Categories: Tips

10 Penyakit Yang Susah Dijelaskan Oleh Science

Science memegang peran penting bagi kehidupan manusia. Berkatnya, banyak hal-hal yang dulu cuma mitos atau sekedar dugaan aja, bisa dijelaskan dengan gamblang lewat rumus-rumus dan analisis. Tapi, masih ada beberapa hal yang masih belum bisa dipecahkan lewat sains. Seperti deretan penyakit aneh ini.

Baca Juga : Lima Manfaat Memperbanyak Istighfar dalam Kehidupan Sehari-hari

Gimana nggak, meskipun udah diteliti bertahun-tahun para scientist selalu gagal mendeskripsikan penyakit ini. Entah apa itu penyebabnya lebih-lebih cara mengobatinya. Sehingga akhirnya beberapa jenis penyakit hanya berakhir ribuan tanya kenapa bisa begini dan begitu tanpa ada jalan keluarnya.

Berikut 10 penyakit yang science pun gagal menjelaskannya.

1. Dancing Plague

Wabah yang ada hubungannya menari mungkin terdengar konyol untukmu. Tapi hal ini benar-benar ada dan jadi mimpi buruk. Hal aneh ini pernah menimpa warga Strasbourg, Perancis, di tahun 1518.

Dancing Plaque [Image Source]
Suatu ketika ada seorang wanita bernama Frau Troffea tanpa alasan yang jelas menari-nari seperti orang gila. Anehnya, kelakuan anehnya tersebut mengundang ribuan orang untuk mengikutinya. Setelah lewat beberapa minggu, banyak orang tersebut mati secara misterius. Nggak ada penjelasan apa pun kenapa hal ini bisa terjadi.

2. Encephalitis lethargica

Penyakit ini jadi wabah paling mengerikan di awal tahun 1900an. Encephalitis lethargica adalah kondisi dimana seseorang benar-benar sadar tapi dengan kondisi tertidur. Tentunya jadi hal yang aneh banget mengingat dua kondisi ini nggak mungkin terjadi di waktu yang bersamaan.

Encephalitis Lethargica [Image Source]
Diagnosa awal, si penderita bakal mengalami halusinasi luar biasa dan perlahan merasakan tubuh mereka seakan terkunci. Dokter pun gagal paham mengenai apa yang terjadi. Mereka hanya menerka-nerka kalau hal ini adalah akibat sistem imun lemah sampai virus.

3. Aquagenic Urticaria

Alergi bisa disebabkan banyak hal mulai dari makanan atau kondisi tubuh tertentu. Hampir semua jenis gangguan ini bisa ditangani namun untuk kasus Aquagenic Urticaria dokter pun bakal angkat tangan. Secara sederhana gangguan aneh tersebut bisa diartikan sebagai alergi air.

Ilustrasi Aquagenic Urticaria [Image Source]
Manusia hampir nggak bisa hidup tanpa air. Bahkan komposisi tubuh manusia pun mayoritas terdiri dari benda cair ini. Nggak terbayangkan gimana susahnya penderita alergi air ini bertahan hidup. Mandi, berkeringat, minum bakal jadi hal yang benar-benar menakutkan. Lagi-lagi ilmu pengetahuan nggak mengerti kenapa hal ini bisa terjadi.

4. Brainerd Diarrhea

Penyakit diare super aneh ini hanya dialami oleh penduduk Brainerd, Minnesota. Secara sekilas sih mungkin sama dengan gangguan pencernaan lain. Tapi jenis diare ini benar-benar menyiksa penderitanya.

Ilustrasi Brainerd Diarrhea [Image Source]
Gimana nggak setidaknya si korban bakal 20 kali bolak balik ke kamar mandi. Kalau menurutmu ini normal, kamu bakal kaget kalau penyakit diare ini bertahan hingga minimal setahun lamanya. Diare selama satu tahun bahkan lebih? Ini adalah mimpi buruk yang jadi kenyataan.

5. Stiff Person Syndrome

Kram atau kaku pada otot mungkin udah merupakan hal lumrah. Biasanya hanya perlu dengan penanganan ringan seperti dipijat atau diposisikan agar darah mudah mengalir. Namun hal tersebut nggak berlaku untuk seseorang dengan Stiff Person Syndrome.

