Selama berjuta-juta tahun, fungsi tempat ibadah tidak pernah berubah. Yaitu sebagai tempat pertemuan paling sakral antara manusia dan Tuhannya. Tidak ada yang bisa menggugat hal tersebut. Tapi tahukah kamu, bahwa tempat ibadah juga memiliki sisi gelapnya sendiri.

Berawal dari perasaan dengki dan sifat egois kaum-kaum fanatik yang dengan seenaknya menentukan seseorang berhak masuk surga atau neraka. Padahal, yang punya kuasa atas itu semua hanyalah Tuhan, tidak ada yang lain. Jika sudah begitu, maka perselisihan pun tidak dapat terhindari, bahkan sampai menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Kamu penasaran di mana saja lokasi tempat ibadah yang menyimpan kisah miris nan tragis dari seluruh dunia?

Gereja Glastonbury Abbey

Terletak di Inggris, Gereja Glastonbury Abbey merupakan tempat bersejarah bagi umat Kristen Katolik. Bangunan bergaya gotik di tanah tempat Ratu Victoria tinggal itu juga merupakan tempat Pangeran Arthur dimakamkan. Gereja suci tersebut dibangun pada tahun 712 Masehi. Sayangnya pada tahun 1539, tempat ibadah tersebut hancur karena adanya konflik dari umat Kristen sendiri.

Gereja Glastonbury Abbey

Konflik bermula dari Raja Henry VIII yang berniat menceraikan istrinya, dengan alasan sang istri tidak bisa memperoleh keturunan. Tetapi, itu hanya akal-akalan Raja Henry VIII saja, karena niat sebenarnya dia ingin menikahi Anne Boleyn, selingkuhannya. Karena dalam ajaran Kristen Katolik tidak ada kata cerai, dan hanya bisa dipisahkan oleh maut, Raja Henry VIII pun marah. Dia melampiaskan kemarahannya kepada biarawan di seluruh Inggris, dan menyiksa mereka.

Patung Budha Bumiyan, Afghanistan

Patung Budha unik ini terletak di Afghanistan, dan dipahat langsung pada sebuah dinding batu. Para peneliti memperkirakan bahwa patung ini dibangun sekitar abad ke-6 masehi. Karena pada awal abad 21 sudah jarang, bahkan hampir tidak ada penduduk Afghanistan yang beragama Budha, maka patung inipun akhirnya dihancurkan oleh militan Taliban. Dan aksi tersebut mendapat banyak kecaman dari seluruh umat beragama di dunia, karena sudah merusak tempat ibadah dan situs warisan sejarah dunia.

Masjid Agung Aleppo

Masjid Agung Aleppo

Salah satu tempat ibadah paling bersejarah di dunia, yaitu Masjid Aleppo, dibangun sekitar abad ke-8. Walau merupakan tempat ibadah umat muslim, ternyata umat Kristen pun sangat menghormati Masjid Agung ini. Alasannya adalah karena di dalam bangunan Masjid, terdapat jasad Nabi Zakaria, ayah dari Nabi Yahya, yang menurut kepercayaan umat Kristiani dikenal sebagai Yohanes sang pembaptis. Sayangnya, pada tahun 2013 silam, Masjid Agung Aleppo hancur akibat konflik yang terjadi di Suriah. Tempat ibadah paling bersejarah dan terkenal di dunia tersebut runtuh dihantam bom.

Templo Mayor

Ini yang paling bikin miris! Tempat ibadah suku Aztec yang berbentuk piramida raksasa tersebut dihancurkan oleh sekelompok penakluk yang berasal dari Spanyol. Parahnya lagi, mereka membantai seluruh suku Aztec saat hari raya besar suku tersebut. Alasannya adalah, orang-orang Spanyol menganggap bahwa ajaran suku Aztec tidak sesuai, dan tidak mengenal Tuhan.

Templo Mayor

Tak pandang bulu, semua mereka habisi, termasuk anak-anak, wanita, dan lansia yang tidak bersenjata. Apapun alasannya, tindakan orang-orang Spanyol ini sama sekali tidak dibenarkan ya, guys. Peristiwa tersebut terjadi pada tahun 1520, dan sesudahnya dibangunlah Gereja Katedral menggantikan tempat ibadah Templo Mayor.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Wah, ternyata di Indonesia pun pernah terjadi hal serupa nih. Candi Borobudur menjadi korban isu SARA, di mana ke-9 stupanya diledakkan oleh teroris dengan Husein Ali Habsyie sebagai pemimpin. Peristiwa menyedihkan ini terjadi pada 21 Januari tahun 1985, dengan alasan aksi balas dendam pada peristiwa yang terjadi di Tanjung Priok tahun 1984. Motifnya sama kayak teror belakangan ini, yaitu jihad. Akibat ledakan hebat yang terjadi saat itu, setidaknya ada 9 stupa candi peninggalan Dinasti Syailendra yang hancur. Sangat disayangkan ya.

BACA JUGA: 5 Potret Rumah Ibadah Saling Berdampingan Ini Bukti Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

Semoga di tahun-tahun selanjutnya tidak terjadi lagi kasus serupa yang melibatkan tempat-tempat ibadah, ya. Kamu sebagai generasi penerus bangsa harus ikut menjaga kedamaian tersebut, lho. Jangan tahunya hanya main mobile legend saja, hehe….