Menemukan pemain yang berpendidikan tinggi di jagat sepak bola, tentunya bukan sebuah hal yang susah. Apalagi kalau kita mencarinya di kompetisi-kompetisi bola Eropa, pastinya seperti mencari bumbu masak di pasar-pasar tradisional. Pada umumnya, kesadaran akan masa pensiun dari lapangan hijau menjadi alasan kenapa mereka mau untuk terus menimba ilmu.

Lebih jauh tentang hal ini, gelar pendidikan yang mereka miliki tersebut juga menjadi gambaran kalau selain jago di lapangan, pemain-pemain tersebut juga berotak encer. Sarjana hingga Mesgister menjadi gelar yang banyak direngkuh oleh aktor lapangan hijau di Benua Biru. Dan berikut beberapa pesepakbola dunia yang mempunyai gelar tinggi di dunia pendidikan.

Penyerang andalan Bayern Munich, Robert Lewandowski

Dari sekian penyerang yang dimiliki Bayern Munich beberapa tahun ini, Robert Lewandowski adalah salah satu yang terhebat. Hal ini dibuktikan dengan rajinya pria Polandia ini mendulang gol untuk klub raksasa Jerman tersebut. Tercatat, selama membela panji Bayern dirinya sudah menyumbangkan lebih dari 100 gol dan beberapa trofi.

Robert Lewandoski [Sumber Gambar]
Masih tentang Robert, selain gacor di lapangan dirinya juga diam-diam mempunyai capaian bagus dalam dunia pendidikan. Di mana pria 30 tahun ini sudah memiliki embel-embel sarjana dibelakang namanya. Lewandowski sendiri merupakan sarjana Pendidikan Fisik di Sekolah Olahraga Warsawa. Ia menuntaskan sekolahnya tersebut dalam waktu 10 tahun dan lulus dengan nilai terbaik.

Dua gelar sarjana, di jadi title pemain Manchester United asal Spanyol ini

Setali tiga uang dengan Lewandowski tadi, pemain Manchester United asal Spanyol yakni Juan Mata juga mempunyai prestasi bagus di dunia pendidikan. Lewat otaknya yang cerdas, pemain berusia kepala tiga ini memiliki sekaligus dua title sarjana. Pertama adalah Jurnalisme dari Universitas Madrid.

Juan Mata [Sumber Gambar]
Kedua adalah dalam bidang olahraga yakni sarjana Marketing and Sports Science dari Universitas Manchester. Dan hebatnya, gelar tersebut diraih ketika dirinya juga menjalani kompetisi berat di Liga Inggris. Seperti kita ketahui English Premier League adalah kompetisi sepak bola kompetitif dan jadwalnya padat.

Mantan el- Capitano Manchester City, Vincent Kompany

Pemain lain dari Kota Manchester yang juga juga memiliki karier akademis tinggi adalah Vincent Kompany. Pria Belgia yang menjadi mantan kapten Manchester City ini mempunyai gelar sebagai Magister Administrasi Bisnis (MBA). Pemilik tendangan jeger ini sendiri merupakan lulusan dari Manchester Business School.

Vicent Kompany [Sumber Gambar]
Kalau melihat riwayat keluarganya tidak mengejutkan kenapa Vincent memilih jurusan tersebut. Pasalnya, seperti dilansir Boombastis dari Kumparan.com, Orang tuanya adalah pengusaha uni dagang Belgia. Selama berkostum Manchester City, ia sudah sukses persembahkan beberapa gelar liga. Salah satu paling terbaru adalah trofi Liga Inggris musim 2018/2019.

Giorgio Chiellini jadi megister hukum di Italia

Nama lain yang juga memiliki gelar Magister adalah Giorgio Chiellini. Pemain Juventus paling setia ini merupakan lulus dari University of Turin’s School of Management and Economics. Di sana jurusan Administrasi Bisnis menjadi bidang ilmu yang ditekuni oleh pemain belakang yang terkenal tangguh tersebut.

Giorgio Chiellini Juventus [Sumber Gambar]
Seperti halnya Robert Lewandowski, Giorgio Chiellini juga mampu menjadi mahasiswa yang mampu seleksi study dengan hasil sangat baik yakni lulus dengan predikat cumlaude. Usut punya usut, kepintaran bek tua ini sudah diperlihatkan sejak SMA dengan jadi lulusan terbaik.

BACA JUGA: Sepak Bola dan PNS, Inilah 5 ‘Pemain’ Beruntung yang Kini Menjadi Aparatur Sipil Negara

Nama-nama tadi adalah sebagai saja dari banyaknya pesepakbola Eropa yang memiliki pendidikan tinggi. Selain sosok tadi masih ada, Marouane Camakh sarjana akutansi, Glen Johnson sarjana matematika, Edwin van Der Sar Master Manajemen Olahraga, dan masih banyak lagi. Besar harapan di Indonesia, pesepakbola-pesepakbolanya juga sadar akan hal ini.