Categories: Trending

5 Pengaruh Besar Indonesia yang Mampu Mengubah Dunia!

Indonesia memang tak sehebat dan semaju Amerika atau pun Jepang. Namun pengaruh Indonesia termasuk besar di dunia internasional, terutama di masa lalu. Indonesia adalah negara yang selalu mempelopori sebuah gerakan melawan penindasan. Tak hanya di kawasan Asia Tenggara saja. Pengaruh Indonesia bahkan sampai ke seluruh negara di Asia, Afrika, Eropa dan Amerika.

Di ulang tahun Indonesia yang ke-70 ini marilah sejenak kita mengingat kembali. Bahwa kehebatan dan pengaruh yang dilakukan Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Apa sajakah pengaruh itu? Monggo kita simak bersama-sama sambil diresapi!

1. Pelopor Konferensi Asia Afrika

Indonesia adalah salah satu pelopor Konferensi Asia Afrika (KAA). Bahkan ketua konferensinya adalah orang Indonesia bernama Ali Sastroamidjoyo. Konferensi yang diikuti oleh 29 negara di kawasan Asia dan Afrika ini dilaksanakan pertama kali di Bandung pada tahun 1955. Konferensi Asia Afrika bisa tercipta berkat buah pikir Soekarno dan beberapa rekannya yang berasal dari India, Pakistan, Srilanka, dan Burma (Myanmar).

Konferensi Asia Afrika [image source]
Konferensi ini bertujuan untuk menjalin kerja sama bidang ekonomi dan budaya. Selain itu hal penting lain yang dibahas adalah kolonialisme. Kawasan Asia dan Afrika harus bebas dari praktik kolonialisme yang kerap dilakukan bangsa dari Eropa. Masalah hak asasi manusia juga menjadi isu penting karena saat perang hak itu seakan hilang dari setiap warga negara. Indonesia memiliki peran besar dalam konferensi ini. Dampaknya, banyak negara kawasan Asia dan Afrika mulai berbenah untuk membangun negaranya sesuai hasil konferensi.

2. Pelopor Gerakan Non Blok (GNB)

Gerakan Non Blok adalah sebuah gerakan untuk menentang perang dingin yang dilakukan Blok Barat (Amerika dan sekutu) serta Blok Timur (Rusia dan kawan komunisnya). Perang ini telah membuat ketegangan dunia meningkat pasca perang dunia kedua. Indonesia tidak menginginkan hal itu terus terjadi. Akhirnya Gerakan Non Blok dibentuk. Bahkan Indonesia sebagai tuan rumahnya pada tahun 1992.

Gerakan Non Blok [image source]
Gerakan Non Blok yang menjalankan konferensi tingkat tinggi pertama di Jakarta menghasilkan beberapa rumusan. Soekarno, presiden negara kita saat itu ditugaskan menghadap Presiden Amerika, John F. Kennedi untuk menyampaikan rumusan itu. beberapa tahun kemudian presiden Soeharto yang menjadi wakil Indonesia merintis dialog antara negara berselisih di KTT G-7, Tokyo tahun 1993. Indonesia selalu mengusulkan penghapusan penjajahan di setiap ada KTT Ekonomi dunia. Hebat!

3. Pengaruh Indonesia di ASEAN Kepada Dunia

ASEAN adalah kumpulan negara kawasan Asia tenggara yang jumlahnya ada sepuluh. Indonesia adalah negara paling besar di kawasan ini. Pengaruhnya juga paling kuat. Indonesia mempelopori perdamaian beberapa negara yang konflik di kawasan ini seperti Thailand dan Kamboja. Selain itu Indonesia selalu dipercaya sebagai pemimpin ASEAN karena memiliki kebijakan yang sangat baik bagi seluruh negara kawasan.

ASEAN [image source]
Untuk dunia, kawasan ASEAN adalah tempat yang sangat penting. Dari segi kekuatan dan ekonomi, ASEAN paling kuat kedua setelah Uni Afrika. Meski banyak negaranya belum maju seperti kawasan Asia Timur, Namun ASEAN mampu menampakkan peran nyata. Semua hal bisa terjadi karena Indonesia memiliki peranan yang sangat besar untuk semuanya!

4. Peranan Indonesia Dalam PBB

PBB atau Perserikatan Bangsa Bangsa adalah kumpulan negara yang memiliki tujuan untuk menghentikan perang di dunia. Mengawasi negara dan membuat ketentraman. Meski saat ini PBB tak begitu berperan banyak dalam perdamaian dunia. Hal ini bisa dilihat dari masih adanya perang di bumi ini, padahal era sudah sangat modern. Negara yang kuat selalu memiliki kepentingan tersembunyi dan menguasai organisasi besar seperti PBB.

PBB [image source]
Meski Indonesia tak memiliki kekuatan sebesar Amerika atau Inggris di PBB. Tapi negara kita memiliki peranan yang  sangat besar. Bahkan selalu menjaga perdamaian dunia. Buktinya, Indonesia telah berkali-kali mengirim pasukan perdamaian dunia sejak 1957 hingga tahun 1990-an. Puluhan tentara Indonesia ikut mengubah konflik menjadi sebuah perdamaian yang selalu menjadi cita-cita PBB. Well, kecil sih peranannya dalam organisasi, tapi cukup besar untuk negara yang sedang mengalami konflik! Itu yang penting!

5. Bulu Tangkis Mengubah Dunia!

Siapa bilang olahraga tak bisa mengubah dunia? Bisa! Indonesia melakukannya dengan sangat baik. Dulu, ya dulu sekali. Indonesia adalah negara yang sangat terkenal bulutangkisnya. Dalam setiap kejuaraan dunia, Indonesia selalu bisa bergaung. Akibatnya, banyak negara yang berguru kepada Indonesia. Bahkan negara yang menjadi asal olahraga tepok bulu ini, Inggris, mengakui kehebatan Indonesia.

Juara dunia Bulutangkis [image source]
Lalu di mana letak mengubahnya? Olahraga ini jadi trend dunia. Banyak negara jadi mengirim wakilnya ke Indonesia. Dampaknya, hubungan dua negara akan membaik. Selain itu, saat ini pamor bulutangkis nyaris menyamai sepak bola. So, jika sudah sama-sama suka, konflik bisa disingkirkan. Lalu perdamaian dunia akan terwujud dengan baik. Ya, walau tak begitu kuat. Namun setidaknya sudah mampu mengubah walau sedikit!

Itulah pengaruh-pengaruh Indonesia yang mampu mengubah dunia jadi lebih baik. Semoga di era yang akan datang peran ini akan semakin banyak. Kan calon-calon pemimpin negara ini adalah anda! Pasti negara ini akan menjadi hebat jika anda pimpin, setuju?

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

2 months ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 months ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago