Categories: Tips

5 Patung Buddha Paling Terkenal Sedunia

Patung Buddha merupakan sebuah patung yang ikonik bagi pemeluk agama Buddha. Biasanya patung ini paling sering ditemukan disetiap bangunan candi Buddha. Di Indonesia sendiri, patung Buddha dapat ditemukan di Candi Borobudur yang merupakan salah satu bangunan yang masuk dalam keajaiban dunia. Harusnya masyarakat Indonesia bangga akan warisan dunia yang dimilikinya tersebut.

Baca Juga :5 Masjid Paling Megah di Seluruh Dunia

Penelitian tentang perkembangan ajaran Buddha pada zaman dahulu telah banyak menginspirasi dunia dalam hal kesenian tertama seni rupa. Bagaimana tidak, hadirnya ikon patung Buddha di setiap tempat peribadatan umat Buddha memberikan nilai artistik tersendiri di dunia modern ini. Bangunan-bangunan peninggalan kerajaan Buddha yang kini masih kokoh berdiri juga menjadi bukti kejayaan masyarakat pada zaman itu. Berikut deretan patung Buddha yang paling terkenal di dunia.

1. Patung Buddha Candi Borobudur – Patung Budda Dibalut Kemegahan Candi Buddha Terbesar di Dunia

Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini merupakan candi Buddha terbesar di Dunia. Dalam bangunan ini setidaknya terdapat 2.672 panel relief yang menggambarkan kehidupan masyarakat Buddha pada zaman dahulu dan 504 buah arca Buddha. Namun pasca pemugaran, kini yang tersisa tidak ada separuhnya. Menurut catatan 300 patung Buddha dinyatakan rusak dan 43 sisanya hilang. Hal ini dikarenakan banyaknya kolektor gelap yang menjarah kepala patung Buddha saat candi ini ditemukan.

Patung Buddha Candi Borobudur (c) d2mrzqil17fu7y.cloudfront.net

Semua patung Buddha yang berada di kawasan candi Borobudur berada dalam posisi duduk namun dengan sikap tangan yang berfariasi. Setiap posisi tangan yang ditunjukkan oleh arca Buddha ini memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan keyakinan pemeluk agama ini. Di duga pada zaman dahulu candi ini dimanfaatkan sebagai tempat beribadah dan berziarah bagi umat Buddha.

Selanjutnya : 2. Patung Buddha di Hussain Sagar – Patung di Tengah Danau

2. Patung Buddha di Hussain Sagar – Patung di Tengah Danau

Yang unik dari patung Buddha ini adalah letaknya yang berada di tengah danau Hussain Sagar. Danau ini sendiri merupakan danau yan berada di ibu kota negara bagian Telangana, Hyderabad, India. Patung setinggi 17 meter dengan berat 320 ton ini dibangun pada masa N.T Rama Rao yang kala itu menjabat sebagai Menteri Kepala Andhra Pradesh.

Patung Buddha di Hussain Sagar (c) i.ytimg.com

Bangunan ini terinspirasi dari kunjungannya ke New York dan melihat patung Liberty yang ikonik di Amerika sehingga terbesitlah pemikiran untuk membangun sebuah patung yang juga akan menjadi landmark India. Akhirnya pada tahun 1992 patung Buddha ini selesai dibuat dan akan dipasang di tengah danau. Namun pada percobaan pertamanya patung tersebut ambruk dan masuk ke dalam danau hingga merenggut 8 nyawa pekerjanya. Kemudian pemerintah memperbaiki patung yang kini telah berdiri kokoh dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan di kota tersebut.

Selanjutnya : 3. Patung Buddha Tian Tan – Terbuat dari Perunggu Seberat 280 ton

3. Patung Buddha Tian Tan – Terbuat dari Perunggu Seberat 280 ton

Jika kebanyakan patung Buddha terbuat dari batu yang dipahat, berbeda dengan patung yang satu ini. Patung Buddha Tian Tan yang berada di Pulau Lantau, Hongkong ini terbuat dari perunggu. Letaknya berada di Vihara Po Lin dan melambangkan keharmonisasian antara manusia, alam, masyarakat dan agama. Tempat ini sendiri merupakan pusat peribadatan umat Buddha yang utama di Hongkong sekaligus destinasi wisata yang paling populer di sana.

Patung Buddha Tian Tan (c) 2.bp.blogspot.com

Nama Buddha Tian Tan pada dasarnya diambil dari model Altar Surga yang ada di Kuil Surga di Beijing. Dengan ukuran tingginya yang mencapai 34 meter dengan berat 280 ton menjadikannya sebagai satu dari lima patung Buddha terbesar di Tiongkok dan mengukuhkannya sebagai patung Buddha perunggu terbesar di dunia.

Selanjutnya : 4. Kepala Buddha Ayutthaya – Sisa-Sisa Kejayaan Budha di kota tua Ayutthaya, Thailand

4. Kepala Buddha Ayutthaya – Sisa-Sisa Kejayaan Budha di kota tua Ayutthaya, Thailand

Kepala Buddha Ayutthaya berada di kawasan Ayutthaya Historical Park, Thailand. Sebuah taman bersejarah yang terdapat reruntuhan kota tua Ayutthaya yang didirikan oleh Raja Ramathibodi I pada tahun 1350 dan merupakan ibu kota negara pada saat itu hingga tahun 1767 dihancurkan oleh tentara Burma atau kini dikenal dengan Myanmar.

Kepala Buddha Ayutthaya (c) estherwarren.files.wordpress.com

Pada tahun 1991, Unesco secara resmi menyatakan kawasan ini sebagai Situs Warisan Dunia. Di kawasan taman ini terdapat patung buda yang tidak lazim. Tersebutlah sebuah patung kepala Buddha diantara lilitan pepohonan yang ditemukan diantara reruntuhan Wat Mahathat sebuah Vihara Relik Agung. Konon seluruh badan patung ini telah lenyap oleh waktu sehingga hanya menyisakan kepalanya saja.

Selanjutnya : 5. Patung Buddha Raksasa Leshan – Sebuah Mahakarya Umat Manusia di Tiongkok

5. Patung Buddha Raksasa Leshan – Sebuah Mahakarya Umat Manusia di Tiongkok

Sebuah mahakarya umat manusia tercipta di negeri Tirai Bambu. Patung Buddha raksasa setinggi 71 meter ini dipahat dari tebing yang terletak pada muara pertemuan sungai Minjiang, Dadu dan Qingyi di bagian Selatan Provinsi Sichuan dekat kota Leshan, Tiongkok adalah buktinya. Patung ini dibangun menghadap langsung ke laut dan menjadikannya sebagai Buddha batu terbesar di dunia.

Patung Buddha Raksasa Leshan (c) best-posts.com

Kawasan yang terdapat patung Buddha raksasa ini juga telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1996. Kontruksinya dimulai pada tahun 713 dan dipimpin oleh seorang biarawan Tiongkok bernama Haitong. Namun pembuatan patung ini tidak selesai pada masanya yang kemudian baru diteruskan oleh murid Haitong pada tahun 803. Pada awalnya patung ini dibangun dengan harapan Buddha dapat menenangkan arus air sungai agar dapat dilewati oleh kapal pedagang.

Baca Juga :10 Fakta Mengenai Negeri China Yang Bikin Anda Terbelalak

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 months ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago