Categories: Trending

7 Bangunan Bekas Pabrik Mainan Paling Menyeramkan, Berani Mampir?

Ketika kecil, mendengar nama pabrik mainan akan membuat kita berimajinasi hebat. Dalam benak, tempat ini pastinya seperti surga dimana boneka dan mobil-mobilan tercipta. Ya, memang seperti inilah gambaran pabrik mainan, meskipun agak hiperbolis kalau menyamakannya dengan surga. Namun, semua keindahan ini hilang seketika, saat si empunya pabrik bangkrut dan meninggalkan pabrik mainannya begitu saja.

Baca Juga : 7 Kastil Paling Megah dan Menakjubkan di Dunia!

Nuansa yang menyenangkan dalam bayangan anak-anak itu pun berubah menjadi seram dan ngeri. Bahkan lengkap pula dengan berbagai kejadian mistis yang kadang terjadi di dalamnya. Ya, mungkin kamu tidak akan percaya begitu mudah. Untuk itu, baca sendiri bagaimana mengerikannya nuansa deretan pabrik mainan usang berikut.

1. Filature Dollhouse, Perancis

Pabrik mainan ini dibangun sejak awal abad 19 dan menjadi salah satu yang paling megah di Perancis. Bukan karena luas tempatnya saja, namun juga desain arsitektur khas Victorian yang disematkan di berbagai sisi. Pabrik ini mempekerjakan 2000an orang setiap harinya untuk memproduksi ribuan boneka-boneka cantik khas negeri Cinta.

Pabrik bergaya Victorian ala Filature Dollhouse harus berakhir menyeramkan dengan bentuk seperti ini [Image Source]
Namun sayangnya pada 2008 kemarin pabrik ini mengalami kebangkrutan karena suatu sebab. Kini wajah pabrik ini begitu berubah. Sudah hilang sama sekali gaya elegannya dan berganti menjadi nuansa horor yang mencekam. Hal tersebut dibuktikan dengan karat di pintu-pintu, tembok-tembok yang rusak dan juga perabotan yang berserakan. Mungkin juga akan ada sesuatu yang lain jika seseorang mengunjunginya ketika malam.

2. Matador Toy Factory, Austria

Kembali ke masa lalu dimana mainan kuda-kudaan sangat favorit, Matador Toy Factory adalah salah satu produsen yang paling terkenal. Hampir semua bocah Austria memiliki kuda-kudaan ini di rumah mereka. Bahkan Matador sendiri juga melayani penjualan ke berbagai negara. Namun berjalannya waktu membuat pamor mainan ini pun turun drastis dan banyak perusahaan pembuatnya bangkrut. Termasuk Matador Toy Factory.

Hanya kotak besi dan peralatan kayu yang tersisa di Matador Toy Factory [Image Source]
Kini perusahaan tersebut pun ditinggalkan pemiliknya. Menyisakan gudang-gudang kosong yang sangat sepi. Ada beberapa peralatan kayu di sana termasuk sebuah keranjang besi yang tergeletak. Nuansanya benar-benar berbeda ketika dulu tempat ini masih berjaya. Jika acara uji nyali di televisi goes international mungkin tempat ini akan jadi yang paling direkomendasikan karena tempatnya yang benar-benar mencekam.

3. Frank Beech Toy Shop, Wales

Setelah melayani anak-anak selama 70 tahun, akhirnya  Frank Beech Toy Shop tutup untuk selamanya di tahun 2009 kemarin. Uniknya, toko ini masih berdiri seperti sedia kala dengan display deretan mainan di kaca depan. Makin aneh karena selama lima tahun terakhir tempat ini tidak tersentuh penjahat. Mungkin lantaran tempatnya yang mengerikan atau tidak ada barang berharga di sini.

Selain seram tempat ini juga menyimpan banyak koleksi mainan legendaris [Image Source]
Kalau nuansa yang menyeramkan memang tidak salah, tapi salah besar jika dikira tempat ini tidak punya banyak barang berharga. Belakangan, si pemilik toko membongkar koleksi mainan-mainannya untuk menemukan Boba Fett Star Wars. Mainan berbentuk action figure yang katanya sangat langka.

Memang benar, mainan ini begitu langka dan ketika dijual berhasil tembus hingga 18 ribu pounsterling. Setelah ini mungkin akan banyak maling yang berburu mainan legendaris di sini dengan risiko dihantui si penghuni gaib toko mainan yang juga sering menunjukkan keberadaanya.

4. Kanga Toy Factory, Australia

Nasib perusahaan mainan kayu hampir sama sekarang. Mereka bangkrut dan ramai-ramai meninggalkan pabriknya. Selain Matador Toy Factory yang ada di Austria tadi, satu lagi yang mengalami nasib serupa yakni Kanga Toy Factory yang berlokasi di Australia. Kini gedung pabrik mainan yang ada di Perth tersebut terbengkalai.

Dari tempat untuk memberikan kebahagiaan kepada anak-anak, tempat ini jadi markas sekte sesat [Image Source]
Ketika memasuki bagian dalamnya kamu akan terkejut karena cukup banyak aksi vandalisme di tembok-temboknya. Lebih mengejutkan lagi ketika ternyata gambarnya adalah simbol-simbol agama yang sudah dimodifikasi. Banyak yang mengatakan jika pabrik mainan usang ini sekarang jadi markas sebuah sekte sesat. Beberapa orang pernah melihat segerombolan manusia dengan pakaian menyolok memasuki gedung kosong ini, mungkin untuk melakukan upacara.

