Saat ini melihat beberapa pemain Eropa ingin berseragam Tim Merah Putih, tentu bukanlah hal mengejutkan. Pasalnya, pasca metode naturalisasi digunakan oleh organisasi, memang banyak pesepakbola manca mengirim kode ingin membela panji garuda. Meski menjadi hal yang wajar kini, tapi untuk sebagai orang hal semacam itu merupakan sesuatu yang aneh.

Hal ini lantaran, jika kita melihat kondisi sepak nasional bisa dikatakan selalu carut marut. Ditambah lagi acap kali rasakan kegagalan di kejuaraan-kejuaraan Asia Tenggara atau Asia. Apakah mereka gabung lantaran suporter? Apakah disebabkan ingin bermain level internasional? Entahlah apa jawabnya. Dari pada pusing-pusing memikirkannya, yuk mari kita lihat deretan pemain Eropa yang kabarnya ngebet berseragam Timnas.

Pemain HNK Gorica Joey Suk

Bukan hal yang mengejutkan jika sosok satu ini masih terdengar asing namanya. Ya, memang sebagai pemain Joey Suk bukanlah kategori top di Liga Belanda. Namun. Meski begitu, keinginan berseragam Timnas tidaklah bisa untuk diremehkan.

Joey Suk berbaju Timnas [Sumber Gambar]
Punggawa HNK Gorica beberapa waktu yang lalu sempat mengunduh foto memakai baju latihan Timnas di pusat kebugaran. Selain itu, pada tahun 2011 lalu, ia sempat hampir pindah kewarganegaraan Indonesia. Dilansir laman Kumparan.com, ia sempat mengungkapkan kalau akan menjadi kebanggaan kalau berkostum Timnas.

Punggawa klub Reading berdarah Wonosobo ingin perkuat Timnas

Selain Joey Suk, pemain klub Inggris Reanding berdarah Wonosobo yaitu Darren Sidoel juga menyimpan gairah untuk kenakan seragam Indonesia. Dikutip dari laman Bolalob.com, pemain 20 tahun ini mengaku kalau PSSI mengundangnya untuk membela Timnas, ia berujar akan senang hati mempertimbangkan untuk berseragam Indonesia.

Derren Sidoel baju Timnas [Sumber Gambar]
Wahhh gimana nih sobat apa kalian setuju jika ia bergabung? Sebagai pemain Darren Sidoel memulai karier dengan akademi sepak bola Ajax. Bahkan saat berseragam Jong Ajax, asal Suriname ini sukses merengkuh gelar juara. Prestasinya tersebut lah yang pada akhirnya antarkan Darren bermain di Divisi Championship Ratu Elizabeth.

Jordy Tutuarima ingin bermain di AFF

Tidak berhenti di dua punggawa tadi, Jordy Tutuarima juga menjadi pesepakbola benua biru yang ingin membela panji merah putih. Hasyarat tersebut diketahui saat ia sempat mengungkap keinginannya membela Indonesia sebuah kejuaraan. Dilansir dari laman Kompas.com Jordi ingin bermain di ajang AFF 2018 lalu.

Jordy Tutuarima bermain di lapangan [Sumber Gambar]
Dilansir dari Bolasport.com, harapan tersebut pupus lantaran pihak PSSI belum menghubunginya untuk di naturalisasi. Berkat kondisi tersebut, ia sempat meminta bantuan rekannya yaitu Stefano Lilipaly untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Saat ini Jordi Tutuarima bermain untuk klub Liga Belanda De Graafschap.

Sandy Walsh berharap membela Timnas di kulifikasi Piala Dunia 2022

Nama lain yang tidak kalah ingin bergabung dengan skuad Garuda adalah Sandy Walsh. Bahkan pemain berkarier di Belanda ini kerap mengirim kode-kode lewat postingan Instagramnya kalau ingin membela Timnas. Seperti contohnya kalau ia mengunggah foto pelindung tulang kakinya bergambar garuda.

Sandy Walsh Timnas [Sumber Gambar]
Selain hal tersebut, kabarnya pada ajang AFF 2018, ia hampir memperkuat Tim Nasional. Tapi, lantaran tidak ada gerak cepat PSSI Sandy gagal bergabung. Dilansir Boombastis dari Bolalop.com, walaupun gagal ketika ajang Asia Tenggara, tapi pemain klub Belgia ini tetap menyimpan keinginan tampil bersama Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022.

BACA JUGA: Inilah 5 Pemain ‘Indonesia’ yang Mempunyai Harga Mahal di Kompetisi Eropa

Melihat keinginan mereka membela panji Timnas, tentu menjadi hal patut diapresiasi. Apalagi kalau dalam kiprahnya membela Indonesia bisa tunjukkan penampilan bagus, pastinya menjadi hal yang sangat luar biasa. Besar harapan meski banyak pemain ingin dinaturalisasi PSSI tetap memberikan porsi yang seimbang untuk para pemain asli Indonesia.