Inilah 5 Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Cetak Gol Atas Nama Negara Lain

Namanya juga pemain profesional, pernah berlaga membela negara lainnya pula

oleh Harsadakara
09:00 AM on Dec 4, 2017

Dalam dunia sepakbola dunia, ternyata bukan hanya pemain naturalisasi yang pernah membela Indonesia sekaligus negara lain. Pada kenyataannya, beberapa pemain Timnas Indonesia pun pernah begitu.

Ya, mereka pernah membobol gawang lawan atas nama bangsa lain, bukan tanah air kita tercinta. Meskipun begitu, kiprahnya di Timnas juga nggak bisa dianggap remeh, pun mereka berhasil membawa nama Timnas melambun tinggi. Siapa saja kira-kira mereka yang dimaksud di atas? Simak dalam ulasan berikut.

Baca Juga
Bikin Jantungan, Pajak Mobil “Wah” Ini Bisa Buat Sedekah Orang Sekampung
Inilah 10 Meme, “Yang, di Rumah Lagi Sepi” Dijamin Bikin Kamu Ngakak Sekaligus Gagal Fokus

1. Christian ‘El Loco’ Gonzales, Membela Timnas Uruguay

Siapa yang nggak kenal dengan striker andalan tanah air ini? Meski dirinya bukan penduduk asli Indonesia, namun banyak orang yang mengapresiasi jasanya untuk tanah air.

Gonzales Timnas [image source]
Meski begitu, rupanya sebelum menjajaki Indonesia, Gonzales pernah lebih dulu memperkuat skuad Uruguay pada sekitar tahun 2000an. Berbeda dari posisi yang didudukinya di Indonesia yaitu striker, ia membela Timnas Uruguay dengan posisi bek sayap dan gelandang.

2. Raphael Maitimo, dari Belanda Menuju Bandung

Mungkin sebagian besar orang mengenal Maitimo karena ia pemain naturalisasi. Padahal, jika dilihat kiprahnya, ia merupakan pencetak gol terbanyak untuk Persib Bandung pada musim ini.

Maitimo Timnas [image source]
Rupanya, sebelum membela tanah air, dirinya lebih dulu berjuang di Negeri Van Oranje pada sekitar tahun 1997 hingga 2000. Ia membela Timnas junior Belanda pada kurun waktu tersebut hingga akhirnya pindah ke Indonesia dan berlaga di sini.

3, Stefano Lilipaly, Berjuang Bersama Maitimo

Sama seperti Maitimo yang pernah membela Timnas Belanda, Lilipaly pun begitu. Dilansir dari bolasport.com, ia juga pernah ikut andil dalam tim junior Belanda tersebut.

Lilipaly Timnas [image source]
Pesepakbola kelahiran Belanda, 10 Januari 1990 ini mengaku pernah membela Timnas Belanda U-15, U-16, serta U-17. Rupanya kebanyakan pemain naturalisasi kita pernah membela negara ‘rumah’ mereka, ya.

4. Ezra Walian, Asli Indonesia yang Membela Negara Lainnya

Berbeda dengan pemain-pemain di atas yang memang kebanyakan bukan orang asli Indonesia. Ezra merupakan pesepakbola yang lahir di Indonesia, namun menandatangani kontrak dengan Timnas Belanda U-17 pada tahun 2013.

Walian Timnas [image source]
Meskipun begitu, namanya di laga tanah air juga tidak pernah mengecewakan. Ezra yang baru mencapai usia 20 tahun ini pun tidak kalah kemampuannya dengan para seniornya.

5. Illija Spasojevic, Membela Tiga Negara

Tak tanggung-tanggung, Spasojevic yang dikenal di Indonesia melalui kiprahnya bersama Timnas, ternyata pernah membela tiga negara yang berbeda. Pertama, ia bermain bersama para rekannya atas nama Timnas Serbia-Montenegro U-17 dan U-19.

Spasojevic Timnas [image source]
Setelah Serbia-Montenegro berubah menjadi Montenegro pun, ia masih berjuang bersama mereka. Pada akhirnya, sekitar tahun 2011 ia mulai berlaga di Indonesia hingga saat ini.

Itulah kelima pemain Timnas Indonesia yang pernah membela negara lain selama hidupnya di dunia persepakbolaan. Meski bisa dibilang mereka membelot dari tanah air, namun jasa mereka untuk Indonesia sangat bisa diperhitungkan dan membawa nama bangsa kita tercinta semakin melambung tinggi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA