Menjadi seorang pemain bola mungkin menjadi impian sebagian orang. Oleh sebab itu berlatih secara giat harus dilakukan jika ingin mewujudkan cita-citanya. Pindah dari satu klub satu ke yang lain pun dilakukan agar dapat pengalaman. Namun kadang karena perjuangan berat tersebut pendidikan pun sering dilupakan. Mau bagaimana lagi, memang itu taruhannya.

Beberapa pemain bola ini ternyata punya pandangan berbeda. Meski sekarang sudah menjadi pemain bola top, nyatanya mereka masih peduli pada pendidikannya. Bahkan salah satunya ingin melanjutkan hingg S2 atau S3. Lalu siapa saja sih pemain itu? Simak ulasan berikut.

Raphael Maitimo, gak tanggung-tanggung lulusan luar

Raphael Maitimo [Sumber Gambar]
Meskipun lahir di Rotterdam, Belanda, ternyata lapangan hijau Indonesia lebih menggiurkan ketimbang di negara asalnya. Oleh sebab itulah pria yang satu ini memilih untuk masuk ke klub Madura United untuk membangun karir sepak bolanya. Terlebih jika mengingat ternyata ada darah Minangkabau yang juga melekat dalam dirinya. Namun yang unik dari pemain yang kini membela PSIM Yogyakarta ini adalah niatannya untuk menempuh pendidikan. Meski berkarir di bola siapa sangka kalau dirinya adalah sarjana Ekonomi Perdagangan dari Rotterdam University of Applied Sciences.

‘Pak guru’ yang selalu sigap menjaga gawang di lapangan hijau

Syaiful Syamsudin [Sumber Gambar]
Kiper Persita Tangerang, Syaiful Syamsudin mungkin jadi salah satu pemain yang diperhitungkan di liga tanah air. Ketangkasannya dalam menjaga gawang sudah tak perlu diragukan lagi. Memang menjadi pemain bola adalah salah satu cita-citanya. Namun siapa sangka kalau dirinya juga tak pernah melupakan pendidikan. Buktinya akhir tahun 2017 lalu dirinya menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) untuk bidang olahraga. Uniknya lagi pemain yang satu ini tidak menutup kemungkinan akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, entah itu magister (S2) atau bahkan sampai doktor (S3).

Punya bek dengan gelar Sarjana Fisika, mungkin hanya Indonesia yang punya

Rony Beroperay [Sumber Gambar]
Rony Beroperay, mantan pemain Persipura Jayapura ini tak kalah menarik perhatian netizen. Bagaimana tidak, selain seorang bek yang dibilang handal ternyata punya latar belakang tak terduga. Ya, usut punya usut Rony adalah seorang Sarjana Fisika yang lulus sejak tahun 2015 lalu. Hal ini membuktikan kalau menjadi seorang atlet bukan berarti mengesampingkan pendidikan. Uniknya dari pemain yang sekarang membela Barito Putra ini adalah awalnya dirinya memulai karir jadi atlet Sprinter, namun ternyata malah banting setir jadi pemain bola.

Boaz Salossa yang encer di lapangan hijau dan kuliah

Boaz Salossa [Sumber Gambar]
Nama Boaz Salossa mungkin tak asing lagi di telinga kita, bagaimana tidak pasalnya dirinya sudah beberapa kali membela timnas Indonesia. Anak Papua yang membela klub Persipura Jayapura ini ternyata punya latar belakang yang menarik. Berkuliah di Universitas Cendrawasih Papua, dirinya berhasil lulus dari Fakultas Ilmu Ekonomi. Tak sampai disitu, bahkan dirinya masuk dalam jajaran PNS di Papua sana. Tak seperti PNS lainnya, Boaz punya waktu longgar karena mendapat dispensasi kalau ada keperluan sepak bola.

Kiper Persebaya yang ternyata Sarjana Manajemen

Imam Arief Fadillah [Sumber Gambar]
Para Bonek mungkin sudah sangat akrab dengan sosok Imam Arief Fadillah. Bagaimana tidak, kiper Persebaya ini sudah tak perlu diragukan lagi kemampuannya di lapangan hijau. Namun siapa sangka kalau ternyata dirinya sudah punya gelar sarjana loh. Ya jadi seorang Sarjana Manajemen (S.Mn) dari Universitas Pasundan pastinya membuat para fans bangga dengan sosoknya. Tepatnya Oktober 2017 lalu Imam telah menyelesaikan sidangnya dan mewujudkan cita-citanya lulus perguruan tinggi.

BACA JUGA: Tak Hanya Jago di Lapangan, 5 Pesepakbola Ini Diam-diam Juga Berpendidikan Tinggi

Sejatinya masih banyak lagi para pemain bola Indonesia yang juga peduli dengan pendidikannya. Hal ini membuktikan kalau mereka juga memikirkan masa depannya. Apalagi sebagai pemain bola, tentu selain harus punya skill juga otak yang cemerlang.