in

Inilah 5 Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Cetak Gol Atas Nama Negara Lain

Dalam dunia sepakbola dunia, ternyata bukan hanya pemain naturalisasi yang pernah membela Indonesia sekaligus negara lain. Pada kenyataannya, beberapa pemain Timnas Indonesia pun pernah begitu.

Ya, mereka pernah membobol gawang lawan atas nama bangsa lain, bukan tanah air kita tercinta. Meskipun begitu, kiprahnya di Timnas juga nggak bisa dianggap remeh, pun mereka berhasil membawa nama Timnas melambun tinggi. Siapa saja kira-kira mereka yang dimaksud di atas? Simak dalam ulasan berikut.

1. Christian ‘El Loco’ Gonzales, Membela Timnas Uruguay

Siapa yang nggak kenal dengan striker andalan tanah air ini? Meski dirinya bukan penduduk asli Indonesia, namun banyak orang yang mengapresiasi jasanya untuk tanah air.

Gonzales Timnas [image source]
Meski begitu, rupanya sebelum menjajaki Indonesia, Gonzales pernah lebih dulu memperkuat skuad Uruguay pada sekitar tahun 2000an. Berbeda dari posisi yang didudukinya di Indonesia yaitu striker, ia membela Timnas Uruguay dengan posisi bek sayap dan gelandang.

2. Raphael Maitimo, dari Belanda Menuju Bandung

Mungkin sebagian besar orang mengenal Maitimo karena ia pemain naturalisasi. Padahal, jika dilihat kiprahnya, ia merupakan pencetak gol terbanyak untuk Persib Bandung pada musim ini.

Maitimo Timnas [image source]
Rupanya, sebelum membela tanah air, dirinya lebih dulu berjuang di Negeri Van Oranje pada sekitar tahun 1997 hingga 2000. Ia membela Timnas junior Belanda pada kurun waktu tersebut hingga akhirnya pindah ke Indonesia dan berlaga di sini.

3, Stefano Lilipaly, Berjuang Bersama Maitimo

Sama seperti Maitimo yang pernah membela Timnas Belanda, Lilipaly pun begitu. Dilansir dari bolasport.com, ia juga pernah ikut andil dalam tim junior Belanda tersebut.

Lilipaly Timnas [image source]
Pesepakbola kelahiran Belanda, 10 Januari 1990 ini mengaku pernah membela Timnas Belanda U-15, U-16, serta U-17. Rupanya kebanyakan pemain naturalisasi kita pernah membela negara ‘rumah’ mereka, ya.

4. Ezra Walian, Asli Indonesia yang Membela Negara Lainnya

Berbeda dengan pemain-pemain di atas yang memang kebanyakan bukan orang asli Indonesia. Ezra merupakan pesepakbola yang lahir di Indonesia, namun menandatangani kontrak dengan Timnas Belanda U-17 pada tahun 2013.

Walian Timnas [image source]
Meskipun begitu, namanya di laga tanah air juga tidak pernah mengecewakan. Ezra yang baru mencapai usia 20 tahun ini pun tidak kalah kemampuannya dengan para seniornya.

5. Illija Spasojevic, Membela Tiga Negara

Tak tanggung-tanggung, Spasojevic yang dikenal di Indonesia melalui kiprahnya bersama Timnas, ternyata pernah membela tiga negara yang berbeda. Pertama, ia bermain bersama para rekannya atas nama Timnas Serbia-Montenegro U-17 dan U-19.

Spasojevic Timnas [image source]
Setelah Serbia-Montenegro berubah menjadi Montenegro pun, ia masih berjuang bersama mereka. Pada akhirnya, sekitar tahun 2011 ia mulai berlaga di Indonesia hingga saat ini.

Itulah kelima pemain Timnas Indonesia yang pernah membela negara lain selama hidupnya di dunia persepakbolaan. Meski bisa dibilang mereka membelot dari tanah air, namun jasa mereka untuk Indonesia sangat bisa diperhitungkan dan membawa nama bangsa kita tercinta semakin melambung tinggi.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Nggak Melulu Susah, Deretan Foto Ini Membuktikan Kalau Bencana Banjir juga Bisa Dinikmati

4 Surat Murid Zaman Now Ini Bikin Guru Geleng-geleng, Ada yang Izin Nonton Nella Kharisma juga Lho!