Anak angkatan 90-an tentu dulunya sempat menikmati momen di mana kartun masih mendominasi hiburan di hari Minggu. Dari pagi hari sampai siang, rasanya males ke mana-mana, cukup menikmati liburan di rumah sambil nonton serial kartun kesayangan. Asiknya lagi, kartun yang tayang di stasiun tv nasional sudah didubbing bahasa Indonesia.

Selain memiliki dubber Indonesia, kartun jaman dulu juga lagunya berbahasa Indonesia loh. So, kita semua mungkin bisa hapal dan bisa menyanyikan ost dari kartun jadul dalam bahasa Indonesia. Dari sekian banyak kartun, ada beberapa lagunya yang bener-bener nggak terlupakan. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

Ost Dragon Ball

Musik semangat, dengan lirik berbahasa Indonesia. Lagu pembuka Dragon Ball emang legend banget. Dulu, saat nonton serial ini kita pasti sambil menyanyikan lagunya kan? Saking rutinnya nonton, kita sampai hapal liriknya di luar kepala. Saking melekatnya, hingga belasan tahun berlalu, dijamin lagu ini nggak terlupakan. Coba deh klik video satu ini, tentu kalian masih bisa ngikutin lagunya dengan lancar kan?

Ost Crayon Shinchan

Matahari menyinari semua perasaan cinta, tapi mengapa hanya aku yang dimarahi? Siapa sih yang nggak kenal Shinchan? Serial komedi yang kocak banget ini memang jadi favorit hari Minggu. Liriknya juga ceria, terlebih dinyanyikan dalam bahasa Indonesia. Dijamin, kalian juga masih inget kan sama lagunya?

Ost Ninja Hatori

Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra. Yang hapal sama lirik lagu ini, berarti udah waktunya nikah. Hehe. Soalnya ini kartun lawas banget kan, Gaes. Kids jaman now barangkali nggak pernah nonton kisah kocak Ninja Hatori yang selalu membantu Kenichi mengatasi masalah. Nggak cuma kisah kocaknya yang menghibur, soundtracknya juga penuh kenangan. Bikin kangen nontonnya deh.

Ost Detective Conan

Salah satu lagu pop soundtrack anime yang paling keren adalah pembuka Detective Conan. Liriknya penuh makna, musiknya juga easy listening. Meski liriknya lebih panjang dan lebih dalam dari ost anime lain yang kebanyakan sederhana, namun lagu ini memang keren dan bikin banyak penggemar jatuh hati. Kalau kalian penggemar Conan, tentu demen sama opening satu ini kan?

Ost Lets and Go

Awal mula tamiya ngehits banget di Indonesia waktu ini berkat kemunculan anime satu ini. Kartun satu ini memang mengisahkan kakak adik yang menjadi pembalap mobil tamiya, Gaes. Masih ingat kan? Si kakak bernama Retsu dan adiknya Go. Dan lagi-lagi, original soundtracknya dibikin dalam versi Indonesia. Dan hebatnya, lagu tersebut bisa jadi keren banget dan mudah dinyanyikan oleh penggemarnya. Hayo, kalian pasti masih ingat di luar kepala kan sama liriknya?

Ost Captain Tsubasa

Pecinta anime olahraga mana suaranya? Ahai, Captain Tsubasa juga nggak kalah hits di Indonesia di jaman dulu. Saking hits-nya, anime ini beberapa kali ditayangkan ulang. Pengisi suara Captain Tsubasa sendiri adalah Ade Basuki. Selain berperan mengisi suara si kapten, doi juga lho yang menyanyikan lagu opening dalam versi Indonesia. Suaranya yang merdu bikin lagunya bener-bener enak didenger dan mudah dihapal. Dijamin, kalian juga masih inget sama lagu pembuka anime satu ini.

Ost Doraemon

Aku ingin begini aku ingin begitu… siapa yang bisa lupa sama lirik lagunya Doraemon? Kamu yang pernah nonton anime ini di jaman kecil tentunya nggak bakal bisa lupa sama lagunya yang penuh kenangan. Liriknya yang sederhana juga bikin ost satu ini mudah dihapal meski kamu nggak berniat menghapalnya. Hehe. Kalau pun disuruh menyanyikan ulang, tentu kamu bisa dengan lancar menyanyikan lagu ini kan?

BACA JUGA: 10 Hiburan Ini Pernah Mewarnai Hidup Generasi Dekade 90-an

Itulah 7 ost serial kartun berbahasa Indonesia yang legend banget. Meski sudah lama, namun liriknya sulit dilupakan ya. Ternyata ingatan masa kecil memang lebih terekam kuat dalam memori kita, bikin kangen masa kecil deh.