Categories: Trending

7 Parasit Mengerikan Ini Bisa Menyerang dan Membunuhmu!

Parasit adalah organisme yang hidup dengan menumpang pada inang. Parasit menyerap sari makanan dari tubuh inang. Kadang membuat inang menjadi menderita hingga menyebabkan suatu hal fatal hingga kematian dalam hitungan hari. Nah, parasit ini juga sanagt dekat dengan kehidupan kita.

Baca Juga : 6 Menu Sahur yang Menyelamatkan Saat Bangun Telat

Berikut parasit yang dikenal sangat mengerikan dan bisa menyerang manusia. Parasit ini bisa menyebabkan penyakit parah hingga kematian. Mari kita simak bersama-sama agar kita bisa hati-hati.

1. Naegleria Fowleri – Amoeba Pemakan Otak

Amoeba adalah organisme bersel satu yang biasanya hidup di tanah atau air seperti danau, sungai, hingga sumber air panas. N. Fowleri dapat hidup di lingkungan yang hangat dan badan manusia. Mereka akan masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut atau hidung lalu menetap di sana selama beberapa saat.

Naegleria Fowleri – Amoeba Pemakan Otak [image source]
Setelah berkembang amoeba ini akan masuk menembus rongga hidung menuju otak. Perlahan-lahan merusak selaput otak hingga perlahan memakan selnya. Individu yang terinfeksi akan merasakan pusing yang tidak tertahankan, bahkan kadang muntah-muntah. Jika tidak tertolong, individu bisa meninggal dunia dalam waktu dua minggu.

2. Plasmodium – Parasit Pembawa Malaria

Plasmodium adalah parasit malaria. Parasit ini dibawa oleh nyamuk dan akan menjangkiti manusia bila nyamuk menggigit manusia tersebut. Setelah masuk ke dalam tubuh manusia, parasit ini akan bergerak menuju hati. Mereka akan berusaha menyerang sel darha merah hingga menyebabkan tubuh penderita akan mengalami demam tinggi.

Plasmodium – Parasit Pembawa Malaria [image source]
Peredaran darah pada manusia akan mengalami sedikit gangguan. Bila hal ini tidak segera diobati bisa menyebabkan kematian. Parasit ini harus dibersihkan dari tubuh. Jika tidak, maka penderita akan kambuh jika ketahanan tubuhnya tidak baik.

3. Dracunculiasis – Cacing Yang Hidup di Kulit

Penyakit ini sering disebut dengan penyakit cacing guinea. Individu yang terkena parasit ini akan mengalami pelepuhan pada kaki. Lalu dari dalam kulit bisa ditemukan cacing putih dengan panjang hingga mencapai 100 cm. Cacing ini telah hidup lama dalam tubuh manusia, rata-rata 1 tahun sebelum akhirnya keluar untuk berkembang biak dalam air.

Dracunculiasis – Cacing Yang Hidup di Kulit [image source]
Individu yang terinfeksi parasit ini biasanya sering minum air mentah. Dalam air terdapat bibit parasit yang akan tumbuh dalam organ pencernaan. Lalu perlahan menembus organ tubuh dan hidup di area kaki dekat dengan kulit. Individu yang terinfeksi akan mengalami sakit pada area kaki yang membuatnya susah berjalan.

4. Lalat Tsetse – Penyakit Tidur Yang Bikin Tidur Selamanya

Lalat ini banyak ditemukan di Afrika bagian tengah. Lalat ini membawa parasit yang dapat menyebabkan seseorang yang tergigit akan mengalami gangguan pada tubuh. Selain manusia, mamalia yang hidup di area itu bisa mengalami hal serupa.

Lalat Tsetse – Penyakit Tidur Yang Mematikan [image source]
Parasit yang ditularkan lalat tsetse bisa menyebabkan individu atau hewan mengalami gangguan sistem saraf. Keadaan ini membuat manusia atau hewan mengalami kelesuan dalam tubuh dan akan cuma bisa tidur. Individu yang terus tidur tanpa mendapat bantuan akan mengalami kematian secara perlahan-lahan.

5. Neisseria Meningitidis – Penyakit Meningitis Yang Membunuh

Individu yang terinfeksi penyakit ini akan mengalami gangguan pada sistem peredaran darahnya. Darah akan semakin lambat mengalir menuju ke anggota badan lainnya. Dengan begitu anggota badan akan mengalami gangguan karena tidak mendapatkan aliran oksigen yang dibawa oleh haemoglobin dalam darah.

Neisseria Meningitidis – Penyakit Meningitis Yang Membunuh [image source]
Orang yang mengalami penyakit ini akan mengalami gejala kelelahan yang sangat parah. Demam kerap muncul dibarengi dengan leher yang terasa sangat kaku. Jika tingkat infeksi parasit semakin besar individu akan mengalami koma hingga mengalami kematian secara perlahan-lahan.

6. Clostridium Perfringens – Parasit Yang melelehkan Daging Pada Tubuh

Parasit ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian dengan sangat cepat. Individu yang terinfeksi ini akan mengalami pelepuhan pada kulit. Dari dalam kulit akan dihasilkan gas-gas yang berasal dari lelehan daging. Individu yang tidak segera mendapat pertolongan akan mengalami kematian secara cepat dalam waktu 12 jam.

Clostridium Perfringens – Parasit Yang melelehkan Daging Pada Tubuh [image source]
Kematian ini terjadi akibat cairan dan gas yang dihasilkan parasit menghasilkan toksin yang racun. Toksin ini dapat cepat menyebar dan menyebabkan gangguan yang sangat fatal. Untuk menolong biasanya akan diberikan antibiotik, jika tidak berhasil maka organ tubuh yang terinfeksi harus diamputasi.

7. Toxoplasma Gondii – Penyakit Taxoplomosis Yang Dibawa Kucing

Penyakit ini merupakan parasit yang biasanya ditularkan oleh kucing. Parasit akan masuk ke dalam tubuh manusia dan mulai menginfeksi dengan menurunkan daya tahan tubuh. Orang yang terkena penyakit ini akan mengalami demam dan gampang terserang penyakit.

Toxoplasma Gondii – Penyakit Taxoplomosis Yang Dibawa Kucing [image source]
Individu yang terkena Taxoplomosis jika sudah parah dapat menyebabkan gangguan fatal. Seorang wanita yang hamil bisa mengalami keguguran hingga gangguan ada rahimnya. Untuk mengatasi hal ini disarankan untuk merawat kucing dengan baik dan rutin diberikan vaksin. Jika sudah terjangkit bisa disembuhkan dengan pemberian obat secara rutin selama 3-6 minggu.

Baca Juga : 7 Kesalahan Mengerikan Ini Bisa Bikin Kamu Nggak Percaya Dokter

Parasit-parasit mengerikan itu bisa saja ada di sekitar kita. Untuk itu kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Jangan sampai nyawa jadi taruhan kita!

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago