Luar biasa agaknya tidak menjadi sebuah kalimat berlebih untuk disematkan kepada Timnas U-19 yang berlaga di Piala Asia 2018. Selain mampu menunjukkan penampilan yang epik, lagi-lagi di bawah nahkoda Indra Sjafri Tim Merah Putih mampu mencatatkan sebuah rekor yang baru. Di balik capaian bagus tersebut tentu nama Witan Sulaiman tidaklah bisa dikesampingkan. Kendati hasil positif itu tetap berkat kerja tim, namun ia bisa dikatakan memiliki penampilan paling menonjol.

Bahkan kegemilangannya mampu menutupi performa Egy Maulana Vikri yang terlihat “melempem”. Pemain yang kerap dijuluki Baby Shark ini juga untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak Timnas bersama Todd Rivaldo Ferre di ajang tersebut. Lalu siapa sih sebenarnya Witan Sulaiman itu? Penasaran. Berikut Boombastis berikan ulasan tentang sosoknya kepadamu. Lest Go.

Pemain muda yang sudah mengoleksi 7 gol di Timnas

Meski bukan berposisi sebagai penyerang, tapi produktivitas Witan dalam mencetak gol tidaklah bisa dipandang sebelah mata. Memulai debut Timnas U-19 pada tahun 2017, pemuda asal Palu ini kini sudah mengoleksi enam gol selama berseragam Tim Merah Putih. Salah satu gol Witan yang paling berkesan dan memiliki arti besar adalah ketika ia berhasil membobol gawang Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu. Berkat gol tersebut Timnas U-19 kembali rasakan perempat final Piala Asia U-19 setelah 40 tahun lamanya. Capaian tuju golnya juga berpeluang bertambah, jika melihat usianya yang kini masih muda.

Persembahkan juara ketiga AFF dua edisi beruntun

Witan AFF [Sumber Gambar]
Selain hebat dalam urusan gol, pemuda bernomor punggung delapan ini juga sukses dalam urusan trofi kala berseragam Timnas. Tercatat saat ini Wita Sulaiman sudah persembahkan dua piala di kejuaraan Asia Tenggara. Dari penelusuran penulis, ia mendapatkannya ketika AFF 2017 dan 2018. Ketika itu dinahkodai Indra Sjafri, Witan memperoleh trofi peringkat ketiga ajang tersebut. Melihat usianya yang masih sangat belia hasil ini tentu bisa dikatakan adalah yang terbaik, kendati dalam memperolehnya ia selalu gagal untuk bisa lolos ke partai pamungkas AFF.

Menjadi talenta tanah air diincar klub luar negeri

Witan Sulaiman talenta [Sumber Gambar]
Seperti halnya kompatriotnya di Timnas U-19 yakni Egy Maulana Vikri, Witan Sulaiman juga menjadi talenta muda yang akan difasilitasi agen asing untuk bisa berkiprah di klub Eropa. Performa bagus saat berseragam Timnas disebut-sebut menjadi magnet membuatnya ingin diboyong di Eropa. Selain itu, potensinya yang besar dalam olahraga ini banyak diyakini juga jadi daya tarik dari seorang. Dilansir laman Goal, kalau jadi pergi ke Benua Biru Witan menginginkan untuk bisa bermain di Spanyol. Besar harapan Witan ke depan juga bisa terbang ke Eropa ya sobat.

Disebut Indra Sjafri sebagai aset sepak bola Indonesia

Indra dan Witan [Sumber Gambar]
Terlepas dari beberapa hal tadi Witan Sulaiman juga disebut-sebut sebagai masa depan sepak bola tanah air. Seperti ungkap Indra Sjafri yang dikutip laman Kompas.com, menurut pria asal Sumatra Utara tersebut “Witan adalah pemain dengan usia paling muda, saya pikir dia adalah aset sepak bola kita bersama dengan pemain lainnya”. Menanggapi apa yang diungkapkan oleh Coach Indra tersebut, tentu pernyataan tersebut bukanlah sebuah hal yang berlebihan. Pasalnya, sebagai pemain ia mempunyai sarat untuk menjadi pesepakbola hebat ke depannya. Kalau menurutmu bagaimana sobat Boombastis.

Sebagai pesepakbola mungkin pemain 17 tahun ini belum sesukses Egy atau nama lain yang kerap diganjar trofi. Tapi, kalau melihat talentanya sekarang, tentunya kita boleh menaruh sedikit harapan, bila Witan ke depan bisa menjadi pesepakbola hebat yang bisa melambungkan nama Indonesia di event dunia. Kalau pendapatmu tentang Witan bagaimana sobat boombastisku.