Stiff Person Syndrome [Image Source]
Mungkin awalnya si penderita merasakan hal yang sama seperti kram biasa. Namun makin lama otot akan makin kaku hingga akhirnya korban benar-benar nggak bisa menggerakkan atau merasakan apa pun. Para ilmuan masih bingung dengan hal ini. Namun ‘dugaan sementara’ karena diabetes dan mutasi gen.

6. Nodding Disease

Seperti namanya, penyakit ini membuat si penderitanya nggak berhenti mengangguk-anggukkan kepala dalam waktu yang sangat lama. Gejala aneh ini ditemukan di Afrika Timur pada tahun 2010 lalu.

Nodding Disease [Image Source]
Sama sekali belum ada penjelasan ilmiah kenapa hal ini bisa terjadi. Namun dokter cuma bisa mengira aja kalau penyakit mengangguk ini lantaran parasit sampai kondisi malnutrisi.

7. Peruvian Meteorite Illness

Penyakit karena meteor mungkin jadi deskripsi yang sangat aneh untuk sebuah keabnormalan. Tapi, mungkin hanya itu alasan yang paling masuk akal walaupun kedengarannya konyol banget. Yup, penyakit meteor ini dialami oleh sebagian penduduk di Carancas, Peru.

Ilustrasi [Image Source]
Diketahui desa ini adalah tempat dimana sebuah meteor pernah jatuh dan membentuk semacam kawah. Setelah kejadian tersebut banyak penduduknya yang tiba-tiba mual hebat padahal sebelumnya baik-baik aja.

8. Twentieth-Century Disease

Penyakit aneh selanjutnya adalah Twentieth-Century Disease. Dilihat dari namanya, gangguan ini cukup aneh. Namun gampangnya, penyakit ini bisa diartikan sebagai sensitif berlebihan terhadap apapun yang berhubungan dengan metode kesehatan modern.

Twentieth-Century Disease [Image Source]
Yup, para penderitnya langsung merasa cemas begitu melihat berbagai produk medis modern. Mulai dari plastik sampai silikon. Anehnya, ketika mata mereka ditutupi nggak ada reaksi berlebihan yang terjadi. Namun, berbeda halnya ketika para pasien ini melihat langsung deretan benda tersebut.

9. Jumping Frenchmen of Maine Disorder

Namanya yang panjang ini bisa diartikan sebagai penyakit gampang kaget. Gangguan kesehatan unik ini pertama kalinya ditemukan pada tahun 1878 oleh George Miller. Seperti namanya, si penderita ini mudah terkejut dengan hal-hal kecil yang menurut sebagian orang adalah hal yang biasa aja.

Ilustrasi Jumping Frenchmen of Maine Disorder [Image Source]
Mereka bakal sangat kaget ketika kamu hanya memanggilnya. Mendengar sendok terjatuh pun para penderitanya bisa terkejut luar biasa. Lagi-lagi dokter cuma bisa menerka kalau penyakit ini adalah lantaran faktor genentis.

10. Porphyria Disease

Kamu pasti pernah nonton film horor tentang warewolf atau vampir dong? Nah, penyakit ini ada hubungannya dengan hal tersebut. Seperti yang kamu tahu kalau kedua mahluk ini nggak bisa terkena sinar matahari, penderita Porphyria Disease pun sama.

Porphyria Disease [Image Source]
Begitu si penderita terkena sinar matahari, maka kulit mereka tiba-tiba akan melepuh. Nggak cuma itu, keanehan lainnya poop mereka juga bakal langsung berubah warna menjadi ungu.

Baca Juga : 5 Penyakit yang Mengubah Manusia Menjadi Seperti Monster

Hingga detik ini nggak ada satu pun penjelasan secara gamblang dan detail kenapa deretan penyakit tersebut bisa terjadi. Para penderitanya pun hanya bisa pasrah menunggu keajaiban terjadi, atau setidaknya menunggu perkembangan ilmu kedokteran yang entah kapan datangnya.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago

Curhat 10 Tahun Menikah Diselingkuhi Suami dengan Adik Ipar, Mamah Dedeh Peluk Ibu Ini

Ustazah Dedeh Rosidah, atau akrab disapa Mamah Dedeh, menjadi salah satu penceramah yang begitu disukai…

3 months ago