5. Doll Shop, Amerika Serikat

Ketika masih aktif tempat ini sudah lumayan bikin aneh. Pasalnya, lokasinya terletak di jalanan Gurun Arizona yang panas itu. Orang-orang pun akan menyangka jika tempat ini adalah stasiun bahan bakar, namun ketika melihatnya dari dekat ternyata adalah sebuah toko boneka. Sejak ditinggalkan, Doll Shop pun jadi semacam tempat menyeramkan khususnya bagi para pengguna jalanan Gurun Arizona.

Toko boneka di tengah gurun pasir? Dari sini saja sudah cukup bikin merinding [Image Source]
Meskipun terletak di gurun, bagian dalam tempat ini benar-benar gelap. Hanya nampak boneka berdebu yang berserakan dan juga interior rumah yang mulai rusak. Ada juga deretan boneka setengah jadi yang membuat tempat ini cukup untuk membuat seseorang bermimpi buruk. Tidak ditemukannya catatan resmi tentang keberadaan toko boneka ini membuat Doll Shop makin terkesan misterius.

6. Toy Loft, Amerika Serikat

Tempat ini mungkin jadi surga anak-anak di zamannya. Selain menjual mainan, Toy Loft ini juga menyediakan wahana permainan unik. Namun setelah ditinggalkan sejak 50 tahun lalu, tempat ini berasa seperti rumah hantu. Deretan wahananya rusak berserakan hingga mainan yang masih terbungkus box bertebaran di berbagai tempat.

Deretan mainan di kaca depan toko ini masih bagus. Berminat memilikinya? [Image Source]
Toko mainan yang katanya adalah bekas tempat penyimpanan padi ini juga nampak sudah tua dan lapuk. Banyak bagian yang sudah keropos dan rusak meskipun kesan cerianya masih sedikit bersisa. Yang paling unik adalah jajaran mainan yang ada di dislay kaca depan toko yang seakan tak tersentuh selama 50 tahun terakhir. Mereka duduk manis seakan mempersilakan siapa pun yang ingin mampir.

7. Porcelain Doll Factory, Spanyol

Pabrik boneka yang ada di Valencia ini kabarnya sudah turun temurun sampai 3 generasi. Hingga akhirnya berhenti beroperasi sejak 50 tahun lalu. Belum pasti bagaimana perusahaan terkenal ini bisa bangkrut dan tutup, tapi melihat kondisinya yang masih cukup rapi, dipastikan tempat ini ditinggalkan ketika hari aktif kerja.

Taruhan kamu tak akan berani menginjakkan kaki di sini dan mengambil salah satu koleksi berharganya [Image Source]
Ya, memang masih banyak boneka yang sudah dikemas di sini dan tinggal dikirim saja. Beberapa kolektor mengatakan kalau boneka buatan Porcelain ini sangat berharga. Namun tak banyak orang yang mau mengambil risiko dengan menyambangi pabriknya dengan mengambil satu atau dua buah boks boneka. Alasannya sendiri tentu saja adalah tempatnya yang terlalu mengerikan. Belum lagi kepercayaan setempat jika boneka-boneka lama seperti ini seperti sudah punya jiwa sendiri.

Baca Juga : 10 Perusahaan Terkenal yang Bekerja Sama dengan Nazi

Seindah-indahnya tempat akan jadi sangat mengerikan ketika ditinggalkan begitu saja. Termasuk toko mainan yang dulu jadi primadona, kini berubah drastis menjadi tempat paling mengerikan. Nah, kira-kira jika diberi kesempatan untuk melihat-lihat, apakah yang akan lakukan? Mungkin tidak ada salahnya untuk dicoba. Mengingat di luar negeri setidaknya tidak ada kuntilanak atau genderuwo seperti di Indonesia.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Curhat 10 Tahun Menikah Diselingkuhi Suami dengan Adik Ipar, Mamah Dedeh Peluk Ibu Ini

Ustazah Dedeh Rosidah, atau akrab disapa Mamah Dedeh, menjadi salah satu penceramah yang begitu disukai…

3 months ago

Perempuan Asal NTT Ini Melahirkan Sendiri dan Memutilasi Anak Hasil Hubungan Gelapnya

Tak jarang karena kesenangan sesaat, ada nyawa yang harus direlakan. Seperti yang terjadi di Nusa…

3 months ago

Mahasiswi UI Sekaligus Tiktoker Rahma Azzahra Meninggal Setelah Alami Kecelakaan di Tol

Kabar duka datang dari seorang Tiktoker bernama Rahma Azzahra Putri Hariyadi. Ia meninggal dunia di…

3 months ago

Polemik Uang Konsumsi dan Transport Pelantikan Anggota KPPS yang Diduga Disunat

Pemilihan umum atau Pemilu sudah makin mendekati hari H. Namun, beberapa hari lalu ada dugaan…

3 months ago

Profil dan Rekam Jejak Tom Lembong yang Namanya Mencuat Jelang Pilpres 2024

Nama Thomas Trikasih Lembong, atau lebih dikenal sebagai Tom Lembong, kembali mencuat setelah debat cawapres…

3 months ago

Komika Felix Seda Dikecam Netizen Setelah Lontarkan Pelecehan Verbal kepada Najwa Shihab

Nama komika Felixus Juang Seda, atau lebih dikenal sebagai Felix Seda, tengah menjadi pembicaraan hangat.…

3 months ago