Olahraga

Selain Andik Vermansyah, Pemain Indonesia Ini juga ‘Dizalimi’ di Liga Malaysia

Baru-baru ini pencinta sepak bola Indonesia dikejutkan dengan kabar perkelahian Andik Vermansyah di kompetisi Malaysia. Sebagai seorang pemain asing, apa yang dilakukan mantan Persebaya ini adalah sebuah hal yang langka. Pasalnya pesepakbola tanah air yang berkiprah di kompetisi luar negeri lebih terkenal tenang, santun, dan selalu mencoba menghindar dari hal-hal yang merugikan.

Usut punya usut perkelahian Andik sendiri terjadi saat timnya yakni Kedah FA bertemu dengan Kelantan FA. Saat itu dirinya menerima perlakuan yang tidak mengenakan. Dilansir laman Indosport, pemain asal Jember itu diduga menerima sikutan dari lawannya Khairul Asyraf. Hal tersebut menyebabkan bibir pemain mungil ini berdarah. Bahkan dirinya juga harus rela diganjar kartu kuning padahal dirinya menjadi yang dirugikan.

Kisah tidak mengenakan dialami Andik Vermasyah juga sempat terjadi kepada Robby Darwis. Bahkan mantan kapten tersebut harus diskorsing atau larang bertanding selama empat bulan. Dilansir laman Historia, pemain bertahan andalan Timnas itu dituduh menendang kaki wasit padahal ia mencoba melerai pertengkaran anggota timnya. Kisah ini semakin sedih lantaran waktu ia baru saja menjalani pertandingan pertamanya dengan kompetisi Negeri Jiran.

Robby Darwies [Sumber Gambar]
Hal tidak mengenakkan mantan nakhoda Persib Bandung itu membuat kiprahnya tidak berjalan mulus. Dirinya bisa dikatakan tidak banyak merumput bersama klubnya yakni Kelantan FA. Alhasil, kiprahnya di Negeri Jiran hanya berjalan satu musim saja dan memutuskan kembali bermain di kompetisi tanah air. Padahal di tahun 80-90 an Robby Darwis bukanlah pemain bertahan sembarangan, ia adalah pemain yang hebat dan lugas dalam menjaga pertahanan.

Timnas era 1987 [Sumber Gambar]
Selain tuai cerita kelam di kompetisi Malaysia, pria berusia 53 tahun ini saat itu juga gagal memperkuat Timnas di event SEA Games 1989 Kuala Lumpur. Dilansir laman Bolasport, hukuman yang diterimanya dikuatkan oleh FIFA sehingga ia gagal bermain untuk Tim Merah Putih. Kejadian ini juga berdampak pada munculnya isu konspirasi untuk menggagalkan ia memperkuat Timnas.

Gara-gara hal itu juga hubungan federasi sepakbola kedua negara juga bersitegang. Namun di balik itu, cerita Robby Darwis dan Andik Vermasyah ini menjadi bukti apabila berkarier di luar Indonesia tidak selalu mudah. Jadi sangat tak adil apabila kita sebagai insan bola membully mereka yang sekarang berkiprah di kompetisi negara lain.

Share
Published by
Galih

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

4 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

2 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

4 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago