjadi ladang pahala tersendiri untukmu.

Hafal waktu berbuka dan takjil enak

Menunggu waktu berbuka [Sumber gambar]
Berpuasa di bulan Ramadan membuat indera pengingat kamu menjadi lebih tajam. Kalau selama ini suka lupa waktu azan, ketika puasa kamu akan ingat di luar kepala. Bahkan, jadwal imsak ditempel di ruang makan agar tidak terlupakan. Jika selama ini malas-malasan untuk bangun pagi, maka bulan puasa membuatmu mau tak mau harus sahur. Selain itu, kamu jadi hafal betul di mana ada tempat takjil yang enak untuk menu berbuka. Kamu juga akan menghindari kata ‘terserah’ saat ditanya mau makan apa. Ramadan memang membawa banyak berkah dan perubahan baik dalam diri seseorang.

Nah, terbukti bukan jika bulan yang hanya datang setahun sekali ini membuat tingkat kecerdasan dan keterampilan seseorang meningkat. Untuk itu Saboom semua, mari kita sambut bulan suci ini denganpenuh suka cita. Ini adalah manfaat bulan puasa versi Boombastis, kalau kamu punya tambahan silakan tinggalkan komen di kolom komentar ya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Ali Fauzi, Mantan Teroris yang Sanggup Buat Bom dengan Bahan Sederhana

Sering Disepelekan, Ketahui 5 Penyebab Munculnya Penyakit Kanker Kerongkongan