Categories: Tips

Pengakuan Sugianto Sabran Berujung Penangkapan Wakil Ketua KPK

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto ditangkap Bareskrim Polri atas laporan Sugianto Sabran. Sugianto merupakan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2014-2019 dari Daerah Pemilihan Kalimantan Tengah.

“Kasusnya berdasarkan Laporan Polisi : LP/67/I/2015/Bareskrim tertanggal 15 Januari 2015,” ungkap Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Jumat (23/1).

Pengakuan Sugianto Sabran Berujung Penangkapan Wakil Ketua KPK

Laporan 15 Januari 2015 merupakan yang kedua kali dilayangkan Sugianto. Sebelumnya, dia pernah melaporkan Bambang Widjojanto pada rentang waktu 2010 hingga 2011. Namun, laporan pertama itu tak berlanjut.

Dua laporan yang dilayangkan ke Polri berisi sama. Sugianto menduga Bambang Widjojanto mengarahkan para saksi untuk memberi keterangan palsu dalam setiap sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi. Apalagi sejumlah saksi yang pernah diajukan tim Ujang Iskandar-Bambang mengaku telah berbohong di persidangan.

“Saya kaget ada beberapa saksi yang meminta maaf dan membuat pernyataan di notaris bahwa mereka menyatakan bersalah kepada warga Kobar (Kotawaringin Barat). Mereka bilang diarahkan oleh BW, Ujang Iskandar dan kawan-kawannya untuk berbohong,” kata Sugianto, Jumat (23/1).

Seperti diketahui, 12 Juni 2010, KPU Kotawaringin Barat menetapkan pasangan Sugianto-Eko sebagai kepala daerah terpilih dengan perolehan 67.199 suara. Pasangan Ujang-Bambang hanya meraih 55.281 suara. Namun, 16 Juni 2010, pasangan Ujang-Bambang melalui kuasa hukum dari Kantor Widjojanto, Sonhadji, & Associates mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilu kada ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Pada 7 Juli 2010, MK mengabulkan gugatan membatalkan penetapan pemenang pemilu kada oleh KPU, mendiskualifikasi pasangan Sugianto-Eko. MK langsung memerintahkan KPU Kotawaringin Barat untuk menerbitkan surat keputusan yang menetapkan pasangan Ujang-Bambang sebagai bupati dan wakil bupati terpilih.

Share
Published by
Adys Disty

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

18 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago