Bukan sebuah rahasia lagi apabila Indonesia menyimpan banyak sekali calon-calon bintang sepak bola masa depan. Mulai dari daerah wilayah bagian barat, tengah, dan timur tanah air semua menyimpan dan memiliki potensi bakat-bakat handal. Apalagi kita membicarakan daerah di Timur Indonesia seperti setiap tahun muncul dan mengejutkan khalayak ramai.

Hal yang juga agaknya membuat penurunan performa Boaz bukanlah bencana besar. Pasalnya pemain-pemain muda dengan bakat olah bola yang luar biasa berasal dari sana siap untuk mengantikkan. Bahkan sangat dimungkinkan untuk melebihi kapten Persipura tersebut. Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya sebagai berikut ini.

Friska Womsiwor, pemain muda kini terus dipercaya bermain terus

Sebagai seorang penyerang bakat besar yang dimiliki Friska Womsiwor dalam masalah kecepatan. Dirinya bisa dibilang mampu melakukan akselerasi yang maksimal untuk merepotkan pertahanan lawan. Dan hebatnya lagi dirinya juga kerap menjadi juru selamat Persipura, saat Tim Muitiara Hitam kesulitan membobol gawang lawannya. Tercatat, pada musim Liga 1 tahun lalu mampu menorehkan 7 Gol dan 6 umpan. Sedangkan untuk kompetisi tahun ini, dirinya kerap terus dipercaya beramain di klub utama Persipura.

Penyerang handal baru tanah Papua, Marinus Wanewar

Nama Marinus Wanewar, mencuat kala SEA Games tahun 2017 lalu. Bermain bersama Timnas dirinya seperti menjadi jawaban akan kebutuhan striker murni yang diimpikan Tim Merah Putih selepas Bambang Pamungkas. Tubuhnya yang menjulang tinggi juga menjadi keistimewaannya dalam bertarung dengan pemain belakang lawan. Kendati kini tidak masuk skuad Timnas, namun berkembangnya bersama klub Bayangkara dibilang signifikan. Dibawah pelatih klub tersebut agaknya kini ia lebih baik lagi. Hal yang dibuktikan lewat beberapa subangsih gol pada musim Liga 1 2018. Apabila terus berkembang positif ia akan menjadi penyerang yang menakutkan.

Todd Rivaldo Ferre, ‘penyihir’ kecil Papua

Kegemilangan Todd Rivaldo dimulai tahun 2017 yang lalu ketika ia berhasil membawa Persipura menjadi juara Liga1 U-19. Dan di saat kompetisi tersebut ia juga dianugerahi sebagai pemain terbaik ajang tersebut. Prestasi tersebutlah akhirnya membuatnya bisa naik level ke Tim Mutiara Hitam Senior. Pemain 19 tahun ini di orbitkan oleh Peter Butller yang ketika itu jadi juru taktik Persipura. Selama berlaga di kompetisi teratas Indonesia ia sudah catatkan dua gol dan satu assist. Seperti halnya beberapa nama tadi, Todd juga banyak dipercaya akan menjadi pemain handal musim depan apabila terus berkembang dengan positif.

Terus tembus skuad inti Timnas, Osvaldo Hay kini jadi harapan

Mungkin dalam perjalanan kariernya Osvaldo Hay bukanlah pesepakbola yang bisa terhindar kritikan. Beberapa kali banyak pencinta bola menggerutu akan permainan yang kerap tidak konsisten. Namun dibalik hal tersebut pemain menyimpan sebuah bakat yang besar sebagai darah Tanah Papua. Pemain 20 tahun ini cepat, dan mampu bertahan serta menyerang sama baiknya. Bahkan namanya terus dipercaya memperkuat Timnas juga jadi bukti apabila ia menyimpan potensi dalam olahraga ini tidak bisa diremehkan.

Beberapa pemain ini memang memiliki kemampuan yang luar biasa. Potensi mereka bisa dibilang memiliki prospek menjanjikan. Namun layaknya punggawa muda lainnya bakat mereka masih perlu diasah agar bisa berkembang secara baik. Dan apabila hal tersebut terlaksanakan harapan besar untuk Indonesia mampu berjaya akan terbuka lebar.